Let’s travel together.

Oxcarbazepine obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Oxcarbazepine


Merek:
Barzepin, Pharozepine Pharozepin, Prolepsi dan Trileptal.

Penggunaan

Untuk apa oxcarbazepine?

Oxcarbazepine adalah obat yang digunakan untuk mengobati gangguan kejang (epilepsi). Obat ini dapat digunakan dengan obat kejang lain yang ditentukan oleh dokter Anda.

Bagaimana cara penggunaan oxcarbazepine?

Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan oxcarbazepine dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Konsumsi obat ini melalui mulut, biasanya dua kali sehari. Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda (termasuk kehamilan) dan respon terhadap terapi.

Sangatlah penting untuk konsumsi semua dosis tepat waktu untuk menjaga tingkat obat tetap konstan dalam darah Anda. Konsumsi setiap dosis dengan rentang waktu yang sama. Jangan melewatkan dosis.

Jangan menghentikan konsumsi obat ini terlalu dini tanpa persetujuan dokter Anda. Penghentian dosis secara tiba-tiba dapat menyebabkan kejang.

Beri tahu dokter Anda jika kontrol kejang memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan oxcarbazepine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis oxcarbazepine untuk orang dewasa?

Monoterapi:
Inisiasi monoterapi:
Immediate-release:
Dosis awal: 300 mg oral dua kali sehari, ditingkatkan dengan menambahkan 300 mg per tiap hari ketiga sebagai indikasi klinis
Dosis pemeliharaan: 300 – 1.200 mg oral dua kali sehari
Dosis maksimum: 1.200 mg oral dua kali sehari

Perubahan ke monoterapi:
Pelepasan segera:
Dosis awal: 300 mg secara oral dua kali sehari, ditingkatkan secara bertahap hingga 600 mg per hari pada rentang waktu mingguan sebagai indikasi klinis
Dosis pemeliharaan: 300 untuk 1.200 mg per oral dua kali sehari
Dosis maksimum: 1.200 mg secara oral dua kali sehari

Terapi lanjutan:
Immediate-release:
Dosis awal: 300 mg oral dua kali sehari, ditingkatkan secara bertahap hingga 600 mg per hari pada rentang waktu mingguan sebagai indikasi klinis
Dosis pemeliharaan: 300 – 1.200 mg oral dua kali sehari
Dosis maksimum: 1.200 mg oral dua kali sehari

Extended-release:
Dosis awal: 600 mg oral sekali sehari selama satu minggu, ditingkatkan dengan pertambahan 600 mg per hari pada rentang waktu mingguan sebagai indikasi klinis
Dosis pemeliharaan: 1.200 – 2.400 mg per oral sekali sehari
Dosis maksimum: 2.400 mg per oral sekali sehari

Bagaimana dosis oxcarbazepine untuk anak-anak?

Monoterapi:
4 – 16 tahun:
Immediate-release:
Inisiasi monoterapi: 4 – 5 mg/kg diminum dua kali sehari (sampai 600 mg per hari), tingkatkan dengan 5 mg / kg per hari setiap hari ketiga sebagai indikasi klinis
Perubahan ke monoterapi: 4 – 5 mg/kg secara oral dua kali sehari (sampai 600 mg per hari), tingkatkan sampai 10 mg/kg per hari pada rentang waktu mingguan sebagai indikasi klinis

Dosis pemeliharaan:
Berat badan:
20 kg: 300-450 mg oral dua kali sehari
25 – 30 kg: 450-600 mg oral dua kali sehari
35 – 40 kg: 450-750 mg oral dua kali sehari
45 kg: 600-750 mg secara oral dua kali sehari
50 – 55 kg: 600-900 mg oral dua kali sehari
60 – 65 kg: 600 untuk 1.050 mg oral dua kali sehari
70 kg: 750 untuk 1.050 mg oral dua kali sehari

Terapi tambahan:
2 – 4 tahun:
Immediate-release:
dosis awal:
Berat badan:
20 kg atau lebih: 4 – 5 mg / kg oral dua kali sehari (sampai 600 mg per hari)
<20 kg: 8 – 10 mg / kg oral dua kali sehari
Dosis maksimum: 30 mg/ kg oral dua kali sehari


4-16 tahun:
Immediate-release:
dosis awal: 4 – 5 mg/kg diminum sekali sehari dua kali sehari (sampai 600 mg per hari)
Dosis pemeliharaan:
Berat badan:
20-29 kg: 900 mg oral per hari
29,1-39 kg: 1.200 mg oral per hari
>39 kg: 1.800 mg oral per hari


6-17 tahun:
Extended-release:
dosis awal: 8 – 10 mg/kg (sampai 600 mg) diminum sekali sehari, ditingkatkan 8 – 10 mg/kg per hari (hingga 600 mg) pada rentang mingguan jika ada indikasi klinis
Dosis pemeliharaan:
Berat badan:
20-29 kg: 900 mg oral sekali sehari
29,1-39 kg: 1.200 mg oral sekali sehari
>39 kg: 1.800 mg oral sekali sehari

Dalam dosis apakah oxcarbazepine tersedia?

Suspensi, oral: 300 mg / 5 ml (250 ml)
Tablet 150 mg; 300 mg; 600 mg;

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena oxcarbazepine?

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki tanda-tanda ini dari reaksi alergi: kesulitan bernafas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan.

Oxcarbazepine dapat mengurangi sodium dalam tubuh Anda menjadi tingkat yang sangat rendah, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang dapat mengancam hidup Anda. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami sakit kepala, sulit berkonsentrasi, masalah memori, kelemahan, kehilangan nafsu makan, merasa goyah, kebingungan, halusinasi, pingsan, napas pendek, dan/atau peningkatan atau kejang lebih parah.

Laporkan gejala baru atau gejala yang semakin buruk pada dokter Anda, seperti: suasana hati atau perilaku perubahan, depresi, kecemasan, atau jika Anda merasa gelisah, agresif, cemas, hiperaktif (mental atau fisik), atau memiliki pikiran tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • kejang meningkat
  • kelenjar bengkak, demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, luka di mulut dan tenggorokan
  • mudah memar, tidak biasa perdarahan (hidung, mulut, vagina, atau− dubur), ungu atau merah pinpoint bintik-bintik di bawah kulit Anda
  • kesemutan parah, mati rasa, nyeri, otot lemas
  • kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak ada sama sekali
  • nyeri dada, batuk kering, mengi, merasa sesak napas
  • sakit perut, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja tanah liat berwarna, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • reaksi pada kulit – demam, sakit tenggorokan, pembengkakan di wajah Anda atau lidah, terbakar di mata Anda, sakit kulit, diikuti dengan ruam kulit yang merah atau ungu yang menyebar, terutama di wajah atau tubuh bagian atas, menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Efek samping yang lebih ringan, termasuk:

  • sakit kepala, kelambatan mental, kesulitan berkonsentrasi
  • sulit berbicara, menjaga keseimbangan, atau berjalan
  • pusing, mengantuk, perasaan lelah
  • mual ringan, muntah, sakit perut, diare
  • penglihatan kabur, penglihatan ganda
  • tremor atau gemetar; atau
  • ruam pada kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan oxcarbazepine?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaat dari obat ini sendiri. Ini adalah keputusan yang disepakati Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, hal berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak–anak

Penelitian yang dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah spesifik pada anak yang akan membatasi kegunaan oxcarbazepine suspensi atau tablet pada anak-anak usia 2 tahun dan lebih tua.

Penelitian yang dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah spesifik pada anak yang akan membatasi kegunaan oxcarbazepine tablet perpanjangan pelepasan pada anak-anak usia 6 tahun dan lebih tua. Namun, penggunaan tablet perpanjangan pelepasan tidak dianjurkan pada anak-anak muda dari usia 6 tahun.

Lansia

Penelitian yang dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan oxcarbazepine pada orang tua. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal yang berkaitan dengan usianya, yang mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima oxcarbazepine

Apakah oxcarbazepine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan oxcarbazepine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter

Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memberi Anda obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang Anda ambil.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Apixaban
  • Aripiprazole
  • Bosutinib
  • Citalopram
  • Clarithromycin
  • Clozapine
  • Cobicistat
  • Dolutegravir
  • Doxorubicin
  • Doxorubicin Hydrochloride Liposome
  • Eliglustat
  • Elvitegravir
  • Enzalutamide
  • Hydrocodone
  • Ifosfamide
  • Ivabradine
  • Ketorolac
  • Ledipasvir
  • Naloxegol
  • Netupitant
  • Nifedipine
  • Orlistat
  • Perampanel
  • Sertraline
  • Simeprevir
  • Sofosbuvir
  • Tolvaptan

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Carbamazepine
  • Desogestrel
  • Dienogest
  • Drospirenone
  • Estradiol Cypionate
  • Estradiol Valerate
  • Ethinyl Estradiol
  • EthynodiolDiacetate
  • Etonogestrel
  • Felodipine
  • Fosphenytoin
  • Ginkgo
  • Lamotrigine
  • Levonorgestrel
  • Medroxyprogesterone Acetate
  • Mestranol
  • Norelgestromin
  • Norethindrone
  • Norgestimate
  • Norgestrel
  • Ospemifene
  • Phenobarbital
  • Phenytoin
  • Simvastatin
  • Valproic Acid
  • Verapamil

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan oxcarbazepine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan oxcarbazepine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • hiponatremia (natrium rendah dalam darah) -Gunakan dengan hati-hati. Mungkin dapat membuat kondisi menjadi lebih buruk
  • penyakit ginjal-Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena eksresi obat dari tubuh berjalan lebih lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/oxcarbazepine/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

33 − = 31