Let’s travel together.

Selenium obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Selenium


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa selenium?

Selenium adalah obat dengan fungsi untuk pencegahan defisiensi selenium. Selain itu, selenium telah digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menangani penyakit Hashimoto’s thyroiditis (kelainan autoimun pada jaringan tiroid) dan untuk menangani kolestrol tinggi.

Selenium adalah mineral yang umum ditemukan di dalam tanah dan secara alami terkandung dalam makanan tertentu (seperti padi-padian, kacang Brazil, biji bunga matahari, dan makanan laut). Selenium tidak diproduksi dalam tubuh, meskipun dibutuhkan untuk memperlancar fungsi sistem imun dan kelenjar tiroid.

Dosis selenium dan efek samping selenium akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan selenium?

Saat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen herbal, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Anda juga dapat berkonsultasi dengan praktisi yang terlatih dalam menggunakan suplemen herbal/kesehatan. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi selenium, pastikan konsumsi hanya sesuai dengan aturan pakai yang tertera dalam kemasan atau ikuti saran dokter, apoteker, atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

Penggunaan selenium dalam jangka panjang dengan dosis di atas 400mikrogram (mcg) per hari dapat mengakibatkan masalah medis serius, bahkan kematian. Jangan menambah atau mengurangi dosis produk ini di luar rekomendasi dosis yang tercantum pada label produk.

Angka Kebutuhan Gizi (AKG) harian untuk konsumsi selenium akan meningkat seiring dengan pertambahan usia. Ikuti instruksi penyedia layanan kesehatan Anda.

Jika Anda akan menjalani operasi, katakan pada dokter yang menangani operasi bahwa Anda sedang mengonsumsi selenium. Anda mungkin perlu untuk menghentikan konsumsi produk ini setidaknya 2 minggu sebelum operasi.

Pengobatan ini dapat mempengaruhi hasil dari beberapa tes medis. Katakan pada dokter yang melakukan pemeriksaan bahwa Anda sedang mengonsumsi selenium.

Bagaimana cara penyimpanan selenium?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                             

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis selenium untuk orang dewasa?

Dosis yang disarankan adalah 20 – 40 mcg/hari

Bagaimana dosis selenium untuk anak-anak?

Dosis yang disarankan adalah 3 mcg/kg/hari

Dalam dosis apakah selenium tersedia?

Injeksi 400mcg/10 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena selenium?

Jika gejala overdosis muncul selama mengonsumsi selenium, segera hubungi pertolongan medis.

Gejala-gejala overdosis, termasuk:

  • diare
  • jari-jari melemah
  • rambut rontok
  • iritasi
  • ruam pada kulit
  • mual dan muntah
  • kelelahan yang tidak biasa

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan selenium?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Belum ada informasi spesifik mengenai efek penggunaan selenium sulfida pada bayi atau anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, obat ini seharusnya tidak menghasilkan efek samping berbeda bagi anak-anak seperti halnya pada orang dewasa.

Lansia

Banyak obat-obatan yang belum dikaji secara spesifik untuk golongan lansia. Oleh karena itu, belum diketahui apakah obat tersebut akan bekerja seperti halnya pada orang dewasa muda. Meskipun belum ada informasi spesifik mengenai efek penggunaan selenium sulfida pada orang tua jika dibandingkan dengan kategori usia lainnya, selenium seharusnya tidak menyebabkan efek samping berbeda pada orang tua seperti halnya pada orang dewasa.

Apakah selenium aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan selenium?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan selenium?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan selenium?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • luka terbuka, melepuh atau lecet pada kulit kepala atau tubuh Anda, penggunaan obat ini pada area luka dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam kulit

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/selenium/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

47 − = 43