Let’s travel together.

Sebelum Naik Pesawat, Isi Perut Dengan 5 Makanan Ini Agar Tetap Bugar

0 3

Menunggu jam penerbangan di terminal bandara memang membosankan. Apalagi jika sampai waktu penerbangan Anda ditunda, tentu Anda harus menunggu lebih lama lagi. Tak sedikit yang merasa jenuh saat menunggu dan sebagian besar orang mungkin akan melampiaskan rasa jenuhnya dengan makan. Namun, asal pilih makanan di sana bisa membuat pencernaan menjadi terganggu. Akhirnya, perjalanan Anda tidak terasa nyaman dan sampai di tempat tujuan dengan badan yang tidak fit. Nah, berikut ini pilihan makanan yang bisa Anda makan sebelum naik pesawat.

Daftar makanan sebelum naik pesawat yang bisa Anda nikmati

Sebelum naik pesawat dan menempuh perjalanan panjang, Anda harus mengisi perut terlebih dahulu, supaya perut tidak keroncongan selama perjalanan. Tentu saja, jangan sampai berlebihan makan sebelum naik pesawat, karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Tak sulit kok untuk menyiapkan makanan yang bisa Anda makan selama perjalanan menuju bandara hingga nanti ketika menunggu jadwal penerbangan. Berikut ini pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi.

1. Buah dan sayur-sayuran

bekal anak

Buah dan sayur mengandung serat yang baik untuk pencernaan, karena bisa mencegah Anda mengalami sembelit selama di perjalanan. Selain itu, kandungan vitamin, air, mineral, dan kalori memberi Anda tambahan energi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Reader Digest, Susan Weiner, RDN, seorang ahli gizi menyarankan untuk menyiapkan buah-buahan yang mudah untuk dibawa, seperti apel, pisang, stroberi, anggur, atau jeruk. Tempatkan buah-buahan ini pada kotak makan supaya tidak rusak teksturnya. Sementara untuk sayuran, Anda bisa membuat salad sayur atau sandwich isi keju, tomat, dan selada.

2. Yogurt

Yogurt adalah makan probiotik yang mengandung bakteri baik untuk pencernaan. Makanan ini cocok untuk dikonsumsi sebelum naik pesawat karena akan menjaga kesehatan pencernaan Anda selama perjalanan.

Anda dapat menikmati yogurt kemasan tanpa lemak dengan tambahan pisang yang Anda bawa supaya lebih kenyang atau yogurt biasa yang sudah mengandung sejumlah lemak dan kalori tetap aman untuk Anda konsumsi. Satu kemasan kecil yogurt biasa dengan tambahan buah mengandung sekitar 300 kalori.

3. Kacang-kacangan

kacang panggang

Apalagi yang bisa Anda makan untuk mengusir rasa jenuh tapi tetap sehat? Ya, kacang-kacangan sepertinya jadi makanan camilan yang aman untuk Anda nikmati sebelum naik pesawat ketika menunggu di bandara.

Kacang menyediakan protein, lemak sehat, dan serat yang sangat baik untuk pencernaan dan menyediakan energi selama di perjalanan nanti. Akan tetapi, Anda harus waspada, kacang-kacang yang dikemas berbagai rasa biasanya mengandung garam tambahan tanpa kandungan lemak sehat.

4. Dark chocolate

cokelat untuk diabetes 1

Bila Anda membutuhkan camilan, jangan menjatuhkan pilihan pada donat, manisan buah, atau permen. Sebaiknya, Anda memilih dark cokelat sebagai camilan.

Cokelat hitam ini mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan paparan radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Dalam 28 gram dark chocolate mengandung 160 kalori dan kandungannya biji kakaonya sekitar 70 sampai 80 persen.

5. Makanan yang mengandung protein

kebutuhan protein

Makanan yang mengandung protein membantu, Anda kenyang lebih lama sekaligus memberi energi. Paling mudah, Anda bisa menyiapkan telur rebus atau sandwich yang berisi daging ayam ditambah sayur di dalamnya.

Bila Anda tidak sempat membawa atau membuat bekal makanan sendiri, Anda bisa membeli pisang, sandwich atau roti selai kacang, yogurt, jus buah, roti gandum, susu, dark cokelat batangan, atau snack bar dari gandum atau kacang kedelai. Bahkan, Anda tetap bisa membeli smoothies atau salad sebelum naik pesawat di bandara.

Hindari makanan sebelum penerbangan berikut ini

Makanan apa pun yang Anda konsumsi pasti akan memberikan efek pada pencernaan. Sebelum penerbangan, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Beberapa diantaranya adalah junk food, makanan tinggi gula, makanan tinggi garam, dan rasanya yang terlalu pedas. Walaupun terlihat lebih menggiurkan, makanan junk food yang berminyak, tinggi garam, dan karbo ternyata tidak mudah untuk dicerna.

Apalagi makanan yang Anda pilih memiliki rasa yang pedas yang bisa membuat perut Anda mulas nantinya. Hindari kopi, jika Anda ingin memiliki istirahat yang baik selama di dalam pesawat. Begitu juga dengan minuman bersoda, yang mengandung gas yang bisa membuat Anda kembung dan terus bersendawa.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

7 + 1 =