Let’s travel together.

Promag

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Promag


Merek:
Promag.

Penggunaan

Untuk apa Promag digunakan?

Promag adalah obat untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan terkait dispepsia (biasa disebut maag), seperti kenaikan asam lambung atau refluks asam lambung, peningkatan air di usus, cegukan dan gejala maag umum lainnya.

Promag mengandung komposisi zat aktif seperti hydrotalcite, magnesium, hydroxide, dan simethicone. Promag bekerja dengan cara mengikat dan menetralkan asam berlebih di lambung.

Promag adalah obat golongan antasida, yang mungkin juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai Promag?

Obat maag jenis antasida harus diminum sebelum makan, kecuali dokter dan apoteker Anda menyarankan sebaliknya. Anda sebaiknya minum obat maag 30 menit sebelum makan.

Akan tetapi, untuk efek terbaik bagi lambung dan sistem pencernaan Anda, usahakan untuk minum obat sejam sebelum makan. Apalagi kalau Anda sudah merasakan gejala-gejala seperti sakit perut, kerongkongan panas, dan mual.

Bagaimana cara menyimpan Promag?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dosis Promag untuk orang dewasa

Secara umum dosis dan cara minum obat promag adalah 3 x 1-2 tablet. Obat harus dikunyah dulu sebelum ditelan, kira kira 1 jam sebelum makan dan sebelum tidur malam.

Dosis Promag untuk anak-anak

Dosis untuk anak-anak belum ditentukan. Konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan obat ini.

Dalam sediaan apa obat Promag tersedia?

Promag adalah obat yang tersedia dalam sediaan tablet 200 miligram dan obat cair dalam sediaan 200 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat terjadi akibat Promag?

Berikut ini adalah daftar kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi dari semua bahan yang membentuk Promag tablet. Hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter secepatnya apabila Anda mengalami efek samping promag yang tergolong serius, seperti:

  • Sembelit
  • Muntah
  • Diare
  • Kehilangan selera makan
  • Kelemahan otot
  • Mual
  • Refleks lambat
  • Diare

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengamati salah satu efek samping berikut, terutama jika mereka tidak hilang.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus saya ketahui sebelum minum Promag?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat, risiko dan manfaat dari obat harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan bersama dari Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, hal-hal berikut harus dipertimbangkan:

Beritahu dokter apabila Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau reaksi alergi terhadap obat ini atau obat lain. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda memiliki alergi lain seperti alergi makanan, pewarna makanan, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca komposisi pada label atau kemasan dengan baik.

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan promag pada anak-anak. Meskipun demikian, jangan berikan produk nonresep pada anak-anak di bawah 2 tahun kecuali apabila dianjurkan oleh dokter.

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan promag pada lansia.

Apakah Promag aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Promag pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (mungkin berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA) atau setara dengan BPOM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Promag?

Jika Anda menggunakan obat lain atau produk yang dijual bebas secara bersamaan, efek dari Promag dapat berubah. Ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk efek samping atau menyebabkan obat Anda tidak bekerja dengan benar. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang Anda gunakan, sehingga dokter Anda dapat membantu Anda mencegah atau mengelola interaksi obat. Obat promag dapat berinteraksi dengan obat dan produk berikut ini:

  • Dolutegravir dutrebis
  • Kalexate
  • Levothyroxine
  • Liothyronine
  • Raltegravir
  • Technetium Tc-99m oxidronate

Selain itu, obat ini tidak boleh digunakan jika Anda memiliki kondisi berikut:

  • Reaksi alergi
  • Hipersensitif
  • Gunakan obat pencahar berbasis minyak mineral

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika lupa dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Apa yang harus dilakukan bila overdosis?

Jangan menggunakan lebih dari dosis yang ditentukan. Minum lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda; melainkan dapat menyebabkan keracunan atau efek samping yang serius. Jika Anda mencurigai bahwa Anda atau siapapun yang mungkin telah overdosis dari Promag tablet, silakan pergi ke departemen darurat rumah sakit terdekat atau rumah perawatan. Bawalah kotak obat, wadah, atau label dengan Anda untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Jangan memberikan obat-obatan Anda kepada orang lain bahkan jika Anda tahu mereka memiliki kondisi yang sama atau sepertinya mereka memiliki kondisi yang sama. Ini dapat menyebabkan overdosis.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda atau apoteker atau paket produk untuk informasi lebih lanjut

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/promag/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

71 − 65 =