Let’s travel together.

Semangka Kuning dan Manfaatnya yang Bagus untuk Kesehatan

0 1

Berbagai Manfaat dan Khasiat Semangka Kuning yang Luar BiasaBuah semangka kuning memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan varian semangka merah, semangka kuning kaya akan manfaat kesehatan maupun kecantikan.

Berikut akan dibahas mengenai berbagai manfaat semangka kuning beserta resep mengolah menjadi makanan atau minuman yang sehat dan bergizi. Siapkan catatan Anda dan selamat membaca!

Berbagai Manfaat dan Khasiat Semangka Kuning

Semangka kuning memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus (tunb.). Kulit buahnya memiliki warna hijau yang lebih terang daripada buah semangka merah. Memiliki biji berwarna putih yang dapat dimakan, sehingga tidak menganggu kenikmatan Anda dalam mengkonsumsi buah semangka. Terdapat juga jenis semangka kuning yang memiliki biji berwarna hitam yang mempercantik tampilan buah semangka kuning ketika di belah.

Sekitar 90% kandungan semangka kuning adalah air, selebihnya terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C serta tinggi kandungan beta-karoten. Bila dibandingkan dengan semangka merah, berdasarkan hasil penelitian hanya kandungan lycopene yakni pigmen warna merah yang tidak dimiliki oleh buah semangka kuning. Lycopene adalah zat pigmen yang juga mewarnai tomat, jeruk atau apricot dan buah – buahan lain yang memiliki warna merah dan orange.

Berikut detail penjelasan manfaat semangka kuning bagi tubuh manusia. Selamat membaca!

  1. Kesehatan Jantung

Semangka kuning sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan antioxidannya tidak kalah dengan semangka merah. Membantu menjaga kesehatan jantung serta melenturkan pembuluh darah. Mencegah dari terjadinya tensi atau tekanan darah yang tinggi.

Jika Anda saat ini mengalami beberapa gejala tensi yang tinggi antara lain kepala yang berat dan pusing pada tengkuk bagian belakang, mata yang memerah serta dada yang berdebar dengan kencang. Konsumsilah semangka kuning sebagai pertolongan pertama untuk penurun tensi.

Sebuah penelitian terpublish mengenai konsumsi semangka kuning selama 7 hari berturut turut ternyata mampu menurunkan tekanan darah hingga sebanyak kurang lebih 2.66 mmHg sistol (batas atas tensi darah) dan menurunkan kurang lebih 2 mmHg untuk diastol (batas bawah tensi darah)

Kandungan air serta antioxidannya juga mampu melemaskan pembuluh darah yang mengalami pengerasan akibat artherosclerosis. Yakni sebuah kondisi menebal dan mengerasnya pembuluh darah akibat usia yang semakin senja serta terjadi apabila terdapat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

  1. Kesehatan Mata

Meski tidak memiliki lycopene seperti buah semangka merah. Buah semangka kuning sangat kaya akan vitamin A dan beta-carotene yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Beta-carotene sangat dibutuhkan oleh retina mata karena zat ini akan diolah menjadi tambahan vitamin A yang dibutuhkan bagi perbaikan sel dalam organ mata.

Konsumsi berbagai buah dan sayuran yang kaya akan betacarotene sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa buah atau sayuran selain semangka kuning yang banyak mengandung betacarotene antara lain wortel, kentang, wintermelon, bayam serta buah melon atau apricot.

  1. Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan air dalam semangka kuning sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan. Sembelit atau konstipasi serta susah buang air besar tidak akan terjadi dengan konsumsi semangka kuning dengan rutin.

Vitamin C dalam semangka kuning juga berfungsi mengobati sariawan dan panas dalam. Mengatasi gejala maag seperti mual, heartburn dan berbagai gejala lain yang berhubungan dengan kesehatan pencernaan. Semangka kuning juga merupakan jenis buah yang aman dan sehat untuk diet sehat.

  1. Kecantikan

Vitamin C dan kandungan beta-carotene dalam semangka kuning juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit dan kecantikan. Selain mencerahkan kulit yang terbakar, wajah akan kenyal dan jauh dari kulit yang kering dengan konsumsi buah semangka kuning secara rutin.

Semangka kuning juga bermanfaat sebagai penangkal jerawat. Antioxidan yang tinggi merupakan zat yang sangat berperan penting dalam proses ini. Selain konsumsi daging buahnya secara langsung, menggunakan semangka kuning sebagai masker wajah juga dapat Anda lakukan.

  1. Kelancaran Berkemih

Buah semangka kuning memiliki efek diuretik, yakni sebuah efek mengikat air yang berlebihan di dalam tubuh serta mengeluarkan kelebihan tersebut melalui ginjal. Secara tidak langsung efek diuretik ini merupakan efek yang baik bagi ginjal. Mengoptimalkan proses penyaringan air dalam tubuh sehingga tidak hanya air saja yang terbuang, kelebihan mineral dan lemak dapat diekskresikan dengan optimal.

Sekurangnya konsumsi dengan rutin buah semangka kuning untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan ginjal dan saluran perkemihan.

Resep Mengolah Semangka Kuning Menjadi Menu Sehat

Mungkin mengkonsumsi semangka kuning secara langsung secara rutin akan membuat bosan. Sehingga mengolah semangka kuning menjadi makanan atau minuman akan memperkaya kandungan gizi dalam semangka kuning serta tidak membuat Anda cepat bosan. Berikut langkah dan cara pembuatannya:

  1. Salad Buah Semangka Kuning

Anda dapat mencampur semangka kuning dengan buah lain menjadi salad buah yang sehat dan cocok untuk diet. Anda dapat mencampur semangka kuning dengan berbagai jenis buah buahan segar yang lain yang sekiranya Anda sukai. Akan lebih baik jika terdapat kombinasi buah-buahan yang seimbang dalam salad buah Anda.

Karena semangka kuning buah yang memiliki rasa segar dan manis, Anda dapat menambahkan potongan buah kiwi atau nanas untuk rasa asam. Tambahkan pula potongan anggur ke dalam mangkuk untuk menambahkan rasa manis dan segar.

Untuk melengkapi kandungan gizinya, tuangkan yogurt atau mayonnaise dalam mangkuk salad. Aduk merata dan tambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Taruh sebentar di dalam kulkas dan salad buah yang disajikan dingin pasti akan lebih nikmat

  1. Jus Semangka Kuning

Jus semangka kuning adalah minuman segala usia. Selain Anda minum sendiri, jus semangka kuning dapat Anda berikan sebagai menu MPASI bayi yang sehat dan bergizi tinggi. Cukup mudah untuk membuat jus semangka kuning, cukup dengan blend saja buah semangka kuning dengan air dan gula (sesuai keinginan).

Tambahkan es batu jika Anda ingin meminumnya dingin di cuaca yang panas. Untuk memperkaya kandungan gizi, Anda dapat mencampur potongan buah semangka kuning dengan susu maupun yogurt. Minum dan habiskan sesaat setelah jus buah semangka kuning ini jadi untuk mendapatkan kesegaran dan manfaat yang optimal. Untuk jus semangka kuning untuk MPASI sebaiknya hindari dahulu penggunaan es batu.

  1. Puding Semangka Kuning

Untuk membuat puding semangka kuning yang mudah dan simple, bahan yang harus disiapkan antara lain setengah buah semangka kuning, 1 buah nutrijel plain ukuran kecil dan 50 gram gula.

Langkah pertama adalah lubangi semangka, dan bersihkan daging buah dari kulitnya. Sisihkan biji buah semangka kuning yang berwarna hitam. Blender buah semangka kuning hingga halus tanpa menambahkan air. Rebus blenderan buah semangka kuning dengan menambahkan nutrijel plain ke dalam panci rebusan buah. Aduk hingga rata dan mendidih.

Setelah mendidih, dinginkan dan tuang kembali rebusan buah semangka dan nutrijel ke dalam kulit buah semangka kuning. Jangan lupa untuk mengembalikan biji ke dalam air rebusan semangka kuning. Aduk hingga rata, tunggu hingga uap panas keluar kemudian Anda dapat mendinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 15 – 20 menit.

Setelah dingin, keluarkan buah semangka dari dalam kulkas. Potong dan sajikan puding semangka kuning yang sehat dan menyegarkan selayaknya memotong buah semangka dengan kulitnya. Kandungan puding nutrijel akan menambah kekayaan serat dalam jus buah semangka, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan pencernaan. Menghindarkan Anda dari kondisi sembelit dan susah BAB.

Demikian informasi mengenai manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan dan kecantikan. Beserta beberapa resep mudah mengolah buah semangka kuning menjadi makanan atau minuman yang lebih kaya gizi dan manfaat bagi tubuh. Selamat mencoba  !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

72 − = 64