Let’s travel together.

Panduan Melakukan Diet Detox untuk Liver Anda

0 2

Tahukah Anda bahwa hati Anda adalah organ yang bekerja paling keras, setelah jantung? Hati memiliki tugas yang paling berbahaya, yaitu membersihkan darah dari bilirubin, amonia, dan racun-racun lainnya. Anda perlu mendetoksifikasi hati Anda secara berkala untuk menjaganya bersih dari racun. Hidup Anda akan sehat dengan hati yang sehat. Untuk itu, Anda perlu melakukan liver detox diet, untuk membantu membersihkan hati secara alami.

Kapan Anda perlu melakukan detox untuk liver Anda?

Hati Anda bekerja setiap waktu untuk mendetoksifikasi darah, menghasilkan empedu untuk mencerna lemak, memecah hormon dan menyimpan vitamin, mineral dan zat besi yang penting. Fungsi utama hati adalah membedakan nutrisi dan zat yang tidak berguna. Namun apabila hati tersumbat dan terbeban dengan racun, hati tidak dapat bekerja secara efektif untuk memproses nutrisi dan lemak, sehingga Anda akan mengalami:

  • Benjol pada perut
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman pada hati – (bagian atas perut di bawah tulang rusuk)
  • Lemak perut yang berlebih
  • Kesulitan mencerna makanan yang berlemak
  • Pengangkatan kandung empedu
  • Asam lambung
  • Bercak pada kulit atau liver spots
  • Kepanasan pada tubuh dan keringat yang berlebih
  • Jerawat atau gatal-gatal pada kulit
  • Kenaikan berat badan yang tidak beralasan dan kesulitan menurunkan berat badan, bahkan dengan membatasi asupan kalori.

Jika Anda menyadari salah satu tanda-tanda di atas, Anda mungkin memerlukan diet detox untuk liver, baik Anda mengalami penyakit pada hati atau tidak.

Bagaimana melakukan detox untuk liver?

Liver detox diet bukanlah seperti yang Anda sering dengar di iklan-iklan. Detox untuk liver adalah diet sederhana yang mengeliminasi racun dan mengandung bahan-bahan alami tanpa gula tambahan atau makanan olahan. Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan liver detox diet:

Hindari minuman beralkohol

Alkohol adalah zat yang berbahaya dan hati Anda akan menggunakan banyak energi untuk mengeluarkan alkohol dari darah Anda. Dalam proses ini, tenaga metabolisme akan digunakan, yang dapat mengakibatkan pertambahan berat badan, lesu, lelah dan rasa kantuk. Jadi, mengapa tidak hentikan saja?

Minum air putih

Apa lagi yang lebih baik dari menjaga hati Anda tetap bersih dari pada air putih? Air mengandung mineral alami jika didapatkan dari sumber yang baik, dimana karbon dan partikel klorin telah dihilangkan. Selain itu, tambahkan sedikit jus lemon pada air untuk meningkatkan zat alkali dan pembersih. Lemon dan buah sitrus lainnya mengandung vitamin C dan mineral yang tinggi, yang dapat meningkatkan fungsi tubuh dan proses pembersihan hati.

Makan makanan yang baik

Konsumsi makanan organik dan segar yang mengandung magnesium, klorofil, vitamin A dan C, serta sayuran dan buah segar. Makanan tersebut memberikan nutrisi untuk hati Anda membersihkan dan menghasilkan darah untuk meningkatkan energi pada tubuh.

Hindari lemak jahat

Hati Anda bertugas untuk menghasilkan empedu untuk memecah lemak. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda memperhatikan jenis lemak yang boleh dan tidak boleh Anda makan selama diet. Hindari lemak hewani yang dapat menyebabkan peradangan yang menyumbat arteri dan minyak sayuran (seperti jagung dan kedelai). Selain itu, Anda memiliki banyak pilihan seperti almond, kelapa, walnut, hemp, chia, flax, labu, biji bunga matahari, zaitun dan alpukat, yang merupakan sumber terbaik lemak.

Jika Anda menyadari Anda memiliki beberapa tanda dari hati yang tidak sehat, mulailah lakukan liver detox diet segera untuk memiliki hati yang sehat. Hal ini termasuk untuk mengeliminasi makanan yang tinggi gula dan lemak, serta racun lainnya. Tidak hanya hati Anda yang akan menjadi sehat, hidup Anda juga akan semakin sehat.

BACA JUGA:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 53 = 54