Let’s travel together.

Penciclovir Obat Apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Penciclovir


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Penciclovir digunakan?

Penciclovir adalah obat untuk mengobati cold sores/fever blisters (herpes labialis), yaitu lepuhan-lepuhan kecil di sekitar hidung wajah dan mulut akibat virus herpes simplex-1.

Obat ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi gejala (seperti kesemutan, nyeri, sensasi terbakar, gatal-gatal). Penciclovir termasuk dalam kelas obat bernama antiviral. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan virus. Obat ini tidak menyembuhkan herpes dan tidak mencegah penularan infeksi ke orang lain serta kekambuhan di hari berikutnya.

Bagaimana aturan pakai obat Penciclovir?

Gunakan obat ini pada tanda pertama infeksi (seperti kesemutan, sensasi terbakar, merah, atau luka). Cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah mengoleskan obat ini. Bersihkan dan keringkan area yang terpengaruh sebelum mengoleskan obat ini. Oleskan krim penciclovir tipis-tipis untuk menutupi semua area lepuhan atau area yang kesemutan/gatal/merah/bengkak, dan gosokkan dengan lembut. Oleskan krim setiap 2 jam (kecuali selama tidur) selama 4 hari atau sesuai dengan arahan dokter.

Gunakan hanya pada kulit. Jangan mengoleskan obat ini di dalam atau dekat mata karena dapat membuat mata iritasi. Jika mata terkena obat ini, cucilah dengan air sebanyak mungkin. Jangan gunakan obat di dalam mulut atau hidung.

Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Jangan menggunakan obat ini lebih sering atau lama dari yang diresepkan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Obat ini bekerja terbaik jika jumlah obat yang terserap oleh kulit tetap dalam level konstan. Karenanya, gunakan obat ini pada interval yang berjarak secara teratur. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan dalam waktu yang sama setiap hari.

Luka lepuhan akibat herpes dapat menyebar dengan mudah. Krim penciclovir tidak mencegah penyebaran herpes. Hindari kontak fisik dekat dengan orang lain (misalnya mencium) selama terjangkit sampai lepuhan telah sembuh sepenuhnya. Selain itu, jangan pernah mencoba menyentuh luka lepuh, dan cucilah tangan setelah menyentuhnya.

Bagaimana cara menyimpan Penciclovir?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Penciclovir?

Dalam keputusan menggunakan obat ini, risiko minum obat harus dipertimbangkan melawan manfaatnya. Ini adalah keputusan yang akan Anda dan dokter buat. Untuk obat ini, hal-hal di bawah ini harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter apabila Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu, beri tahu penyedia layanan kesehatan profesional jika Anda mengalami alergi jenis lainnya, misalnya terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk tanpa resep, bacalah label atau kemasan produk dengan teliti.

Anak-anak

Tidak ada informasi khusus yang membandingkan manfaat penciclovir topikal pada anak-anak dengan manfaat dalam kelompok umur lainnya.

Lansia

Banyak obat belum dipelajari terutama pada lansia. Karenanya, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja sama seperti pada orang dewasa muda. Tidak ada informasi khusus yang membandingkan manfaat penciclovir pada lansia dengan manfaat pada kelompok umur lainnya. Namun, obat ini telah digunakan pada pasien lansia dan belum ditemukan menyebabkan efek samping berbeda atau gangguan lainnya daripada orang dewasa muda.

Apakah obat Penciclovir aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada studi memadai pada wanita untuk menentukan risiko saat menggunakan obat ini selama hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum minum obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan B. (A = tanpa risiko, B = tanpa risiko dalam beberapa studi, C= mungkin ada beberapa risiko, D = bukti positif risiko, X = kontraindikasi, N = tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Penciclovir yang mungkin terjadi?

Efek samping serius belum dilaporkan dengan penggunaan penciclovir topikal. Efek samping yang lebih ringan lainnya mungkin lebih sering muncul. Lanjutkan penggunaan penciclovir topikal dan bicarakan dengan dokter apabila Anda mengalami:

  • Sakit kepala
  • Mati rasa atau kesemutan di tempat krim dioleskan
  • Perubahan indra perasa
  • Ruam
  • Iritasi pada tempat pengolesan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Penciclovir?

Walaupun obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sama sekali, dalam kasus lainnya dua obat berbeda boleh digunakan bersama sekalipun interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin ingin mengubah dosis, atau peringatan lainnya mungkin perlu. Beri tahu penyedia layanan kesehatan profesional jika Anda sedang minum obat resep atau tanpa resep.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Penciclovir?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu mungkin juga menyebabkan terjadinya interaksi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Penciclovir?

Adanya gangguan medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lainnya, terutama:

  • Gangguan sistem imun — tidak diketahui apakah obat ini akan bekerja dengan baik pada pasien dengan gangguan ini

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Penciclovir untuk dewasa?

Dosis biasa orang dewasa untuk herpes simplex labialis

Oleskan krim ke area yang terpengaruh setiap 2 jam saat terjaga (8 kali sehari) selama 4 hari. Mulailah pengobatan sedini mungkin, lebih baik selama fase prodromal ketika luka pertama muncul.

Berapa dosis obat Penciclovir untuk anak-anak?

Dosis biasa anak-anak untuk herpes simplex labialis

>=12 tahun: oleskan krim ke area yang terpengaruh setiap 2 jam saat terjaga (8 kali sehari) selama 4 hari. Mulailah pengobatan sedini mungkin, lebih baik selama fase prodromal ketika luka pertama muncul.

Dalam dosis dan sediaan apa Penciclovir tersedia?

Krim, eksternal: Denavir: 1% (1,5 g, 5 g) (mengandung alkohol cetostearyl, propylene glycol)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/penciclovir/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

74 + = 78