Let’s travel together.

Pyridoxine obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Pyridoxine


Merek:
Liconam-10, Pyridoxine HCl dan Vitamin B6 Kimia Farma.

Penggunaan

Untuk apa Pyridoxine?

Pyridoxine adalah vitamin B6. Vitamin yang terdapat dalam makanan seperti daging, unggas, kacang, gandum, pisang, dan alpukat. Vitamin B6 berperan penting untuk berbagai proses dalam tubuh.

Pyridoxine digunakan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin B6. Obat ini juga mengobati anemia (kurangnya sel darah merah) jenis tertentu. Injeksi pyridoxine juga dapat digunakan dalam mengobati kejang-kejang pada bayi.

Pyridoxine dapat diminum tanpa menggunakan resep. Injeksi pyridoxine harus diberikan oleh ahli kesehatan.

Pyridoxine bisa juga digunakan untuk tujuan lain yang tidak tertulis pada panduan medis ini.

Bagaimana cara penggunaan Pyridoxine?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Ikuti semua petunjuk pada label. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang banyak atau sedikit atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Tablet pyridoxine dapat diminum. Sedangkan injeksi pyridoxine disuntikkan ke dalam otot atau vena melalui IV. Anda mungkin akan ditunjukkan cara melakukan injeksi sendiri untuk di rumah. Jangan menginjeksi obat ini sendiri jika Anda tidak memahami cara pemberian suntikan dan mengetahui cara membuang jarum yang telah digunakan serta tabung IV, dan benda lainnya yang digunakan selama menyuntikkan obat dengan aman.

Asupan gizi yang direkomendasikan pyridoxine meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Ikuti petunjuk dokter Anda. Anda juga dapat berkonsultasi ke Office of Dietary Supplements of the National Institutes of Health, or the U.S. Department of Agriculture (USDA) Nutrient Database (dulu lebih dikenal dengan rekomendasi asupan gizi harian) untuk lebih rinci.

Pyridoxine hanya sebagian dari program pengobatan lengkap yang di dalamnya juga termasuk diet khusus. Sangatlah penting untuk selalu rencana diet yang sudah dibuat oleh dokter Anda atau ahli gizi. Anda sebaiknya terbiasa dengan daftar makanan yang harus Anda makan dan hindari untuk membantu mengontrol kondisi Anda.  

Bagaimana cara penyimpanan Pyridoxine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Pyridoxine untuk orang dewasa?

Standar dosis dewasa untuk induksi obat vitamin/kekurangan mineral

Induksi obat Neuritis:

Cycloserine: 100 sampai dengan 300 mg/hari diminum dalam dosis terbagi

Isoniazid atau penicillamine: 100 sampai dengan 200 mg/hari diminum selama 3 minggu atau 25 sampai dengan 100 mg/hari untuk profilaksis.

Kontrasepsi oral: 25 sampai dengan 30 mg/hari.

Intoksikasi akut

Hydralazine: 25 mg/kg. Sepertiga dosis diberikan melalui IM dan sisanya diberikan sebagai infus IV selama lebih dari 3 jam.

Isoniazid: 1 sampai dengan 4 gram IV sebagai dosis awal, kemudian 1 g IM setiap 30 menit hingga total dosis yang diperlukan telah diberikan (diberikan dengan antikonvulsan lain sesuai kebutuhan). Total dosis yang diberikan harus setara dengan jumlah isoniazid yang diinjeksikan.

Konsumsi jamur (genus Gyromitra): 25 mg/kg IV diinfus selama 15 sampai dengan 30 menit. Ulangi sesuai kebutuhan dengan total dosis maksimal harian 15 sampai dengan 20 g.

Standar dosis dewasa untuk suplemen gizi:

Kekurangan pyridoxine:

10 sampai dengan 25 mg/hari diminum, IM, atau IV selama 3 minggu diikuti dengan 2 hingga 5 mg/hari dari produk multivitamin

Standar dosis dewasa untuk anemia

Sideroblastic, keturunan: 200 sampai dengan 600 mg diminum setiap hari. Jika respon yang memadai diperoleh, dosis dapat diturunkan ke 30 sampai 50 mg diminum setiap hari.

Jika respon tidak diperoleh sesudah 1 hingga 2 bulan pengobatan pyridoxine, pengobatan yang berbeda perlu dipertimbangkan.

Standar dosis dewasa untuk mual/muntah-muntah

Mual dan muntah-muntah karena kehamilan:

25 mg diminum setiap 8 jam.

Bagaimana dosis Pyridoxine untuk anak-anak?

Standar dosis pediatrik untuk induksi obat vitamin/kekurangan mineral

Induksi obat neuritis (cycloserine, isoniazid, hydralazine, penicillamine):

Pengobatan: 10 sampai dengan 50 mg/hari

Profilaksis: 1 sampai 2 mg/kg/hari

Intoksikasi akut:

Hydralazine: 25 mg/kg: sepertiga dosis diberikan melalui IM dan sisanya sebagai infus IV selama lebih dari 3 jam.

Isoniazid: pencernaan akut dengan jumlah yang diketahui: awal: total dosis pyridoxine setara dengan dosis isoniazid yang diberikan (dosis maksimal: 70 mg/kg, sampai dengan 5 g); diberikan dengan kisaran 0.5 sampai 1 g/menit hingga kejang-kejang berhenti atau dosis awal maksimal telah diberikan; dapat diulangi setiap 5 sampai dengan 10 menit sesuai kebutuhan untuk mengendalikan kejang-kejang dan/atau toksisitas CNS. Jika kejang-kejang berhenti sebelum pemberian dosis awal, berikan sisa pyridoxine melalui infus selama 4 hingga 6 jam. Pencernaan akut tanpa jumlah yang diketahui: awal: 70 mg/kg (dosis maksimal: 5 g); diberikan dengan tingkat 0.5 sampai 1 g/menit; dapat diulangi setiap 5 hingga 10 menit sesuai kebutuhan untuk mengendalikan kejang-kejang dan/atau toksisitas CNS.

Konsumsi jamur (genus Gyromitra): 25 mg/kg IV. Diulangi sesuai kebutuhan sampai dengan total maksimal dosis 15 hingga 20 g.

Standar dosis pediatrik untuk suplemen gizi

Kekurangan pyridoxine:

5 sampai 25 mg/hari diminum, IM, atau IV selama 3 minggu diikuti oleh 1.5 hingga 2.5 mg/hari dari produk multivitamin.

Standar dosis pediatrik untuk kejang-kejang

Pyridoxine- kejang-kejang:

10 sampai dengan 100 mg PO, IM, atau IV diawal, dilanjutkan dengan 2 hingga 100 mg diminum setiap hari.

Dalam dosis apakah Pyridoxine tersedia?

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Pyridoxine?

Semua obat-obatan dapat menyebabkan efek samping, tetapi banyak orang yang tidak mengalami atau mengalami efek samping yang tidak serius. Ketika digunakan dalam dosis rendah, tidak ada efek samping yang dilaporkan terkait produk ini. Mintalah pertolongan medis jika terjadi efek samping serius:

Reaksi alergi parah (ruam; gatal-gatal; sulit bernapas; sesak pada dada; bengkak di mulut, wajah, bibir, atau lidah); menurunnya kemampuan indra peraba, suhu, atau getaran; hilangnya keseimbangan; mati rasa pada kaki atau sekitar mulut; mati rasa atau kesemutan pada kulit.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Pyridoxine?

Beberapa kondisi medis dapat berinteraksi dengan pyridoxine (vitamin B6 extended-release tablet). Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki kondisi medis, khususnya bila salah satu dari berikut ini juga terjadi pada Anda:

  • Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui
  • Jika Anda menggunakan obat resep atau nonresep, obatan-obatan herbal, atau suplemen nutris
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap obat, makanan, atau zat lainnya.

Apakah Pyridoxine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko,

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

C=Mungkin berisiko,

D=Ada bukti positif dari risiko,

X=Kontraindikasi,

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Pyridoxine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa obat dapat berinteraksi dengan pyridoxine (vitamin B6 extended-release tablet). Beri tahu dokter bila Anda menggunakan obat lainnya, terutama salah satu dari berikut ini :

  • Hydantoins (misal, phenytoin) atau levodopa karena dapat mengurangi efektivitas dari pyridoxine (vitamin B6 extended-release tablet).

Ini bukanlah daftar lengkap dari interaksi yang mungkin dapat terjadi. Tanyakan pada dokter bila pyridoxine (vitamin B6 extended-release tablet) dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Periksa dengan dokter sebelum Anda memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Pyridoxine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Pyridoxine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis termasuk: mati rasa pada tangan dan kaki.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/pyridoxine/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 87 = 91