Let’s travel together.

Pentobarbital obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Pentobarbital


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa pentobarbital?

Pentobarbital adalah obat yang termasuk dalam kelompok obat yang disebut barbiturat. Pentobarbital memperlambat aktivitas otak dan sistem saraf.

Pentobarbital digunakan jangka pendek untuk mengobati insomnia. Pentobarbital juga digunakan sebagai pengobatan darurat untuk kejang, dan menyebabkan Anda untuk tertidur saat operasi.

Pentobarbital juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara penggunaan pentobarbital?

Pentobarbital diberikan sebagai suntikan ke dalam otot atau vena. Dokter, perawat, atau penyedia layanan kesehatan Anda akan memberikan suntikan ini. Anda dapat melihat cara menyuntikkan obat Anda di rumah. Jangan menyuntikkan obat ini sendiri jika Anda tidak sepenuhnya memahami bagaimana memberikan injeksi dan membuang jarum, tabung IV, dan barang-barang lain yang digunakan dalam memberikan obat dengan benar.

Ketika disuntikkan ke pembuluh darah, pentobarbital harus diberikan perlahan-lahan.

Gunakan jarum sekali pakai hanya satu kali. Buang jarum yang telah digunakan dalam wadah anti bocor (tanyakan kepada apoteker Anda di mana Anda bisa mendapatkan satu dan bagaimana membuangnya). Simpan wadah ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan tiba-tiba menghentikan penggunaan pentobarbital setelah menggunakannya dalam jangka panjang, atau Anda bisa memiliki gejala sakau yang tidak menyenangkan. Diskusika dengan dokter Anda tentang bagaimana cara menghindari gejala sakau ketika Anda berhenti menggunakan pentobarbital.

Untuk memastikan obat ini tidak menyebabkan efek berbahaya, Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan darah secara teratur. Anda juga mungkin harus memeriksa fungsi ginjal atau hati Anda. Jangan lewatkan setiap kunjungan tindak lanjut dengan dokter Anda.

Bagaimana cara penyimpanan pentobarbital?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis pentobarbital untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Insomnia

Kapsul siap minum atau elixir: 100 mg langsung minum pada waktu tidur.

Perlengkapan Rectal: 120-200 mg dimasukan melalui saluran rektal

Injeksi: 100 sampai 200 mg IM atau IV.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Sedasi

Kapsul siap minum atau elixir: 100 mg langsung minum pada waktu tidur.

Perlengkapan rektal: 120-200 mg dimasukkan melalui saluran rektal

Injeksi: 100 sampai 200 mg IM atau IV.

Bagaimana dosis pentobarbital untuk anak-anak?

Dosis Normal Sedasi untuk Anak-Anak

Prosedural (moderat) sedasi:

Oral:

Bayi: 4 mg / kg diminum langsung diikuti oleh 2 sampai 4 mg / kg setiap 30 menit jika diperlukan

Dosis maksimum: 8 mg / kg diminum langsung

Bayi dan Anak-anak:

IM: 2 sampai 6 mg / kg

IM dosis maksimum: 100 mg

IV: Awal 1 sampai 2 mg / kg; dosis tambahan dari 1 sampai 2 mg / kg setiap 3 sampai 5 menit untuk efek yang diinginkan; biasanya dosis total yang efektif adalah 1 sampai 6 mg / kg

IV dosis maksimum: 100 mg / dosis Catatan: Pasien yang menerima terapi barbiturat secara bersamaan mungkin memerlukan dosis jumlah mg / kg lebih tinggi (hingga 9 mg / kg).

Anak-anak:

Oral, rektal:

Kurang dari 4 tahun: 3-6 mg / kg

Dosis maksimum: 100 mg

4 tahun ke atas: 1,5 sampai 3 mg / kg

Dosis maksimum: 100 mg

Remaja: IV: 100 mg sebelum prosedur

Pengurangan ICP yang meningkat:

IV: Catatan: Intubasi diperlukan; dosis harus disesuaikan berdasarkan hemodinamik, ICP, tekanan perfusi serebral, dan EEG.

Dosis rendah: Anak-anak dan Remaja: 5 mg / kg setiap 4 sampai 6 jam

Dosis tinggi pentobarbital koma:

Anak-anak dan Remaja: Loading dose 10 mg / kg lebih dari 30 menit, kemudian 5 mg / kg setiap jam selama 3 jam; pemeliharaan awal infus: 1 mg / kg / jam; menyesuaikan diri dengan mempertahankan penekanan pada EEG; Kisaran dosis pemeliharaan: 1 sampai 2 mg / kg / jam

Sedasi pada pasien dengan ICU ventilasi mekanik (yang gagal menjalani terapi standar):

IV: Bayi, Anak, dan Remaja: Loading dose 1 mg / kg diikuti dengan 1 mg / kg / jam infus. bolus tambahan pada dosis sama dengan rate per jam dapat diberikan tiap 2 jam sesuai kebutuhan. Jika lebih besar dari atau sama dengan 4 sampai 6 bolus diberikan dalam waktu 24 jam, kemudian meningkatkan tingkat pemeliharaan dengan 1 mg / kg / jam; Kisaran yang diperlukan: 1-6 mg / kg / jam (median: 2 mg / kg / jam).  Dosis meruncing dan / atau konversi ke fenobarbital lisan telah dilaporkan untuk terapi lebih lama dari atau sama dengan 5 hari.

Dosis Normal untuk Anak-Anak Dalam Status Epileptikus

Status epileptikus refrakter terhadap terapi standar:

Catatan: Diperlukan intubasi; dosis harus disesuaikan berdasarkan hemodinamik, aktivitas kejang, dan EEG.

IV:

Bayi, Anak, dan Remaja:

Dosis: 5 mg / kg

Pemeliharaan infus: Awal: 1 mg / kg / jam, dapat ditingkatkan hingga 3 mg / kg / jam (kisaran biasa: 1 sampai 3 mg / kg / jam); mempertahankan tekanan yang menyebabkan ledakan pada EEG selama 12 sampai 48 jam (tidak ada aktivitas kejang), mengerucutkan  tingkat penggunaan pentobarbital 0,5 mg / kg setiap 12 jam telah dilaporkan.

Dosis tinggi pentobarbital koma:

IV:

Bayi dan Anak-anak: Loading dose 10 sampai 15 mg / kg diberikan perlahan-lahan selama 1 sampai 2 jam; memonitor tekanan darah dan laju pernapasan.

Pemeliharaan infus: Awal: 1 mg / kg / jam; dapat ditingkatkan hingga 5 mg / kg / jam (kisaran biasa: 0,5 sampai 3 mg / kg / jam); mempertahankan tekanan ledakan pada EEG.

Catatan: Loading dose 20 sampai 35 mg / kg (diberikan selama 1 sampai 2 jam) telah digunakan pada pasien anak untuk koma pentobarbital, tetapi dosis ini lebih tinggi dan sering menyebabkan hipotensi yang membutuhkan terapi vasopressor.

Dalam dosis apakah pentobarbital tersedia?

Larutan, injeksi, natrium: 50 mg / mL (20 mL, 50 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena pentobarbital?

Cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • kebingungan, halusinasi
  • napas lemah atau pendek
  • denyut jantung yang lambat, denyut nadi lemah
  • perasaan seperti Anda akan pingsan

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • masalah dengan memori atau konsentrasi
  • kegembiraan, lekas marah, atau agresi (terutama pada anak-anak atau orang dewasa yang lebih tua)
  • kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  • mimpi buruk
  • mual, muntah, sembelit
  • sakit kepala
  • efek “mabuk” (mengantuk setelah mendapat obat).

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan pentobarbital?

Sebelum menggunakan pentobarbital,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap pentobarbital, aspirin, tartrazine (pewarna kuning di beberapa makanan olahan dan obat-obatan), atau obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat yang Anda gunakan, terutama acetaminophen (Tylenol), antihistamin, kloramfenikol (Chloromycetin), digitoksin (Crystodigin), diuretik ( ‘pil air’), doxycycline (Vibramycin), griseofulvin (Grisactin) nonprescription , obat untuk depresi atau kejang, metronidazole (Flagyl), kontrasepsi oral, propranolol (Inderal), quinidine, rifampisin, obat penenang, obat tidur, steroid (untuk asma), teofilin (Theo-Dur), obat penenang, dan vitamin
  • beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami demam atau sakit atau jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati atau ginjal, asma, hipertiroidisme, diabetes, anemia, riwayat alkoholisme atau penyalahgunaan obat, atau masalah jantung atau paru-paru
  • beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengambil pentobarbital, hubungi dokter Anda
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi jika Anda sedang mengonsumsi pentobarbital.
  • Anda harus tahu bahwa obat ini mungkin akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.

Apakah pentobarbital aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Pentobarbital diekskresikan ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Kemungkinan akumulasi barbiturat lainnya pada bayi menyusui telah dilaporkan, meskipun pentobarbital belum secara khusus terlibat. The American Academy of Pediatrics tidak menempatkan pentobarbital pada posisi formal tapi mengklasifikasikan fenobarbital sebagai obat yang memiliki “menyebabkan efek signifikan pada beberapa bayi yang disusui dan harus diberikan kepada ibu menyusui dengan hati-hati”.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan pentobarbital?

Kebanyakan laporan dari interaksi obat yang signifikan secara klinis dengan barbituret biasanya melibatkan fenobarbital. Namun, penerapan data ini untuk barbiturat lainnya sepertinya valid dan memerlukan seri dari obat yang relevan ketika ada dilakukan beberapa terapi sekaligus.

Antikoagulan: Phenobarbital menurunkan kadar plasma dari dicumarol (nama yang sebelumnya digunakan: bishydroxycoumarin) dan menyebabkan penurunan aktivitas antikoagulan yang diukur dengan waktu protrombin. Barbiturat dapat menginduksi enzim mikrosomal hati sehingga metabolisme meningkat dan terjadi penurunan respon antikoagulan antikoagulan oral (misalnya, warfarin, acenocoumarol, dicumarol, dan phenprocoumon). Pasien stabil pada terapi antikoagulan mungkin memerlukan penyesuaian dosis jika barbiturat ditambahkan atau ditarik dari rejimen dosis mereka.

Kortikosteroid: Barbiturat muncul untuk meningkatkan metabolisme kortikosteroid eksogen mungkin melalui induksi enzim mikrosomal hati. Pasien stabil pada terapi kortikosteroid mungkin memerlukan penyesuaian dosis jika barbiturat ditambahkan atau ditarik dari rejimen dosis mereka.

Griseofulvin: Phenobarbital tampaknya mengganggu penyerapan oral griseofulvin, sehingga menurunkan tingkat darah. Pengaruh resultan penurunan kadar darah griseofulvin pada respon terapi belum ditetapkan. Namun, akan lebih baik untuk menghindari pemberian obat ini. secara bersamaan .

Doxycycline: Phenobarbital telah terbukti memperpendek paruh doksisiklin selama 2 minggu setelah terapi barbiturat dihentikan.

Mekanisme ini mungkin melalui induksi enzim mikrosomal hati yang memetabolisme antibiotik. Jika fenobarbital dan doxycycline diberikan secara  bersamaan, respons klinis terhadap doxycycline harus dipantau secara ketat.

Fenitoin, natrium valproate, asam valproik: Pengaruh barbiturat pada metabolisme fenitoin tampak dalam beberapa variabel. Beberapa peneliti melaporkan efek percepatam, sementara yang lain melaporkan tidak adanya pengaruh. Karena pengaruh barbiturat pada metabolisme fenitoin tidak dapat diprediksi, phenytoin dan tingkat darah barbiturat harus dipantau lebih sering jika obat ini diberikan bersamaan. Sodium valproate dan asam valproik muncul untuk menurunkan metabolisme barbiturat. Oleh karena itu, tingkat darah barbiturat harus dipantau dan penyesuaian dosis yang tepat dibuat seperti yang telah ditunjukkan.

Depresan sistem saraf pusat: Penggunaan bersamaan depresan sentral lainnya dari sistem saraf, termasuk obat penenang lain atau hipnotik, antihistamin, obat penenang, atau alkohol, dapat menghasilkan efek adiktif depresan.

Monoamine oxidase inhibitor (MAOI): MAOI memperpanjang efek barbiturat mungkin karena metabolisme barbiturat terhambat.

Estradiol, estrone, progesteron dan hormon steroid lainnya: Pretreatment dengan atau penggunaan bersamaan fenobarbital dapat mengurangi efek dari estradiol dengan meningkatkan metabolisme. Ada laporan dari pasien yang diobati dengan obat antiepilepsi (misalnya, fenobarbital) yang mendatangkan kehamilan saat menggunakan kontrasepsi oral. Sebuah metode kontrasepsi alternatif mungkin disarankan untuk wanita yang menggunakan fenobarbital.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan pentobarbital?

Obat-obatan tertentu sebaiknya tidak digunakan pada atau sekitar waktu makan makanan atau makan jenis makanan tertentu karena interaksi dapat terjadi. Menggunakan alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan ahli kesehatan profesional Anda mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan pentobarbital?

Ada 13 interaksi penyakit dengan pentobarbital:

  • intoksikasi alkohol akut
  • ketergantungan obat
  • penyakit hati
  • porphyria
  • rash
  • depresi pernapasan
  • kardiovaskular
  • berkepanjangan hipotensi
  • adrenal insufficiency
  • depresi
  • keracunan hematologi
  • osteomalasia
  • reaksi paradoks

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/pentobarbital/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

41 − = 32