Let’s travel together.

Pemoline Obat Apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Pemoline


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Pemoline digunakan?

Pemoline adalah obat untuk menangani gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dengan merangsang sistem saraf pusat (otak dan saraf). Belum diketahui bagaimana pemoline bekerja.

Pemoline juga dapat digunakan untuk tujuan selain yang tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana aturan pakai obat Pemoline?

Gunakan obat ini persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak mengerti arahan ini, tanyakan kepada apoteker, perawat, atau dokter untuk menjelaskan petunjuk untuk Anda.

Minumlah setiap dosis dengan segelas air.

Pemoline biasanya diminum sekali sehari di pagi hari. Ikuti petunjuk dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, pemoline telah menyebabkan kerusakan hati yang parah mengakibatkan kematian atau transplantasi hati. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda mengalami mual, muntah, sakit perut, kelelahan yang tidak biasa, kehilangan nafsu makan, kulit  atau mata kuning , gatal, tinja berwarna seperti tanah liat, atau urin berwarna gelap. Gejala-gejala ini mungkin tanda-tanda awal kerusakan hati. Sebelum menggunakan pemoline, Anda akan diminta untuk mendiskusikan dengan dokter Anda risiko dan manfaat dari obat ini dan menandatangani perjanjian yang menyatakan bahwa Anda memahami risiko dan manfaat. Selain itu, dokter Anda perlu untuk memantau fungsi hati Anda dengan tes darah sebelum memulai terapi dengan pemoline dan setiap dua minggu sesudahnya.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Pemoline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Pemoline?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau bahan penyusun pada kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Tingkat pertumbuhan melambat pada anak-anak yang menerima obat-obatan seperti pemoline untuk jangka waktu yang panjang telah dilaporkan. Beberapa dokter menyarankan periode bebas obat selama pengobatan dengan pemoline untuk membantu mencegah pertumbuhan yang melambat.

Pemoline dapat membuat perilaku buruk pada anak-anak dengan penyakit mental yang serius.

Apakah obat Pemoline aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B  menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Pemoline yang mungkin terjadi?

Berikut ini adalah efek samping dalam urutan keparahan semakin menurun dalam setiap kategori terkait dengan Cylert (pemoline):

Hati: Ada laporan disfungsi hati, mulai dari kenaikan enzim hati reversibel asimtomatik untuk hepatitis, penyakit kuning dan gagal hati yang berbahaya pada pasien yang memakai Cylert (lihat PENCEGAHAN dan PERINGATAN).

Hematopoietik: Ada laporan terisolasi pada anemia aplastik.

Sistem Saraf Pusat: Efek SSP berikut telah dilaporkan dengan penggunaan Cylert (pemoline): kejang: laporan literatur menunjukkan bahwa Cylert (pemoline) dapat memicu serangan sindrom Gilles de la Tourette; halusinasi; gerakan diskinesia lidah, bibir, wajah dan ekstremitas: fungsi oculomotor abnorrnal termasuk nystagmus dan krisis oculogyric; depresi ringan; pusing; meningkatnya iritabilitas; sakit kepala; dan mengantuk.

Insomnia adalah efek samping yang paling sering dilaporkan dari Cylert (pemoline), biasanya terjadi pada awal terapi sebelum respon terapi yang optimal. Dalam sebagian besar kasus ini mereda secara alami atau merespon dengan penurunan dosis.

Gastrointestinal: Anoreksia dan penurunan berat badan dapat terjadi selama minggu-minggu pertama terapi. Dalam sebagian besar kasus ini dapat mereda secara alami; berat badan biasanya meningkat kembali dalam waktu tiga sampai enam bulan.

Mual dan sakit perut juga telah dilaporkan.

Genitourinari: Kasus asam fosfatase yang tinggi dalam hubungan dengan pembesaran prostat telah dilaporkan pada seorang pria berusia 63 tahun yang dirawat dengan Cylert (pemoline) untuk kondisi mengantuk. Asam fosfatase dinormalisasi dengan penghentian Cylert (pemoline) dan lagi-lagi meningkat dengan penggunaan kembali.

Lainnya:  Melambatnya pertumbuhan telah dilaporkan dengan penggunaan jangka panjang dari stimulan pada anak-anak. (Lihat PERINGATAN.) Ruam kulit telah dilaporkan dengan Cylert (pemoline).

Efek samping ringan muncul selama awal pengobatan dengan Cylert (pemoline) sering muncul kembali dengan dilanjutkannya pengobatan. Jika reaksi yang merugikan bersifat signifikan atau berlarut-larut, dosis harus dikurangi atau penggunaan obat dihentikan.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Pemoline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Pemoline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Pemoline?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Penyalahgunaan  atau ketergantungan obat (atau riwayat) – ketergantungan pada pemoline dapat terjadi.
  • Sindrom Gilles de la Tourette atau “tics”
  • Penyakit hati
  • Penyakit mental (parah) – Pemoline dapat membuat kondisi memburuk
  • Penyakit ginjal – tingkat pemoline lebih tinggi dalam darah dapat terjadi yang dapat meningkatkan kemungkinan efek samping

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Pemoline untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Attention Deficit Disorder

Pemoline secara sukarela ditarik dari pasar AS oleh produsen pada bulan Oktober 2005 karena kesimpulan oleh FDA bahwa risiko keseluruhan toksisitas hati dari produk pemoline melebihi manfaat dari obat ini. Berikut informasi dosis berlaku ketika obat ini tersedia di AS

Dosis awal: 37.5 mg secara oral setiap pagi.

Dosis pemeliharaan: Dapat meningkat 18,75 mg sehari pada  interval satu minggu, sampai maksimum 112,5 mg / hari. Rentang dosis efektif adalah 56,25-75 mg untuk sebagian besar pasien.

Berapa dosis obat Pemoline untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Attention Deficit Disorder

Pemoline secara sukarela ditarik dari pasar AS oleh produsen pada bulan Oktober 2005 karena kesimpulan oleh FDA bahwa risiko keseluruhan toksisitas hati dari produk pemoline melebihi manfaat dari obat ini. Berikut informasi dosis berlaku ketika obat ini tersedia di AS

<6 tahun: Keamanan dan efikasi belum diketahui.

> = 6 tahun:

Dosis awal: 37.5 mg secara oral setiap pagi.

Dosis pemeliharaan: Dapat meningkat 18,75 mg sehari pada interval satu minggu, sampai maksimum 112,5 mg/hari. Rentang dosis efektif adalah 56,25-75 mg untuk sebagian besar pasien.

Dalam dosis dan sediaan apa Pemoline tersedia?

18,75 mg tablet (putih) pada botol 100 (NDC 0074-6025-13);

37,5 mg tablet (berwarna oranye) pada botol 100 (NDC 0074-6057-13);

75 mg tablet (berwarna tan) pada botol 100 (NDC 0074-6073-13).

Cylert (pemoline)  tablet kunyah disediakan sebagai  tanlet 37,5 mg beralurmonogram (berwarna oranye) pada botol 100 (NDC 0074-6088-13).

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/pemoline/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

26 − 25 =