Let’s travel together.

Penyebab dan Cara Mengobati Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

0 1

Penyebab dan Cara Mengobati Telapak Kaki Sakit saat BerjalanMerasakan telapak kaki sakit saat berjalan pasti lah tidak nyaman. Sebab, berjalan adalah aktivitas yang pasti dilakukan orang sehari-hari. Dalam keadaan tidak sibuk pun, setidaknya orang akan berjalan minimal satu kali sehari yakni ketika ia ingin menggunakan toilet. Oleh karena itu, agar nyeri di kakimu tidak membawa pada penyakit yang lebih parah, ketahuilah penyebabnya sedini mungkin supaya segera bisa melakukan pencegahan atau pengobatan awal.

Penyebab Umum Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Membuat diagnosa penyakit memang tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang yang bukan dokter. Namun, berdasarkan beberapa gejala yang kerap dibagikan orang, pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai patokan perkiraan tentang penyakit yang mungkin diderita oleh orang yang kakinya sakit ketika berjalan. Berikut adalah daftar penyebab yang bisa menjadi faktor mengapa terasa nyeri di kaki.

  1. Sering Menggunakan High Heels

High heels adalah sepatu favorit para wanita. Bentuknya yang indah dan haknya yang tinggi dapat menambahkan rasa percaya diri wanita. Jika dipadukan dengan gaun yang tidak menutupi kaki, lengan kaki orang yang menggunakan heels akan terlihat jenjang, elegan, dan menawan. Namun, ternyata heels juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh apabila digunakan dalam waktu yang lama. Posisi kaki yang tidak seimbang dan hanya menggunakan jari-jari depan sebagian tumpuan dapat mengakibatkan telapak kaki sakit saat berjalan.

  1. Salah Pilih Sepatu

Sepatu dibuat dengan berbagai macam jenis bukan hanya sebagai fashion saja, namun kegunaannya memang berbeda. Contoh, dalam hal sepatu olahraga terdapat sepatu khusus futsal, khusus sepak bola, khusus voli, khusus lari, dan sebagainya. Jika menggunakan sepatu bola untuk voli, bisa saja kamu akan terpeleset di lapangan karena bagian bawah sepatu voli harusnya terbuat dari karet yang membuatnya menjadi kesat dan tidak licin saat di lapangan. Ukuran sepatu yang tidak pas juga bisa menjadi penyebab kaki nyeri jika digunakan berjalan.

  1. Ada Mata Ikan di Kaki

Penyakit mata ikan lebih dikenal dengan kapalan. Bentuknya adalah ada bagian kulit yang menebal dan kasar yang jika dipegang bagian dalamnya seperti berongga karena tidak melekat pada daging bagian dalam. Mata ikan muncul akibat sering terjadinya gesekan antara kulit dengan benda tumpul. Biasanya ia disertai dengan rasa gatal yang jika digaruk rasanya akan semakin nyeri.

Selain tiga alasan di atas, ada penyebab lain yang lebih khusus terkait mengapa telapak kaki sakit saat berjalan. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa telapak kaki mengandung banyak syaraf yang saling berhubungan dengan organ-organ penting di dalam tubuh. Itulah mengapa pada penyembuhan tradisional, biasanya pemijatan dilakukan pada area telapak kaki.

Penyebab Khusus Telapak Kaki Sakit ketika Berjalan

Masing-masing bagian telapak kaki ternyata memiliki hubungan dengan satu organ khusus saja. Jadi, supaya diagnosanya tepat, informasinya harus detail tentang merasakan nyeri di telapak kaki sebelah mana. Langsung saja simak beberapa kemungkinan penyebab kaki nyeri di bawah ini.

  1. Masalah Pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan ada yang bisa langsung terlihat seperti sembelit dan diare. Jika penyakitnya terlihat, tentu akan mudah mencari solusinya karena tinggal minum obat saja. Namun, ada juga yang tidak terlihat oleh orang awam misalnya seperti radang usus, nyeri lambung, dan sebagainya. Nah jika mengalami nyeri di telapak kaki bagian depan tumit, mungkin ususmu ada yang terganggu.

  1. Sakit Lambung

Telapak kaki yang berhubungan dengan lambung adalah pada bagian tepi bagian dalam yang tepat berada di tengah-tengah telapak kaki. Jika ditekan dengan tangan saja sudah nyeri, bisa saja lambungmu sudah lama mengalami sakit namun kamu tidak menyadarinya.

  1. Sakit Jantung

Bila lambung ada di tepi dalam bagian tengah, jantung ada di tepi luar kaki. Letaknya berdekatan dengan telapak kaki yang berkontak dengan usus dan area jantung juga tidak selebar area organ lainnya di telapak kaki. Jadi, jangan sampai salah terka karena jantung merupakan organ yang vital.

  1. Sakit Paru-paru

Jika telapak kaki sakit saat berjalan terasanya di bagian depan dekat dengan jari-jari kaki, bisa saja paru-parumu sedang bermasalah. Sakit paru-paru biasanya akan memberikan gejala lain yang lebih terlihat seperti sesak nafas, nafas tersenggal-senggal, dan sebagainya.

Nah, supaya penyakit di atas tidak sampai ada di taraf yang serius, segeralah lakukan upaya penyembuhan sedini mungkin. Bisa saja, penyakit tersebut masih merupakan gejala sehingga tubuhmu tidak sampai terserang sakit serius hingga tak bisa disembuhkan.

Pengobatan Telapak Kaki yang Nyeri saat Berjalan

Aktivitas berjalan memang baik untuk kesehatan. Namun, jangan diforsir terus menerus terutama bila sebelumnya kamu tidak terbiasa berjalan jauh. Jika kamu baru pertama kali mencoba berjalan kaki jauh, lakukanlah pemanasan terlebih dulu supaya otot kakimu tidak tegang dan kamu akan terhindar dari kram. Bila sudah terlanjur sakit, berikut ini ada cara-cara mengobati telapak kaki sakit saat berjalan.

Telapak kaki nyeri itu perlu dipijat, supaya otot yang ada di telapak dapat rileks kembali dan tidak memberikan efek nyeri saat digunakan berjalan. Lakukan pijatan secara satu arah supaya tidak terjadi komplikasi pada otot kaki. Jika kamu tidak berpengalaman, sebaiknya datangilah tukang pijat refleksi, karena mereka sudah ahli dan mengenali letak syaraf-syaraf tubuh.

Siapkan es batu yang telah dipecah menjadi kecil-kecil, lalu bungkuslah dengan handuk lembut. Gunakan handuk dingin tersebut untuk mengompres telapak kaki dengan gerakan dari tumit menuju jari-jari. Rutinkan aktivitas ini selama 4 kali sehari di mana satu sesinya memakan waktu minimal 20 menit.

  • Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

Pilihlah alas kaki yang memiliki bantalan tebal. Jadi, walaupun kamu beraktivitas di luar rumah dalam waktu yang pajang, kakimu akan tetap merasa nyaman. Jika terpaksa harus menggunakan high heels, selalu sediakan alas kaki cadangan yang berbentuk flat dan memiliki bantalan empuk. Tujuannya supaya kamu bisa langsung berganti alas kaki ketika merasa telapak kaki sakit saat berjalan terlalu lama.

  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Untuk tips yang satu ini tentunya kamu harus mengkonsultasikannya pada dokter terlebih dulu. Obat yang direkomendasikan adalah yang mengandung pereda nyeri dan anti peradangan pada kaki. Minumlah sesuai petunjuk maka kamu akan bebas dari nyeri telapak kaki.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara mengobati telapak kaki sakit saat berjalan lengkap dengan mengenal faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Tentunya penyebab itu adalah hal pertama yang harus diketahui karena dengan begitu kamu bisa mencari solusi penanganan yang tepat. Jika berbagai percobaan pengobatan mandiri telah kamu lakukan namun nyerimu tak kunjung hilang, segeralah periksakan ke dokter karena telapak kaki adalah organ tubuh yang penting. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari serangan penyakit. Semoga berhasil .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

71 + = 81