Let’s travel together.

Tioguanine Obat Apa?

0 0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Tioguanine


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Tioguanine digunakan?

Tioguanine adalah obat untuk masalah darah dan kanker darah tertentu. Obat ini bekerja dengan mengurangi jumlah sel-sel darah baru yang dibuat tubuh Anda.

Obat ini termasuk dalam kelompok obat yang disebut sitotoksik (juga disebut kemoterapi).

Tioguanine adalah obat untuk leukimia akut (cepat tumbuh), terutama jenis:

  • myelogenous/myeloid leukemia akut (juga disebut acute myeloid leukaemia atau AML) – penyakit yang berkembang pesat dengan meningkatkan jumlah sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan perdarahan
  • leukemia limfoblastik akut (juga disebut acute lymphoblastic leukaemia atau ALL) – penyakit yang berkembang pesat dengan meningkatkan jumlah sel-sel darah putih yang belum matang. Sel-sel darah putih yang belum matang tidak dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik dan tidak dapat melawan infeksi dan dapat menyebabkan perdarahan
  • Leukemia granulositik kronis (juga disebut chronic myeloid leukaemia atau CML) – penyakit yang meningkatkan jumlah sel darah putih. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi dan perdarahan

Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut tentang penyakit ini.

Bagaimana aturan pakai obat Tioguanine?

Tioguanine seharusnya hanya diberikan kepada Anda oleh dokter spesialis yang berpengalaman dalam mengobati masalah darah.

Selalu gunakan Tioguanine sesuai petunjuk dokter Anda. Penting untuk menggunakan obat Anda pada waktu yang tepat. Label pada kemasan obat Anda akan memberikan informasi Anda berapa banyak tablet yang harus dikomsumsi dan seberapa lama penggunaannya. Jika label tidak memberikan informasi ini atau jika Anda tidak yakin, tanyakanlah kepada perawat, dokter atau apoteker.

Telanlah tablet obat langsung dengan segelas air.

Jika Anda perlu membagi tablet Anda menjadi setengah bagian, jangan menghirup bubuk tablet. Cuci tangan Anda setelah itu.

Ketika Anda menggunakan Tioguanine dokter akan melakukan tes darah rutin. Tes ini untuk memeriksa jumlah dan jenis sel dalam darah Anda dan untuk memastikan hati Anda bekerja dengan benar. Dokter Anda mungkin kadang-kadang mengubah dosis Anda sebagai tindak lanjutnya.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Tioguanine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tioguanine?

Sebelum menggunakan Tioguanine, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika:

  • Anda telah menggunakan obat ini untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping, seperti masalah hati
  • Anda memiliki kondisi di mana tubuh Anda memproduksi terlalu sedikit suatu zat yang disebut TPMT atau ‘thiopurine methyltransferase’
  • Anda memiliki ‘Sindrom Lesch-Nyhan’. Ini adalah kondisi turunan langka yang disebabkan oleh kurangnya suatu zat yang disebut HPRT atau ‘hipoksantin-guanin-fosforibosiltransferase’.

Jika Anda tidak yakin apakah jika salah satu kondisi di atas terjadi pada Anda, konsultasikanlah dengan dokter, perawat atau apoteker sebelum menggunakan tioguanin

Apakah obat Tioguanine aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping

Apa efek samping Tioguanine yang mungkin terjadi?

Seperti semua obat-obatan lainnya, Tioguanine dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut, konsultasikan ke dokter spesialis atau langsung periksakan ke UGD:

  • Tanda-tanda demam atau infeksi (sakit tenggorokan, sakit mulut atau masalah buang air kecil
  • Timbul memar atau perdarahan mendadak tanpa sebab, karena hal ini bisa berarti bahwa sel-sel darah tertentu yang terlalu sedikit sedang diproduksi
  • Jika Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan (bahkan dengan suhu normal)
  • Bagian putih mata atau kulit berubah menguning (sakit kuning/jaundice).

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping berikut yang juga dapat terjadi dengan penggunaan obat ini.

Sangat umum (mempengaruhi lebih dari 1 dari 10 orang)

  • Penurunan jumlah sel darah Anda
  • Penyakit kuning dan kerusakan hati yang parah – dengan penggunaan jangka panjang atau dosis tinggi Tioguanine.

Umum (mempengaruhi kurang dari 1 dari 10 orang)

  • Kerusakan hati yang dapat menyebabkan penyakit kuning atau pembesaran hati (pembengkakan di bawah tulang rusuk Anda) – dengan penggunaan jangka pendek Tioguanine
  • Merasa sakit atau sakit (mual atau muntah), diare dan sariawan.

Langka (mempengaruhi kurang dari 1 dalam 1.000 orang)

  • Masalah pada perut Anda, yang disebut nekrosis usus, yang dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit, diare dan demam akibat kerusakan hati yang parah bila digunakan dengan obat kemoterapi lainnya, kontrasepsi oral dan alkohol.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tioguanine?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran

Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda menggunakan atau baru saja menggunakan obat lain, termasuk obat-obatan diperoleh tanpa resep dokter. Hal ini termasuk obat-obatan herbal.

Khususnya beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan salah satu dari obat-obatan berikut

olsalzine atau Mesalazin – digunakan untuk masalah usus yang disebut kolitis ulserativa

sulfasalazine – digunakan untuk rheumatoid arthritis atau kolitis ulserativa

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tioguanine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tioguanine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tioguanine untuk dewasa?

Dosis umum yaitu 100-200 mg/m2 luas permukaan tubuh per hari. Jika Anda memiliki masalah dengan ginjal atau hati Anda mungkin akan diberi dosis Tioguanin yang lebih rendah.

Berapa dosis obat Tioguanine untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum diketahui pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Tioguanine tersedia?

Tablet 40 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/tioguanine/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

62 − = 61