Let’s travel together.

Presbiopi

0 4

Definisi

Apa itu presbiopi?

Presbiopia, atau lebih umum dikenal dengan presbiopi adalah hilangnya kemampuan mata untuk melihat objek dalam jarak dekat secara bertahap. Kondisi ini merupakan proses alami dari penuaan. Presbiopi, yang juga dikenal dengan istilah mata tua, biasanya disadari pada awal hingga pertengahan usia 40-an dan berlanjut jadi semakin parah hingga usia 65 tahun.

Anda mungkin mulai menyadari bahwa Anda memiliki presbiopi saat Anda harus memegang buku dan koran sejauh lengan untuk dapat membacanya.

Pemeriksaan mata sederhana dapat memastikan kondisi presbiopi. Anda bisa memperbaiki kondisi ini dengan kacamata atau lensa kontak. Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan operasi.

Seberapa umum presbiopia (mata tua)?

Siapa pun yang berusia di atas 35 tahun berisiko terkena presbiopi. Semua orang juga akhirnya akan kena mata tua ini, tapi tingkat keparahannya akan berbeda-beda.

Mata tua dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala mata tua?

Presbiopi muncul secara bertahap dan tidak langsung. Anda mungkin pertama menyadari tanda-tanda dan gejala setelah usia 40 tahun. Perhatikan gejalanya berikut ini.

  • Membaca dengan jarak yang jauh dari mata
  • Pandangan kabur pada jarak baca yang normal
  • Mata pegal atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus jarak dekat

Anda mungkin merasa tanda dan gejala memburuk apabila Anda lelah, minum alkohol atau berada di area dengan pencahayaan redup.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat menghentikan kondisi ini memburuk. Bicarakanlah dngan dokter untuk mencegah kondisi ini menjadi serius.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Bisa jadi gejalanya tak selalu sama pada setiap orang. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab presbiopi?

Untuk dapat melihat suatu gambar, mata Anda mengandalkan kornea, yaitu lapisan bening dan cembung di depan mata dan lensa untuk fokus pada cahaya yang dipantulkan dari objek. Kedua struktur ini membiaskan (refraksi) cahaya memasuki mata supaya memfokuskan gambar pada retina, yang terletak di bagian belakang dalam dinding mata Anda.

Lensa, tidak seperti kornea, cukup lentur dan bisa berubah bentuk dengan bantuan otot yang mengelilinginya. Apabila lensa menjadi kurang lentur, lensa tidak lagi dapat berubah bentuk agar fokus pada gambar yang dekat. Akibatnya, gambar terlihat tidak fokus.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk presbiopi?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang memiliki mata tua, yaitu:

Usia

Usia adalah faktor risiko terbesar untuk presbiopi. Hampir semua orang yang berusia setelah 40 tahun mengalami hal ini dengan tingkat berbeda.

Kondisi medis tertentu

Kondisi medis, seperti rabun dekat atau memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, multiple sclerosis atau penyakit jantung, dapat meningkatkan risiko presbiopia prematur, yaitu mata tua pada orang di bawah 40 tahun.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu bisa memicu gejala presbiopia prematur, termasuk antidepresan, antihistamin, dan diuretik.

Diagnosis & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kondisi mata tua didiagnosis?

Apabila dokter menduga Anda memiliki kondisi mata tua, pemeriksaan fisik dan beberapa tes akan direkomendasikan. Pemeriksaan mata menyeluruh meliputi serangkaian tes. Dokter mata akan memberikan obat tetes untuk melebarkan pupil. Hal ini akan menyebabkan mata Anda lebih sensitif terhadap cahaya selama beberapa jam setelah pemeriksaan. Dilatasi membantu dokter lebih mudah memeriksa bagian dalam mata Anda.

Dokter dapat menggunakan berbagai alat, mengarahkan sinar ke mata Anda dan meminta Anda untuk melihat melalui berbagai lensa untuk menguji jarak dan penglihatan dekat. Setiap tes membantu dokter mengevaluasi beberapa aspek penglihatan Anda.

Anda mungkin akan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut apabila Anda memiliki faktor risiko untuk penyakit mata atau memerlukan kacamata atau lensa kontak.

Bagaimana presbiopi ditangani?

Ada beberapa pilihan perawatan yang dapat direkomendasikan oleh dokter:

Kacamata

Kacamata adalah cara yang sederhana dan aman untuk memperbaiki masalah penglihatan yang disebabkan oleh mata tua.

Lensa kontak

Orang yang tidak ingin mengenakan kacamata sering menggunakan lensa kontak untuk memperbaiki masalah penglihatan akibat presbiopi. Pilihan ini mungkin tidak tepat untuk Anda apabila Anda memiliki kondisi tertentu yang terkait dengan kelopak mata, saluran air mata, atau permukaan mata.

Operasi refraktif

Operasi refraktif bertujuan mengubah bentuk kornea Anda. Untuk presbiopi, perawatan ini digunakan untuk memperbaiki penglihatan dekat pada mata yang non-dominan. Hal ini seperti menggunakan lensa kontak monovision.

Implantasi lensa

Beberapa dokter mata menggunakan prosedur pengangkatan lensa pada setiap mata dan menggantikannya dengan lensa buatan. Hal ini disebut implantasi lensa intraokular. Beberapa orang memilih prosedur ini bahkan setelah melakukan operasi lasik beberapa tahun sebelum bebas dari kacamata.

Pengobatan di Rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi presbiopi?

  • Periksa kesehatan mata. Cek mata secara teratur.
  • Kontrol kondisi penyakit kronis. Kondisi seperti darah tinggi (hipertensi) atau diabetes dapat memengaruhi kesehatan mata.
  • Lindungi mata dari sinar matahari. Gunakan kacamata hitam yang mencegah sinar ultraviolet (UV) langsung ke mata.
  • Cegah cedera mata. Gunakan pelindung mata ketika berada di luar ruangan, seperti saat olahraga, berkebun, dan lain-lain.
  • Makan makanan sehat. Cobalah makan makanan yang kaya antioksidan, seperti buah atau sayur. Makanan tersebut juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang menjaga kesehatan mata.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

56 − = 48