Let’s travel together.

Resep Mudah MPASI bagi Bayi Pada 6 Bulan Pertama

0 1

Resep Mudah MPASI bagi Bayi Pada 6 Bulan PertamaMPASI merupakan kepanjangan dari Makanan Pengganti Air Susu Ibu, yang dapat diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Orang tua dan pengasuh terkadang bingung dengan bagaimana membuat dan bahan makanan apa yang dapat digunakan untuk membuat MPASI. Berikut akan disajikan beberapa informasi mengenai beberapa resep MPASI yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah.

Prinsip Pemberian MPASI pada 6 Bulan Pertama

Prinsip utama makanan dalam pemberian MPASI pada bayi berusia 6 bulan adalah lembut dan dihaluskan. Menu tunggal dapat diberikan pada hari pertama hingga hari ke 14 dengan prinsip pengenalan sumber karbohidrat, sayuran dan buah dengan frekuensi 1 – 2 kali per hari.

Pada hari ke 14 hingga 21 hari, Anda sudah dapat mencampur semua sumber gizi. Kenalkan anak pada aneka sumber protein hewani, nabati dan lemak tambahan. Berikan sumber protein tersebut bersama karbohidrat dan sayuran. Tingkatkan frekuensi makannya hingga 2 – 3 kali per hari dengan tambahan camilan sehat.

Selepas 21 hari berikan sumber gizi yang seimbang namun tetap variatif dengan prinsip 4 bintang. Yakni makanan harus mengandung karbohidrat (sumber tenaga), protein hewani dan protein nabati (zat pembentuk), serta sayur dan buah (sumber vitamin dan mineral). Lengkapi dengan unsur penunjang lemak tambahan bintang keempat seperti santan atau minyak kelapa sebagai pengikat nutrisi.

Proses menghaluskan sumber makanan dapat menggunakan saringan kawat, blender atau baby food grinder yang kemudian jika perlu dapat disaring kembali hingga halus. Untuk tekstur yang berserat dan sumber protein, rebus atau kukus dahulu beberapa bahan makanan sampai matang sebelum diolah. Anda dapat pula menambahkan ASI atau susu formula dalam puree atau hasil saringan/blender menu MPASI untuk memperkaya kandungan gizinya.

Resep MPASI Buah pada 6 Bulan Pertama

Buah merupakan sumber makanan yang kaya akan Vitamin dan zat nutrisi. Memberikan MPASI dari buah-buahan menjadi pilihan utama dan sangat disarankan pada menu tunggal 6 bulan pertamanya. Beberapa buah yang dapat digunakan antara lain:

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim, sehingga dapat mudah untuk dapatkan. Jenis pisang ambon, raja atau sunpride adalah jenis yang banyak digunakan untuk membuat MPASI. Terdapat kandungan Vitamin A, fosfor, kalium dan asam folat yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 6 bulan.

Tekstur buah pisang yang lunak memudahkan Anda dalam pengolahannya sebagai MPASI. Sebagai menu tunggal cukup kerok dan lumatkan setengah buah pisang dengan sendok kemudian tambahkan ASI atau susu formula untuk memperkaya kandungan gizi.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki tekstur yang lunak. Kaya dengan kandungan protein, kalsium, lemak, karbohidrat, zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C dan serat sehingga puree alpukat dapat menjadi pilihan menu tunggal MPASI 6 bulan pertama. Kerok dan lumatkan buah alpukat berserta campuran ASI atau susu formula dapat menjadi pilihan mudah Anda menyiapkan MPASI untuk buah hati.

  1. Pepaya

Bayi yang baru saja memulai MPASI biasanya akan mengalami sembelit. Untuk melancarkan BAB nya, berikan buah papaya yang telah dihaluskan. Namun, untuk beberapa bayi justru mengalami sembelit setelah mengkonsumsi buah pepaya. Sehingga Perhatikan dengan baik reaksi anak pada masa pemberian MPASI pertamanya.

Pepaya banyak mengandung Vitamin A, B1, B2, Vitamin C, Vitamin E dan kaya akan serat dan enzim yang berguna untuk pencernaan bayi (enzim papin). Cara penyajian dapat dihaluskan dengan saringan atau blender sebentar lalu tambahkan ASI dan susu formula.

  1. Perasan Air Jeruk

Perasan air jeruk juga sangat baik untuk diberikan sebagai campuran puree buah karena kandungannya antara lain kalsium, kalium, Vitamin C, Vitamin A, asam folat. Perasan air jeruk ini juga berfungsi memberikan rasa manis sehingga bayi akan menyukai bubur buahnya dan dengan menambahkan perasan air jeruk Anda tidak perlu menambahkan gula pada bubur atau puree menu tunggal. Untuk rasa terbaik, pilihlah jeruk dengan rasa manis dan kaya kandungan air.

Resep MPASI Protein Hewani dan Nabati

Protein hewani dapat diperoleh dari sumber makanan seperti telur, daging dan ikan. Untuk protein nabati dapat diperoleh dari tahu, susu kedelai dan kacang-kacangan. Berikut beberapa sumber makanan yang dapat digunakan sebagai pilihan menu MPASI 6 bulan pertama:

  1. Telur Ayam

Pada menu tunggal, Anda dapat menggunakan telur ayam yang telah direbus matang maupun dengan cara scrambled atau digoreng orek tanpa minyak sebagai menu MPASI kombinasi. Kandungan lemak dan protein yang terdapat pada kuning telur sangat bermanfaat pada 6 bulan pertama tumbuh kembang anak. Selain itu, telur juga mengandung Vitamin A, asam folat, ribovlafin, Vitamin B6, zat besi, kalium, kalsium, dan fosfor. Kandungan dalam putih telur juga tidak kalah dengan kuning telurnya.

Teksturnya yang lembut menyebabkan telur menjadi sajian MPASI yang mudah. Namun, hindari pemberian telur setengah matang pada bayi, karena telur setengah matang amat mudah terinfeksi oleh bakteri berbahaya. Pemberian telur pada 6 bulan pertama juga harus dalam pengawasan, karena tidak jarang bayi akan menunjukkan reaksi alergi pada konsumsi telur pertamanya.

  1. Daging dan Hati Ayam

Daging dan hati ayam merupakan sumber protein hewani yang baik untuk digunakan dalam menu MPASI 6 bulan pertama. Gunakan ayam kampung daripada ayam petelur untuk menghindari kandungan obat suntikan hormon yang tidak baik pada ayam petelur. Puree daging dan hati ayam dapat dikombinasikan dengan wortel, sayuran dan ubi atau kentang sebagai sumber karbohidat.

Dalam hal kandungan gizi, selain kaya akan zat besi, daging dan hati ayam juga kaya protein. Kandungan niasin dan fosfor dalam daging dan hati ayam membantu mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi pada proses metabolisme sel. Selain itu, daging dan hati ayam juga mengandung Vitamin B6 dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda dari berbagai penyakit.

  1. Daging Ikan

Penggunaan daging Ikan sebagai salah satu resep pemberian MPASI telah umum dilaksanakan. Ikan selain merupakan sumber protein, memiliki kandungan DHA yang amat baik bagi pertumbuhan otak. Pilihan daging ikan yang dapat Anda gunakan pada awal pemberian MPASI antara lain ikan air tawar seperti lele, mujair dan bandeng.

Daging ikan yang telah diolah berupa kukusan akan memiliki tekstur yang lunak, sehingga mudah untuk dicampur dengan bahan makanan lain seperti bayam sebagai sumber mineral dari sayuran dan nasi, ubi dan kentang sebagai sumber karbohidrat.

  1. Tahu

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik bagi pertumbuhan bayi. Teksturnya yang lunak membantu bayi untuk mencerna dengan baik. Selain protein, tahu juga mengandung kalsium, fosfor dan Vitamin A, B1 dan C. Penting untuk mencuci bersih tahu sebelum digunakan sebagai resep MPASI, untuk menghindari tercemarnya tahu dengan bakteri yang tidak diinginkan. Selain tahu, kacang kedelai dan kacang merah yang dihaluskan dapat menjadi alternatif pilihan sumber protein nabati dalam resep MPASI 6 bulan pertama.

Demikianlah informasi mengenai resep MPASI untuk 6 bulan pertama bayi. Kombinasi berbagai makanan sehat akan membantu bayi Anda untuk mengenal tekstur dan rasa makanan dan tidak menjadikannya picky eater di masa dewasanya. Selamat mencoba dan berkreasi !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 9 = 1