Let’s travel together.

Sulfamethoxazole obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Sulfamethoxazole


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Sulfamethoxazole?

Gantanol (sulfamethoxazole) adalah obat sulfonamida antibakteri dengan fungsi untuk mengobati infeksi saluran kemih (Urinary Tract Infections/UTI), meningitis, infeksi telinga, dan infeksi mata. Nama merek obat ini sudah dihentikan produksinya, namun versi generiknya mungkin masih tersedia. Efek-efek samping yang umum termasuk pusing, sakit kepala, lemas, diare, anorexia, mual, muntah dan ruam.

Dosis sulfamethoxazole dan efek samping sulfamethoxazole akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Sulfamethoxazole?

Harus diminum saat perut kosong (contoh satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan)

Bagaimana cara penyimpanan Sulfamethoxazole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Sulfamethoxazole untuk orang dewasa?

Dosis awal: 2g, kemudian 1 g dua kali sehari. Parah: 1 g tiga kali sehari.

Bagaimana dosis Sulfamethoxazole untuk anak-anak?

Sulfonamida sistemik adalah kontraindikasi pada pasien anak-anak di bawah usia 2 bulan, kecuali yang sedang menjalani pengobatan toxoplasmosis bawaan dengan terapi pyrimethamine tambahan.

Jadwal dosis anak-anak sebagai berikut

Jadwal Dosis
Pasien Anak-anak
Berat Pasien Anak-anak (usia 2 bulan atau lebih)Dosis Awal

(50 hingga 60 mg/kg)

Dosis Pagi dan Malam  per Hari seterusnya (25 hingga 30 mg/kg)
20 lbs1 tablet(0.5 gm)½ tablet(0.25 gm)
40 lbs2 tablet(1 gm)1 tablet(0.5 gm)
60 lbs3 tablet(1.5 gm)1½ tablet(0.75 gm)
80 lbs4 tablet(2 gm)2 tablet(1 gm)
Dosis maksimal pasien anak-anak tidak dianjurkan melebihi 75 mg/kg/24 jam.

Infeksi parah: Dosis awal 4 tablet (2 g), diikuti dengan 2 tablet (1 g) tiga kali sehari setelahnya.

Dalam dosis apakah Sulfamethoxazole tersedia?

Tablet 0.5 g

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Sulfamethoxazole?

Mual, muntah, anoreksia, diare, reaksi hipersensitivitas, gangguan darah, sindrom yang menyerupai sakit serum, hypoglycaemia, hypothyroidisme, pseudomembranous colitis, kernicterus pada bayi-bayi prematur.
Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Sulfamethoxazole?

Gangguan ginjal atau hati yang parah, gangguan darah, hipersensitivitas pada sulfonamida, porphyria, SLE, bayi di bawah usia 2 bulan, kehamilah (trimester ketiga), dan menyusui.

Apakah Sulfamethoxazole aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Sulfamethoxazole?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Penggunaan bersamaan meningkatkan tingkat phenytoin dan methotrexate; meningkatkan risiko pendarahan dengan warfarin dan acenocoumarol; dapat berpotensi mengakibatkan efek antidiabetik dari sulphonylureas.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Sulfamethoxazole?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Sulfamethoxazole?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/sulfamethoxazole/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

49 + = 52