Let’s travel together.

Pramipexole obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Pramipexole


Merek:
Sifrol.

Penggunaan

Untuk apa pramipexole?

Pramipexole adalah obat yang digunakan sendiri atau dengan obat lain untuk mengobati penyakit Parkinson. Obat ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bergerak dan menurunkan goncangan (tremor), kekakuan, gerakan melambat, dan ketidakseimbangan. Obat ini juga dapat menurunkan jumlah kejadian Anda tidak bisa bergerak (“sindrom on-off”).

Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi medis tertentu misalnya restless legs syndrome (RLS) yang menyebabkan dorongan luar biasa untuk menggerakkan kaki. Gejala biasanya terjadi pada malam hari bersama dengan perasaan tidak menyenangkan atau tidak nyaman di kaki. Obat ini dapat mengurangi gejala tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pramipexole merupakan agonis dopamin yang bekerja dengan membantu mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu (dopamin) di otak.

Bagaimana cara penggunaan pramipexole?

Baca informasi pada leaflet pasien yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan  pramipexole dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang obat. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Menggunakan obat ini dengan makanan dapat mengurangi rasa mual. Untuk mengurangi risiko efek samping (misalnya, mengantuk, tekanan darah rendah) ketika Anda pertama kali mulai menggunakan pramipexole, dokter perlahan-lahan akan meningkatkan dosis Anda sampai dosis terbaik bagi Anda tercapai. Minum obat ini seperti yang telah ditentukan. Jangan meningkatkan dosis atau mengambil lebih sering daripada dosis yang dianjurkan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari.

Jika Anda berhenti minum obat ini selama beberapa hari, Anda mungkin perlu meningkatkan dosis secara perlahan untuk kembali ke dosis sebelumnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana untuk mengulangi proses pemakaian obat. Jangan berhenti minum obat tanpa persetujuan dokter Anda. Meskipun sangat jarang terjadi, jika Anda tiba-tiba berhenti minum obat ini, reaksi sakau mungkin terjadi. Reaksi tersebut dapat berupa demam, kekakuan otot, dan kebingungan. Segera laporkan setiap reaksi tersebut kepada dokter Anda. Jika Anda memiliki penyakit Parkinson dan akan menghentikan pengobatan rutin dengan obat ini, mengurangi dosis secara bertahap seperti yang diarahkan akan membantu mencegah reaksi penarikan. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Mungkin akan memakan waktu beberapa minggu untuk merasakan manfaat dari penggunaan obat ini. Informasikan pada dokter Anda jika gejala tidak membaik atau jika gejala memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan pramipexole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis pramipexole untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Penyakit Parkinson

Pramipexole immediate release:

Dosis awal: 0,125 mg sekali minum tiga kali sehari dengan atau tanpa makanan.

Dosis pemeliharaan: Dosis harus dititrasi secara bertahap untuk efek klinis yang diinginkan. Umumnya, dosis dapat ditingkatkan setiap 5 sampai 7 hari berdasarkan efikasi dan tolerabilitas, sampai maksimal 4,5 mg / hari (diberikan sebagai 1,5 mg tiga kali sehari). Khasiat dosis melampaui 4,5 mg / hari belum ditetapkan.

Pramipexole extended release:

Dosis awal: 0,375 mg sekali sehari dengan atau tanpa makanan.

Dosis pemeliharaan: Dosis harus dititrasi secara bertahap untuk efek klinis yang diinginkan. Umumnya, dosis dapat ditingkatkan setiap 5 sampai 7 hari berdasarkan efikasi dan tolerabilitas, pertama yang 0,75 mg per hari dan kemudian dengan 0,75 bertahap mg sampai maksimum dosis yang dianjurkan 4,5 mg per hari. Khasiat dosis melampaui 4,5 mg / hari belum dapat ditentukan

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Restless Legs Syndrome

Pramipexole immediate release:

Dosis awal: 0,125 mg diminum sekali sehari 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Jika diperlukan, dosis dapat dititrasi ke atas dengan pertambahan 0,125 mg setiap 4 sampai 7 hari.

Dosis pemeliharaan: 0,5 mg per sekali minum sekali sehari 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

Pramipexole extended release tidak diindikasikan untuk Restless Legs Syndrome.

Bagaimana dosis pramipexole untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas pada pasien anak (kurang dari 18 tahun) belum dapat ditentukan.

Dalam dosis apakah pramipexole tersedia?

Tablet: 0,125 mg; 0,25 mg; 0,5 mg; 0,75 mg; 1 mg; 1,5 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena pramipexole?

Cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan pramipexole dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut:

  • mengantuk ekstrem, jatuh tertidur tiba-tiba, bahkan setelah mendengar peringatan
  • mual, berkeringat, merasa pusing, pingsan
  • halusinasi
  • nyeri otot, tertekan, atau letih dengan demam atau gejala flu dan urin berwarna gelap
  • nyeri dada, batuk berdahak putih atau merah muda (lendir), mengi
  • perasaan sesak napas (bahkan dengan tenaga ringan), bengkak, kenaikan berat badan yang cepat
  • merasa lemah atau lelah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan yang cepat
  • detak jantung cepat atau tidak teratur
  • tremor, kedutan atau gerakan tak terkendali dari Anda mata, bibir, lidah, wajah, lengan, atau kaki.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • mulut kering, sakit perut, muntah, sembelit
  • sakit kepala, pusing, sensasi berputar
  • mengantuk ringan
  • bengkak di tangan atau kaki
  • perubahan nafsu makan atau berat badan
  • penglihatan kabur
  • masalah tidur (insomnia), mimpi yang tidak biasa
  • amnesia, lupa, memikirkan masalah atau
  • impotensi, kehilangan hasrat seks, atau kesulitan mengalami orgasme.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan pramipexole?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Belum ada studi yang tepat mengenai hubungan antara usia terhadap efek pramipexole pada populasi anak-anak. Keamanan dan kemanjurannya belum dapat dipastikan.

Lansia

Belum ada studi yang tepat sampai saat ini mengenai masalah khusus pada lansia yang akan membatasi kegunaan pramipexole pada lansia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk mengalami halusinasi (melihat, mendengar, atau merasa hal-hal yang tidak ada), yang mungkin diperlukan kehati-hatian pasien yang mengonsumsi pramipexole.

Apakah pramipexole aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori _ menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan pramipexole?

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan pramipexole?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan pramipexole?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • dyskinesia (masalah dengan kontrol otot)
  • halusinasi
  • hipotensi (tekanan darah rendah)
  • postural hipotensi (tubuh terasa ringan atau pingsan ketika bangun tiba-tiba dari berbaring atau posisi duduk) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • penyakit Ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena penghapusan obat lebih lambat dari tubuh.
  • gangguan tidur
  • mengantuk – dapat menyebabkan efek samping menjadi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/pramipexole/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

88 + = 89