Let’s travel together.

Sangobion

0

CuitanDokter.Com

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Sangobion digunakan?

Sangobion adalah suplemen zat besi dan vitamin yang digunakan untuk kondisi-kondisi berikut ini.

  • Anemia defisiensi zat besi pada orang dewasa dan anak-anak
  • Anemia saat kehamilan, menstruasi, pemulihan dari penyakit tertentu, atau karena penuaan
  • Anemia megaloblastik dan anemia mikrositik hipokrom
  • Pencegahan terhadap anemia pada pendonor darah
  • Kekurangan zat besi akibat perdarahan atau penyakit kronis

Bagaimana aturan pakai Sangobion?

Sangobion ditelan lewat mulut (diminum) sesuai anjuran dokter atau sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Biasanya Sangobion diminum sambil atau setelah makan.  

Bagaimana cara menyimpan Sangobion?

Sangobion paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Berapa dosis Sangobion untuk dewasa?

Orang dewasa dianjurkan untuk minum Sangobion satu sampai dua kapsul setiap hari. Baik sambil atau setelah makan. Konsultasikan pada dokter Anda untuk menentukan dosis terbaik dan paling aman buat Anda.

Berapa dosis Sangobion untuk anak-anak?

Anak-anak di atas usia 2 tahun dianjurkan untuk minum satu sendok teh sirup Sangobion setiap hari. Kecuali kalau dokter menganjurkan dosis yang berbeda.

Misalnya untuk menangani kondisi khusus seperti kekurang zat besi akut. Anak mungkin harus minum tiga sampai enam sendok teh sirup Sangobion.

Dalam dosis dan sediaan apa Sangobion tersedia?

Sangobion tersedia dalam bentuk kapsul untuk orang dewasa. Kandungannya yaitu ferrous gluconate 250 mg, manganese sulfate 0,2 mg, copper sulfate 0,2 mg, vitamin C 50 mg, asam folat 1 mg, vitamin B12 7,15 mcg, dan sorbitol 25 mg.

Sangobion juga tersedia dalam bentuk sirup untuk anak-anak dan orang yang punya kesulitan menelan. Kandungannya diperkaya dengan zat besi Ferrazone dan vitamin B kompleks. Sangobion sirup menawarkan rasa buah-buahan supaya anak lebih mudah minum.

Efek Samping

Apa efek samping Sangobion yang mungkin terjadi?

Karena mengandung zat besi, feses Anda mungkin berubah jadi warna kehitaman. Sedangkan urine (air kencing) Anda mungkin berubah warna kekuningan. Hal ini wajar dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Efek samping minum Sangobion lainnya adalah  gangguan sistem pencernaan.

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Sangobion?

Sangobion mungkin menimbulkan kontraindikasi pada orang yang punya gangguan atau kelainan dalam fungsi zat besi atau penumpukan zat besi.

Selain itu, orang yang sistem pencernaannya sensitif mungkin lebih baik minum Sangobion sambil makan untuk mencegah gangguan pencernaan. Akan tetapi, hal ini mungkin saja mengurangi penyerapan zat besi secara maksimal.

Apakah Sangobion aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini. Sangobion termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Sangobion?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Hindari konsumsi Sangobion bersamaan dengan tetracyline. Tertracyline yaitu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, termasuk jerawat.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Sangobion?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan Sangobion juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan Sangoboin dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Sangobion dan apa efeknya?

Overdosis vitamin, mineral, atau zat besi yang terkandung dalam Sangobion bisa mengakibatkan gejala overdosis serius hingga mengancam nyawa.

Karena itu, jangan pernah minum Sangobion melebihi dosis yang telah dianjurkan dokter atau apoteker Anda.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum dosis Anda  saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obatan-suplemen/obat/sangobion/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 1 = 7