Let’s travel together.

Penyebab Lidah Bayi Putih dan Cara Mengatasinya

0 1

Penyebab Lidah Bayi Putih dan Cara MengatasinyaLidah bayi putih merupakan kondisi dimana bagian lidah berwarna putih dengan bentuk bintik-bintik putih menyerupai butiran keju atau dadih susu di bagian langit-langit mulut, pipi bagian dalam, gusi dan lidah. Istilah oral thrush dikenal sebagai nama lain dari penyakit ini. Umumnya terjadi pada bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi pada orang dewasa, namun karena imunitas bayi masih rendah melawan infeksi, bayi menjadi lebih banyak mengalami kondisi lidah putih.

Oral thrush ini disebabkan oleh infeksi jamur ragi atau Candida albicans. Namun terkadang selain karena infeksi jamur, tumpukan susu yang tidak dibersihkan di lidah bayi juga membentuk lapisan putih. Segera bersihkan sebelum memicu terjadinya infeksi jamur. Sebenarnya kondisi ini tidak membahayakan serius pada kesehatan bayi, akan tetapi akan membuat bayi sedikit rewel.

Selain itu, dengan adanya infeksi ini biasanya akan membuat bayi enggan menerima ASI atau susu karena rasa tak nyaman, sehingga bayi akan sering menangis dan serba salah. Hal ini tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan dan daya tahan tubuh bayi sendiri sehingga harus ditangani penyembuhan masalah lidah bayi tersebut.

Penyebab Lidah Bayi Putih pada Bayi

Infeksi jamur yang terjadi pada lidah bayi yang putih dapat disebabkan oleh beberapa hal, selain faktor kebersihan juga sebagai efek samping penggunaan obat tertentu. Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi:

  • Kebersihan peralatan bayi yang kurang terjaga

Kebersihan peralatan seperti botol susu untuk yang menggunakan susu formula, peralatan yang digunakan bayi dan kebersihan tempat perlu dijaga untuk mengantisipasi keberadaan jamur sebagai penyebab infeksi. Termasuk pakaian yang digunakan bayi misalnya sarung tangan, bedung, baju dan sebagainya. Kebersihan harus diutamakan mengingat imunitas bayi masih lemah dan infeksi bakteri, jamur atau virus lebih mudah terjadi.

Bayi yang lahir dalam kondisi prematur akan rentan mengalami infeksi, termasuk jamur ragi. Bayi dengan kelahiran kurang dari 37 minggu tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, termasuk juga kondisi organ tubuhnya yang lain. Pada bayi yang lahir secara prematur, infeksi ini akan lebih sering terjadi.

  • Penggunaan antibiotik pada bayi

Untuk mengobati penyakit demam, atau masalah kesehatan lainnya, terkadang bayi diberi obat antibiotik oleh dokter. Salah satu efek samping dari penggunaan antibiotik tersebut adalah munculnya lidah putih pada bayi Anda.

Penggunaan obat antibiotik tertentu terkadang menyebabkan punahnya bakteri baik yang ada di dalam tubuh sehingga memungkin tubuh rentan mengalami serangan bakteri jahat atau jamur yang mengganggu.

Lidah putih tersebut bukan hanya membuat bayi terasa tidak nyaman dan rewel, namun juga akan ditularkan ke payudara ibu saat menyusu. Biasanya ditandai dengan rasa gatal dan tidak nyaman yang dirasakan oleh ibu.

  • Antibiotik yang digunakan ibu

Selain dari bayi, antibiotik yang digunakan ibu karena penyembuhan penyakit tertentu juga bisa memicu munculnya lidah putih pada bayi. Meskipun tidak berbahaya secara kesehatan, namun bayi akan merasakan gatal dan tidak nyaman di lidahnya sehingga enggan makan atau minum.

Cara Mengatasi Lidah Putih pada Bayi

Meskipun lidah putih pada bayi tidak membahayakan kesehatan bayi namun akan mempengaruhi keinginan bayi untuk makan dan minum. Jadi sebaiknya jika dalam beberapa hari masalah jamur tak kunjung hilang dan menimbulkan rewel pada bayi, segera berkonsultasi dengan dokter anak. Berikut ini beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk penyembuhan jamur dengan melakukan konsultasi lebih dulu pada dokter dan atas rekomendasi dokter juga:

  1. Miconazole, merupakan obat anti jamur yang berfungsi mengatasi penyakit yang disebabkan adanya infeksi jamur. Obat ini berbentuk gel yang biasanya direkomendasikan oleh dokter. Cara penggunaan obat ini cukup dioleskan ke bagian mulut bayi yang mengalami infeksi jamur. Pastikan sebelum memasukkan gel, tangan ibu dalam keadaan bersih.
  2. Niastin, merupakan obat anti jamur yang memiliki fungsi yang sama mengatasi infeksi jamur pada kulit. Obat ini berbentuk cair yang diberikan ke bagian yang terinfeksi. Biasanya diteteskan ke dalam mulut bayi dengan menggunakan pipet.
  3. Di dalam mulut bayi terkadang terdapat lapisan putih yang berasal dari susu, bersihkan lapisan tersebut menggunakan alat yang bersih untuk mengurangi tumpukan residu susu berwarna putih.
  4. Menjaga kebersihan peralatan bayi menjadi hal yang juga penting dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk infeksi di bagian lidah oleh jamur. Peralatan yang sering digunakan terutama yang sering masuk ke dalam mulut. Pastikan juga mereka yang mencium dan menyentuh bayi Anda dalam keadaan yang steril dan tidak mengalami infeksi jamur atau bakteri. Misalnya wajah yang berjerawat atau kotor hindarkan dari menyentuh bayi.
  5. Merebus botol susu yang digunakan bayi dengan air mendidih, termasuk juga merendam pakaian bayi dengan air panas untuk memastikan kebersihan jamur dan bakteri yang mungkin sebagai sumber terjadinya infeksi.

Beda Lidah Putih Bekas Susu dengan Lidah Putih Akibat Infeksi

Saat melihat lidah bayi Anda berwarna putih, tenang dulu karena belum tentu warna putih itu merupakan infeksi jamur. Bisa jadi hanya merupakan bekas residu susu yang jarang dibersihkan. Baik ASI maupun susu formula, biasanya meninggalkan bekas putih di lidah bayi. Lalu bagaimana cara membedakannya?

Pada lapisan putih yang merupakan oral thrust, biasanya bercak putih dimulai pada lapisan permukaan lidah. Selanjutnya bercak ini menyebar ke bagian dalam mulut, bahkan hingga ke gusi. Putihnya tidak bisa dihilangkan dengan mengusap, justru akan terasa sakit dan perih yang dirasakan oleh bayi. Pada bagian tepi warna putih biasanya berwarna merah muda seperti radang. Ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan bayi untuk makan dan minum. Bayangkan seperti orang dewasa yang sedang sariawan, tentu sangat mengganggu kenyamanan bayi.

Sementara pada lapisan putih yang disebabkan oleh susu, baik ASI maupun susu formula, warna putih biasanya terdapat di bagian lidah saja. Tidak menyebar kemana-mana dan mudah dihilangkan dengan menggunakan kain atau benda lembut lainnya. Segera bersihkan lapisan putih ini karena jika dibiarkan juga dapat memicu tumbuhnya jamur yang menginfeksi kulit bayi.Jagalah kebersihan makanan, peralatan, pakaian dan sebagainya yang berhubungan dengan bayi Anda.

Meskipun lidah bayi putih ini tidak berbahaya serius pada kesehatan bayi, namun jangan anggap sepele kondisi ini. Bila lebih dari tiga hari tak kunjung sembuh, segera bawa ke dokter bayi Anda. Semakin cepat melakukan penanganan tentu akan semakin baik. Biasanya bayi akan lebih rewel dan sering menangis. Kesulitan makan dan minum sehingga juga akan berpengaruh pada kesehatan dan daya tahan tubuh bayi. Segera konsultasikan kondisinya dengan dokter anak agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 3 = 7