Let’s travel together.

Tahapan Perkembangan Anak 1 Tahun yang Penting Diketahui Orang Tua

0 3

Tahapan Perkembangan Anak 1 Tahun yang Penting Diketahui Orang TuaBagi orang tua, mengikuti perkembangan sang buah hati dari waktu ke waktu bukan sekedar merawat atau tersenyum saja melihat tingkah lucunya. Orang tua perlu ilmu, mengetahui perkembangan yang lazim pada anak seusianya. Sehingga bisa menilai apakah anak sudah tumbuh kembang secara normal atau tidak. Dengan begitu apabila ada masalah yang terjadi pada tahapan tersebut, orang tua bisa dengan cepat mengambil tindakan. Perkembangan anak 1 tahun akan menentukan tahapan di tahun berikutnya.

Jangan menganggap sepele perkembangan anak. Sebuah kasus yang pernah terjadi, saat orang tua yang sibuk bekerja di usia anaknya yang kurang dari satu tahun, lalu anaknya dititip pada pengasuh. Pengasuh yang tidak tahu bagaimana tahapan perkembangan anak memberinya gadget untuk bermain setiap hari.

Begitu terus sampai beberapa waktu. Perkembangan anak yang seharusnya sudah bisa berjalan, berbicara dan berkomunikasi dengan orang tuanya terhambat. Saat orang tua membawa ke dokter, dokter menyatakan anaknya mengalami gangguan motorik akibat terlalu sering menggunakan gadget. Penyesalan tak ada gunanya, yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mencari ilmu tentang tumbuh kembang anak, lalu memperhatikan bagaimana kondisi anaknya.

Jenis-Jenis Perkembangan Anak 1 Tahun

Ada beberapa bentuk perkembangan anak usia 1 tahun yang bisa Anda perhatikan, namun hal ini sebenarnya tetap relatif terjadi pada anak. Beberapa anak mengalami keterlambatan perkembangan, orang tua harus melihat banyak faktor yang menyebabkan anak mengalami keterlambatan tersebut. Berikut ini diantara perkembangan yang umum dialami anak 1 tahun:

Kondisi fisik anak yang paling penting Anda perhatikan adalah berat badan. Berapa idealnya berat badan anak usia 1 tahun? Yakni 3 kali berat lahirnya. Otak bayi pada usia ini telah mencapai 60% dari berat dan besarnya otak orang dewasa. Pertambahan berat badan ini akan erat kaitannya dengan kecerdasan. 3 kali berat lahir merupakan angka ideal.

Di tahun selanjutnya, biasanya berat badan anak akan mulai menurun, seiring dengan aktivitasnya yang sudah mulai banyak seperti bermain, berlari dan berkurangnya jadwal tidur.

Kemampuan motorik yang umum sudah bisa dilakukan anak usia 1 tahun adalah kemampuannya berdiri sendiri, melangkahkan kaki untuk berjalan pertama kali. Apabila anak Anda belum bisa melakukannya, Anda tak perlu risau dulu. Dukung terus si buah hati untuk bisa berjalan dengan berbagai alat bantuan. Apabila telah mencapau usia 2 tahun lebih namun belum bisa berjalan, segera konsultasikan ke dokter anak.

Kemampuan motorik lainnya pada anak biasanya adalah kemampuan seperti menyuapkan nasi sendiri ke mulutnya meskipun berantakan, membolak balikkan buku sendiri dan sebagainya. Bila anak ternyata belum mampu melakukannya, orang tua harus terus memberi dukungan dan melatih kemampuan tersebut.

  • Perkembangan emosional dan sosial

Anak usia  1 tahun telah mampu mengenali orang asing. Biasanya ia tak mau digendong dengan orang yang tak dikenal. Jika ini terjadi pada anak, ini merupakan bentuk perkembangan emosional dan sosial pada anak. Justru Anda perlu khwatir jika sudah sampai 1 tahun tapi anak masih belum bisa mengenali orang asing.

Pada usia ini juga, anak-anak sudah mulai memiliki orang favorit yang disukainya, termasuk juga barang-barang yang menjadi kesukaannya. Apabila barang tersebut diambil orang, biasanya anak akan menangis dan marah. Pada usia 1 tahun ini juga, anak-anak sudah mulai mampu merespon cerita yang dibacakan kepadanya.

  • Kemampuan berbahasa dan komunikasi

Pada perkembangan anak usia 1 tahun, anak mulai mengerti permintaan dan perintah Anda yang diungkapkan secara sederhana. Ia pun sudah mulai menunjukkan gerakan sederhana untuk menunjukkan keinginannya. Seperti misalnya menggeleng, melambai dan sebagainya. Dalam hal berbicara, anak usia 1 tahun juga telah mampu memberikan intonasi pada celotehannya. Ia sudah mulai mampu meniru setiap kata yang Anda ucapkan.

Kemampuan kognitif (belajar memecahkan masalah) pada anak usia 1 tahun juga sudah mulai nampak. Diantaranya adalah anak sudah mulai bisa mencari benda yang Anda sembunyikan, menirukan gaya Anda, menggoyang-goyang benda dan mengeksplorasikannya, melempar benda serta menyimpannya. Anak sudah mulai mampu menujuk benda dengan jari telunjuknya.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan setiap anak memang berbeda, semua tetap istimewa bagi orang tua. Berpikir positif saja tentang kondisi anak Anda. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada tahapan tumbuh kembang tersebut, bila anak-anak mengalami hal-hal berikut ini, maka Anda perlu sedikit perhatian dengan kondisi anak, diantaranya adalah:

  1. Usia 1 tahun belum bisa melangkah, biasanya 1,5 tahun paling lama, beberapa anak juga ada yang 2 tahun baru berjalan.
  2. Belum bisa berdiri
  3. Tidak mencari benda yang Anda sembunyikan darinya
  4. Tidak mengeluarkan sepatah katapun
  5. Tidak menggunakan bahasa gerak seperti menggeleng, menunjuk dan sebagainya.

Bila hal ini terjadi, maka yang pertama kali harus dilakukan cobalah tenang dan berprasangka baik lebih dulu. Carilah informasi awal mengenai tumbuh kembang anak di usianya melalui artikel, buku-buku atau dokter. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang valid tentang hal yang mungkin terjadi pada perkembangan anak. Selanjutnya lakukan hal berikut ini:

  1. Konsultasi ke dokter anak tentang masalah yang dihadapi anak Anda, tanyakan apakah normal atau tidak.
  2. Bantulah perkembangan anak dengan berbagai jenis mainan yang disesuaikan dengan kebutuhan masalahnya, untuk hal ini Anda bisa menanyakan pada dokter. Misalnya permainan apa yang bagus untuk merangsang perkembangan motorik anak dan sebagainya.
  3. Perhatian pada anak, mengajaknya sering bermain. Tinggalkan gadget jika sedang bersama anak, lalu ajak lah anak berkomunikasi dengan Anda.
  4. Bermain bersama anak merupakan hal yang paling diharapkan anak dari orang tuanya. Sebanyak dan secanggih apapun permainan, yang terbaik bagi anak adalah bermain bersama orang tua. Jika anak Anda senang bermain dengan Anda dibandingkan dengan mainan yang Anda belikan, Anda termasuk orang tua yang berhasil membangun komunikasi dengan anak sejak kecil.
  5. Tidak perlu terlalu sering curhat kondisi anak Anda pada orang lain, karena justru itu akan menimbulkan masalah baru. Curhat lah kepada Tuhan dan dokter yang ahli, ini akan lebih membantu masalah anak Anda.
  6. Tetap dukung dan sayangi si buah hati, setiap anak memiliki keistimewaan sendiri, Anda harus membangun rasa percaya diri muncul pada anak untuk mampu tumbuh kembang secara baik.

Perkembangan anak 1 tahun terkadang terasa cepat. Orang tua rasanya baru kemarin melahirkan, sekarang anak sudah mulai berceloteh. Penuhi gizi anak Anda untuk membantu tumbuh kembangnya, bukan hanya di usia 1 tahun namun juga tahun-tahun berikutnya yang akan datang .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 4 = 6