Let’s travel together.

Pegfilgrastim Obat Apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Pegfilgrastim


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Pegfilgrastim digunakan?

Pegfilgrastim adalah untuk membantu merangsang sumsum tulang dalam membuat sel-sel darah putih pada pasien yang tidak mampu memproduksi cukup sel darah putih untuk tubuhnya sendiri.

Sel darah putih membantu tubuh melawan infeksi. Kondisi  medis tertentu (misalnya, kanker) dan/atau obat-obatan (misalnya, kemoterapi kanker) dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih secara normal.

Pegfilgrastim adalah bentuk obat kerja lambat dari filgrastim. Obat ini disebut faktor stimulan koloni.

Bagaimana aturan pakai obat Pegfilgrastim?

Baca informasi pada pamflet kemasan untuk pasien yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan pegfilgrastim dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang suatu informasi, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Hindari mengocok obat ini karena dapat membuat obat tidak efektif.

Keluarkan obat dari lemari es 30 menit sebelum Anda menyuntikkannya agar mencapai suhu kamar.

Suntikkan obat ini di bawah kulit (subkutan) biasanya sekali selama setiap siklus kemoterapi atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis satu suntikan biasanya 6 miligram, tetapi dapat disesuaikan untuk anak-anak atau orang dewasa dengan tubuh kecil (berat badan kurang dari 100 pound atau 45 kilogram).

Jangan memberikan obat ini selama periode 14 hari sebelum 1 hari setelah kemoterapi Anda. Pemberian obat ini pada periode ini dapat meningkatkan risiko efek samping tertentu. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rinciannya.

Jika Anda memberikan obat ini untuk diri sendiri di rumah, pelajari semua persiapan dan petunjuk penggunaan dari ahli kesehatan Anda. Sebelum menggunakan obat ini, periksalah  terlebih dahulu apabila ada partikel atau perubahan warna. Jika salah satu atau kedua hal tersebut muncul, jangan menggunakan cairan obat. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis dengan aman.

Pilih tempat suntikan baru setiap kali Anda memberikan dosis Anda. Hal ini akan membantu mencegah rasa sakit. Jangan pernah menyuntikkan pegfilgrastim ke dalam kulit yang lembut, merah, memar, dan keras, atau memiliki bekas luka atau stretch mark.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Pegfilgrastim?

Simpan obat ini dalam kotaknya, tutup dengan rapat, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan pegfilgrastim di kulkas tapi jangan membekukannya. Jika Anda tidak sengaja membekukan obat ini, Anda dapat mencairkannya dalam lemari es. Namun, jika Anda membekukan obat dalam jarum suntik yang sama untuk kedua kalinya, Anda harus membuang jarum suntik itu. Pegfilgrastim dapat disimpan pada suhu kamar selama 48 jam, tetapi harus dijauhkan dari sinar matahari langsung. Buanglah semua obat yang sudah kadaluarsa atau tidak lagi diperlukan. Tanyakanlah kepada apoteker Anda tentang bagaimana cara pembuangan obat.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Pegfilgrastim?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau bahan penyusun obat pada kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek pegfilgrastim pada populasi anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum diketahui.

Orang tua

Studi yang tepat dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah khusus pada lansia yang akan membatasi kegunaan pegfilgrastim pada orang tua.

Apakah obat Pegfilgrastim aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C  menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Pegfilgrastim yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Nyeri tiba-tiba atau berat di perut bagian atas kiri menyebar ke bahu Anda
  • Pusing berat, ruam kulit, atau flushing (kehangatan, kemerahan, atau perasaan geli)
  • Napas cepat atau merasa sesak napas
  • Tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau perdarahan (mimisan, gusi berdarah), kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, sariawan, kelemahan yang tidak biasa
  • Memar, bengkak, nyeri, kemerahan, atau benjolan keras di lokasi suntikan

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • Nyeri tulang
  • Rasa sakit di lengan atau kaki
  • Memar, bengkak, nyeri, kemerahan, atau benjolan keras di lokasi suntikan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Pegfilgrastim?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersama-sama sekali, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Pegfilgrastim?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Pegfilgrastim?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Kanker sumsum tulang atau masalah sumsum tulang lainnya – Pegfilgrastim dapat membuat kanker atau masalah lain yang lebih buruk
  • Masalah hati – Keamanan obat ini pada pasien dengan masalah hati belum diteliti.
  • Penyakit paru-paru atau masalah pernapasan – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Mobilisasi peripheral blood progenitor cell (PBPC) – Penggunaan pegfilgrastim tidak dianjurkan untuk mobilisasi PBPC
  • Sepsis (infeksi serius) – Ada laporan terjadinya sindrom gangguan pernapasan akut pada pasien yang mengalami infeksi serius dan menerima obat serupa yang disebut filgrastim
  • Penyakit sel sabit – Pegfilgrastim dapat meningkatkan risiko efek samping yang tidak diinginkan

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Pegfilgastrim untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Neutropenia Terkait dengan Kemoterapi

6 mg subkutan sekali per siklus kemoterapi, mulai 24-72 jam setelah selesai kemoterapi

Berapa dosis obat Pegfilgastrim untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Neutropenia Terkait dengan Kemoterapi

Berdasarkan studi yang terbatas:

1-12 tahun: 100 mcg/kg (dosis maksimum: 6 mg) sekali per siklus kemoterapi, mulai 24-72 jam setelah selesai kemoterapi

13-18 tahun dan lebih berat dari 45 kg: 6 mg sekali per siklus kemoterapi, mulai 24-72 jam setelah selesai kemoterapi

Dalam dosis dan sediaan apa Pegfilgastrim tersedia?

Larutan, subkutan [bebas pengawet]

Neulasta: 6 mg / 0,6 mL (0,6 mL)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda ingat dosis terlewat tidak lebih dari 2 hari setelah jadwal dosis Anda, maka suntikkan dosis yang terlupa segera setelah Anda mengingatnya. Kemudian suntikkan dosis berikutnya pada hari yang dijadwalkan secara rutin pada minggu berikutnya. Jika lebih dari 2 hari telah berlalu sejak hari dimana Anda dijadwalkan untuk menyuntikkan obat, tanyakan kepada dokter atau apoteker apa yang harus Anda lakukan. Jangan menggunakan dosis ganda atau menggunakan lebih dari satu dosis dalam 1 minggu untuk mengganti dosis yang terlewat.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/pegfilgrastim/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

5 + 4 =