Let’s travel together.

Penyebab Telat Datang Bulan 2 Minggu dan Cara Mencegahnya

0 3

Penyebab Telat Datang Bulan 2 Minggu dan Cara MencegahnyaBagi wanita yang mengalami telat datang bulan 2 minggu, tentu akan mendapatkan kecemasan tersendiri. Pasalnya dalam kondisi normal, siklus menstruasi atau datang bulan terjadi pada bulan dan waktu yang sama seperti biasanya. Selain itu, meskipun seorang wanita telah datang bulan, waktunya hanya relatif singkat yakni maksimal 5 hari saja. Dengan kata lain, ketika seorang wanita mengalami telat datang bulan, maka terjadi kondisi yang tak normal pada tubuh.

Siklus menstruasi atau datang bulan sendiri memang terkadang datang lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Adapun perbedaan tersebut berkisar antara 21 hari hingga 35 hari dihitung dari hari pertama mengalami datang bulan terakhir. Apabila ternyata siklus menstruasi melebihi 35 hari, maka baru dapat dikategorikan sebagai telat datang bulan.

Penyebab Telat Datang Bulan 2 Minggu

Bagi Anda yang mengalami permasalahan ini, setidaknya terdapat beberapa penyebab telat datang bulan 2 minggu yang mungkin saja dialami oleh tubuh. Faktor penyebab telat datang bulan pun beragam mulai dari kehamilan hingga munculnya penyakit yang menyerang tubuh. Berikut ulasannya.

Kemungkinan paling besar yang patut dicurigai ketika seorang wanita telah datang bulan 2 minggu adalah karena terjadinya kehamilan. Untuk itulah, Anda harus memastikan apakah selama periode terakhir menstruasi hingga terjadinya telat menstruasi Anda melakukan hubungan badan atau tidak.

selain itu, gunakan pula test pack untuk mengecek apakah Anda hamil atau tidak. Test pack dapat diperoleh dari apotek-apotek di sekitar tempat Anda tinggi. Apabila setelah melakukan tes kehamilan dan hasilnya menunjukkan negatif, maka kemungkinan 80% telat menstruasi yang Anda alami bukan karena kehamilan.

Penjelasannya adalah ketika sel telur dibuahi oleh sperma, maka tubuh akan memproduksi hormon HCG. Hormon yang satu ini terdapat pada aliran darah dan dapat diketahui dalam jangka waktu sekitar 6 hari hingga 12 hari setelah terjadinya pembuahan.

Hal lain yang menjadi penyebab telat datang bulan 2 minggu adalah terlalu banyak pikiran atau stress. Inilah salah satu hal yang mungkin tak diperhitungkan oleh seorang wanita yang mengalami telat menstruasi.

Parahnya, ketika siklus menstruasi mengalami keterlambatan, maka wanita akan mengalami beban pikiran yang banyak sehingga memicu munculnya stress berlebih karena berpikir bahwa dirinya hamil. Hal ini pulalah yang akan membuat siklus menstruasi berjalan tidak normal

  • Baru Pertama Kali Menstruasi

Faktor lain yang menjadi penyebab telat datang bulan dialami oleh sebagian besar remaja yang baru pertama kali menstruasi. Biasanya, remaja yang baru menstruasi akan mengalami siklus telat haid atau bahkan haid yang lebih sering. Hal ini sangat erat kaitannya dengan perubahan serta keseimbangan hormon dalam tubuh yang masih belum stabil. Apabila Anda baru pertama kali menstruasi dan mengalami telat, tak perlu khawatir karena hal ini normal.

Bagi Anda yang menjalankan program diet ketat ataupun terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak yang menyebabkan perubahan drastis pada berat badan, maka kemungkinan mengalami telat datang bulan 2 minggu akan sangat besar. Dalam kondisi seperti ini, siklus menstruasi dapat berlangsung lebih sering atau bahkan lebih lambat.

Penyebab lainnya adalah terjadi gangguan pada kelenjar tiroid Anda. Sebagai informasi, kelenjar tiroid dapat menghasilkan berbagai macam hormon dalam tubuh dengan jumlah yang tepat demi membantu fungsi tubuh. Oleh karena itulah, kekurangan hormon tiroid akan menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, salah satunya telat datang bulan.

  • PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome)

Sindrom ovarium polikistik atau lebih dikenal sebagai PCOS merupakan penyebab telat datang bulan 2 minggu yang cukup berbahaya. Mengapa? Hal ini karena wanita yang menderita PCOS tak dapat melepaskan telur-telur yang telah matang dari ovarium. Parahnya, telur tersebut akan membentuk kista kecil di bagian ovarium. Kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

Kontrasepsi hormonal merupakan salah satu bentuk kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Contoh kontrasepsi hormonal adalah pil KB dan suntik KB. Adapun hal yang paling sering menyebabkan telat datang bulan karena alat kontrasepsi adalah suntik KB 3 bulan atau segala jenis kontrasepsi yang mengandung Depo-Provera.

Sebenarnya semua alat kontrasepsi akan memberikan pengaruh pada siklus haid Anda. Di samping menyebabkan telat datang bulan, alat kontrasepsi juga dapat membuat siklus menstruasi lebih banyak dengan pendarahan yang lebih berat. Untuk itu, bagi Anda pengguna kontrasepsi yang sudah telat datang bulan 2 minggu dan ingin memiliki siklus menstruasi normal, maka Anda dapat memilih jenis kontrasepsi lain atau bahkan menghindari alat-alat kontrasepsi.

Penyebab lain terjadinya telat datang bulan atau menstruasi adalah ketika seseorang telah menua. Sebenarnya ini adalah proses normal di mana seorang wanita mengalami menopause atau berhenti menstruasi. Namun tak sedikit wanita yang khawatir tentang perubahan siklus menstruasi yang mereka alami.

Adapun usia yang di mana seorang wanita mengalami menopause adalah ketika mereka telah menginjak usia 40 tahun hingga 45 tahun. Meski demikian, ada juga wanita yang mengalami menopause lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang dijalani. Misalnya untuk wanita yang suka konsumsi alkohol ataupun merokok, siklus menopause biasanya datang lebih cepat.

Setidaknya itulah beberapa penyebab telat datang bulan 2 minggu atau bahkan lebih. Dengan kata lain, terlambat menstruasi tak selalu identik dengan kehamilan sehingga Anda tak terlalu terlalu khawatir terkait perubahan siklus tersebut.

Tips Menjaga Siklus Menstruasi supaya Lancar

Setelah mengetahui penyebab telat datang bulan, hal lain yang juga harus Anda pahami adalah terkait bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh agar siklus datang bulan Anda tetap berjalan lancar sebagaimana mestinya. Pasalnya kesehatan tubuh juga sangat berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Tips pertama adalah jaga berat badan ideal Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, perubahan berat badan secara drastis dapat menjadi penyebab telat datang bulan. Untuk itu, usahakan berat badan Anda tak terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk.

  • Luangkan Waktu Berolahraga

Tips kedua adalah selalu luangkan waktu untuk berolahraga. Bagi wanita yang sibuk dengan pekerjaan, olahraga juga dapat membantu mengatasi stress. Apabila Anda memang tak memiliki waktu untuk berolahraga, setidaknya cukup gerakkan tubuh dengan berjalan santai selama 5 menit saja ketika sedang tidak bekerja. Cara ini terbukti ampuh dalam mengembalikan siklus menstruasi.

Tips selanjutnya adalah penuhi asupan vitamin dalam tubuh. Adapun contoh vitamin yang diperlukan dalam membantu lancarnya siklus menstruasi adalah vitamin E dan vitamin C. Meski demikian, kandungan vitamin lainnya juga harus dipenuhi agar tubuh tetap sehat.

Makanan berlemak merupakan musuh utama bagi kesehatan tubuh. Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak akan membuat lemak dalam tubuh tertumpuk lebih banyak sehingga proses menstruasi pun berjalan tidak normal. Selain menghindari makanan berlemak, Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

  • Jauhi Gaya Hidup tak Sehat

Tips terakhir adalah jauhi gaya hidup yang tidak sehat. Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa gaya hidup seperti konsumsi alkohol dan merokok akan membuat siklus menstruasi wanita terhambat. Sebenarnya tak hanya untuk wanita, bagi pria pun gaya hidup seperti ini juga harus dihindari. (baca juga: 9 cara hidup sehat yang dapat anda lakukan dengan mudah)

Itulah beberapa tips mencegah telat datang bulan 2 minggu. Dengan melakukan pencegahan seperti memulai gaya hidup sehat, maka Anda tak perlu khawatir lagi menghadapi siklus menstruasi tidak lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 81 = 90