Let’s travel together.

Orang dengan Pinggang Besar Lebih Berisiko Tidak Panjang Umur

0 3

Sebuah studi baru mengatakan bahwa pria dan wanita yang memiliki pinggang besar, lebih tinggi risikonya untuk tidak panjang umur. Studi ini juga menemukan bahwa kelebihan lemak di sekitar tubuh bagian tengah dapat meningkatkan risiko kematian dini, bahkan pada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan.

Orang dengan lingkar pinggang besar berisiko terkena sakit jantung

Eric J. Jacobs, PhD, dan rekan timnya di American Cancer Society meneliti hubungan antara lingkar pinggang dan risiko kematian pada 48.500 pria dan 56.343 wanita yang berusia 50 tahun ke atas. Sebelumnya, semua peserta telah menyelesaikan survei yang dikirim melalui pos mengenai faktor demografi, masalah medis dan perilaku, serta memberikan informasi tentang berat dan lingkar pinggang selama tahun 1990-an.

Mereka menemukan bahwa seseorang dengan pinggang berukuran 118 cm untuk pria dan 90 cm untuk wanita lebih berisiko cepat meninggal dibanding orang yang lebih kurus. Hasilnya, ukuran pinggang besar lebih berisiko tinggi untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan dan bahkan kanker, pada setiap ukuran indeks massa tubuh. Artinya risiko Anda tetap akan meningkat akibat lingkar pinggang besar, bahkan jika Anda tidak gemuk.

Wanita dengan pinggang besar juga lebih rentan terkena kanker

Selain itu, periset yakin bila ukuran pinggang yang besar dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi di antara semua ukuran BMI (indeks massa tubuh). Hal itu termasuk juga pada orang dengan berat badan normal maupun orang-orang yang kelebihan berat badan. Penelitian lain juga menyatakan bahwa laki-laki dan wanita dengan lingkar pinggang melebihi normal, cenderung memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol total dan kadar trigliserida tinggi, serta kolesterol baik (HDL) rendah.

The Shanghai Women’s Health Study juga membuktikan hal yang sama yaitu, risiko kematian dan terkena penyakit kanker lebih tinggi pada wanita dengan lingkar pinggang yang tidak normal, walaupun wanita tersebut memiliki indeks massa tubuh normal (tidak gemuk).

Dan yang lebih mengejutkan lagi, untuk para wanita, terdapat hubungan antara ukuran pinggang dan kematian sangat kuat pada mereka yang berat badannya normal. Periset mengatakan alasannya tidak jelas dan butuh studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

Berapa ukuran lingkar pinggang yang normal?

American Heart Association National Heart serta Lung and Blood Institute menetapkan ukuran lingkar pinggang yang sehat pada wanita yaitu lebih kecil dari 88 cm, sedangkan pada laki-laki lebih kecil dari 102 cm. Melebihi dari angka tersebut dapat dikatakan memiliki perut buncit atau obesitas sentral.

Pada orang yang memiliki berat badan normal namun lingkar pinggang yang besar, maka ia memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit dibandingkan dengan orang dengan lingkar pinggang yang normal.

Bagaimana mengecilkan pinggang yang berukuran besar?

Dari semua bahaya di atas, Anda hanya perlu melakukan pola hidup sehat untuk mencegah bahaya tersebut. Selalu konsumsi makanan yang rendah kalori, rendah lemak serta tinggi serat. Kurangi makan-makanan yang terlalu banyak garam dan gula.

Perbanyak makan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dibandingkan dengan makanan tinggi lemak jenuh. Dan penting juga untuk melakukan olahraga rutin dengan intensitas sedang, setidaknya 30 menit per hari. Anda bisa berolahraga seperti jalan cepat, berlari, atau bahkan sekadar berenang 2 kali dalam seminggu guna mengurangi lemak di dalam tubuh.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

46 − = 43