Let’s travel together.

Phenol obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Phenol


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Phenol?

Phenol adalah obat dengan fungsi untuk mengobati sakit tenggorokan, nyeri mulut, sakit yang diasosiasikan dengan sariawan dan iritasi mulut ringan, mungkin juga dapat digunakan untuk kondisi lain seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda.

Semprotan phenol adalah kombinasi dari anastesi dan analgesik oral. Bekerja dengan membuat area yang sakit atau teriritasi mati rasa.

Dosis phenol dan efek samping phenol akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Phenol?

Gunakan semprotan phenol sebagaimana dianjurkan oleh dokter Anda. Periksa label pada obat untuk instruksi dosis yang tepat. Gunakan pada area yang terpengaruh. Biarkan selama kurang lebih 15 detik lalu ludahkan. Apabila Anda melewatkan satu dosis dari semprotan phenol dan Anda menggunakannya secara rutin, gunakan saat Anda ingat. Apabila sudah dekat waktu dosis berikutnya, jangan menggandakan dosis, kecuali disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Jangan menggunakan 2 dosis pada saat yang sama. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menggunakan semprotan phenol.

Bagaimana cara penyimpanan Phenol?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Phenol untuk orang dewasa?

Semprotan (1.4%): Semprotkan langsung pada tenggorokan; biarkan selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulang tiap 2 jam. Obat kumur (1.4%): Kumur selama 15 detik lalu buang. Dapat diulang tiap 2 jam.

Bagaimana dosis Phenol untuk anak-anak?

Semprotan: usia 2-12 tahun: 3 semprot dari solusi 1.4% atau 5 semprot dari solusi 0.5% pada tenggorokkan atau area yang terpengaruh; dapat diulang tiap 2 jam.

Usia ≥12 tahun: 5 semprot dari solusi 1.4%; biarkan selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulang tiap 2 jam.

Berkumur:

6-12 tahun: Dengan menggunakan kain kasa, gunakan 10 ml dari 1.4% solusi pada area yang terpengaruh, atau kumur selama 15 detik kemudian ludahkan.

≥12 yr: Kumur solusi 1.4% selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulangi tiap 2 jam.

Dalam dosis apakah Phenol tersedia?

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Phenol?

Periksa kepada dokter segera apabila terjadi efek-efek samping sebagai berikut:

Penyebab tidak diketahui:

  • Kesulitan bernapas
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam
  • Pembengkakan
  • Muntah
  • Nyeri, kemerahan, pembengkakan, atau iritasi pada sekitar mulut menjadi lebih parah. Efek-efek samping lain yang tidak terlampir juga dapat terjadi pada beberapa pasien. Apabila Anda melihat efek samping lain, periksa dengan penyedia layanan kesehatan Anda

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Phenol?

Pada saat memutuskan untuk menggunakan obat, risiko dan manfaat dari obat harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan bersama dari Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, hal-hal berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beritahu dokter apabila Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau reaksi alergi terhadap obat ini atau obat lain. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda memiliki alergi lain seperti alergi makanan, pewarna makanan, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca komposisi pada label atau kemasan dengan baik.

Anak-anak

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan phenol pada anak-anak. Meskipun demikian, jangan berikan produk non-resep pada anak-anak di bawah 2 tahun kecuali apabila dianjurkan oleh dokter.

Lansia

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan phenol pada lansia.

Apakah Phenol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Phenol?

Meskipun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi dapat terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang diperlukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat resep atau nonresep lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Phenol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Phenol?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Infeksi pada atau sekitar mulut Anda
  • Luka besar pada atau di sekitar mulut—kemungkinan efek samping dapat meningkat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/phenol/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 5 = 2