Let’s travel together.

Tes Darah Bisa Mendeteksi Kanker Payudara 5 Tahun Sebelum Muncul

0 0

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Tes Darah Bisa Mendeteksi Kanker Payudara 5 Tahun Sebelum Muncul tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Tes Darah Bisa Mendeteksi Kanker Payudara 5 Tahun Sebelum Muncul , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Tes Darah Bisa Mendeteksi Kanker Payudara 5 Tahun Sebelum Muncul kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

tes-darah-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan sebuah terobosan, yakni tes darah yang bisa mendeteksi kanker payudara lima tahun sebelum kanker ini muncul. Seperti apa sih tes darah ini?

Tes Darah yang Bisa Mendeteksi Kanker Payudara

Penemuan ini diungkap dalam konferensi National Cancer Research Institute yang diadakan setiap tahun di Glasgow, Skotlandia. Dalam konferensi ini, para peneliti mengecek bahan kimia yang disebut sebagai antigen.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Nottingham University’s School of Medicine ini, disebutkan bahwa antigens diproduksi oleh sel-sel kanker yang bisa merangsang reaksi dari sistem imun tubuh manusia. Hasilnya adalah, sistem kekebalan tubuh akan langsung membuat sistem pertahanan untuk melawan perkembangan sel-sel kanker tersebut.

Penemuan ini berawal dari keinginan para peneliti untuk mengetahui apakah ada bagian spesifik dari antibody yang secara otomatis akan aktif saat dirangsang oleh adanya antigen yang berasal dari sel-sel tumor. Hal ini kemudian berlanjut menjadi tes lainnya yang menggunakan 90 sampel darah dari 90 pasien yang baru saja didiagnosis kanker payudara. Sampel ini kemudian dibandingkan dengan 90 pasien terkontrol lainnya yang tidak mengidap kanker payudara.

Hasil dari penelitian ini adalah, di dalam sampel-sampel darah ini para peneliti bisa mengecek apakah ada bagian dari sistem imun tubuh yang otomatis aktif karna dirangsang oleh antigen. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 37 persen dari sampel darah yang menunjukkan adanya kanker payudara. Sementara itu, di grup yang tidak memiliki kanker payudara, mereka bisa memastikan bahwa 79 persen sampel darah memang tidak memiliki tanda dari penyakit ini.

Daniyah Alfattani, salah satu peneliti yang terlibat menyebut penelitian ini memang masih di fase awal sehingga akan membutuhkan penelitian lebih lanjut demi memastikan cara pendeteksian lebih dini dari kanker payudara. Kini, para peneliti sedang melakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan 800 pasien untuk memastikan akurasi dari hasil tes darah untuk mendeteksi kanker payudara.

Penggunaan Mammogram Bisa Mendeteksi Dini Kanker Payudara

Mammogram masih dianggap sebagai salah satu cara paling dipercaya untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mendeteksi benjolan kanker bahkan meskipun benjolan ini belum terasa saat payudara diraba.

Meskipun begitu, Alfattani menyebut dalam lima tahun ke depan, diharapkan metode tes darah bisa dijadikan cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini sehingga ada banyak pilihan bagi mereka yang ingin mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

Tips Mendeteksi Kanker Payudara dengan SADARI

Salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri. Terdapat tiga metode dari SADARI yang bisa kita lakukan.

  1. Melakukannya di Kamar Mandi

Cobalah untuk meraba bagian payudara dengan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis dengan gerakan melingkar dari area ketiak hingga ke bagian puting payudara. Jika ada benjolan yang tidak biasa, pastikan untuk mengeceknya ke dokter.

  1. Melakukannya di Depan Cermin

Cobala bercermin tanpa memakai baju dan mengangkat salah satu tangan ke atas. Setelahnya, periksalah payudara dengan tangan yang tidak diangkat dengan gerakan yang sama sebagaimana saat melakukannya di kamar mandi.

Pastikan untuk mengecek apakah ada yang berbeda atau tidak pada payudara untuk mengetahui ada tanda yang mencurigakan atau tidak.

  1. Melakukannya Sambil Berbaring

Saat berbaring, payudara cenderung mengikuti gravitasi bumi. Hal ini bisa membantu kita melakukan pengecekan dengan lebih mudah. Caranya adalah dengan memberikan bantal pada bagian bahu dan menyangga kepala dengan salah satu tangan. Setelahnya, salah satu tangan dipakai untuk memeriksa payudara dengan gerakan melingkar demi memastikan apakah ada benjolan atau tidak.

 

Sumber:

  1. Ling, Jia. 2019. Study: Blood test could detect breast cancer 5 years before signs appear. asiaone.com/lifestyle/study-blood-test-could-detect-breast-cancer-5-years-signs-appear. (Diakses pada 14 November 2019).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/tes-darah-kanker-payudara/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 3 = 3