Let’s travel together.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

0 1

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan AmanSakit gigi ketika hamil bukan suatu hal yang menyenangkan, di sisi lain Anda harus memperhatikan mana obat sakit gigi untuk ibu hamil yang betul-betul aman. Akibat perubahan hormon, pada waktu hamil tubuh Anda mengalami banyak perubahan yang bermakna, mulai dari mual muntah di awal-awal masa kehamilan (meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya), penambahan berat badan, dan mudah lelah. Perubahan penting lain yang terjadi ketika Anda hamil adalah peningkatan resiko untuk mengalami peradangan pada gusi serta peningkatan kemungkinan untuk mengalami gigi berlubang, yang memicu timbulnya sakit gigi.

Betul bahwa ada banyak hal yang harus dilakukan ketika hamil (mulai dari persiapan persalinan dan perawatan bayi hingga menjaga kesehatan selama hamil itu sendiri). Akan tetapi dengan memperhatikan alasan di atas, perawatan gigi dan gusi juga harus menempati prioritas tersendiri ketika hamil.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui cara apa saja yang dapat dilakukan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil. Apa yang menyebabkan sakit gigi selama kehamilan juga akan dibahas, agar Anda dapat melakukan langkah-langkah pencegahan lebih lanjut.

Sebelum Mengetahui Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil, Mari Berkenalan Dulu dengan Penyebab Sakit Gigi

Pembengkakan dan peradangan pada gusi serta gigi berlubang adalah penyebab sakit gigi yang umum terjadi pada masa kehamilan. Ada beberapa hal yang dapat memicu kedua masalah tersebut, sehingga Anda bisa memahami mengapa sakit gigi bisa terjadi semasa hamil.

Pengaturan diet Anda mungkin berbeda semasa hamil. Bisa jadi Anda meminum lebih banyak susu dan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung gula.

Mual dan muntah yang dirasakan ibu hamil, atau yang biasa disebut morning sickness, berhubungan dengan terjadinya sakit gigi. Ketika Anda muntah, asam lambung dapat naik dari lambung ke rongga mulut dan dapat mengenai gigi. Lapisan gigi yang sering terpapar asam lambung dapat mengalami pengeroposan, yang memicu gigi berlubang, sehingga menyebabkan sakit gigi pada saat hamil.

Ibu hamil perlu mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Jika asupan kalsium tidak mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari gigi Anda yang menyebabkan lapisan enamel gigi mengalami demineralisasi. Proses pengeroposan gigi ini yang nantinya menimbulkan sakit gigi pada masa hamil.

  • Kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ibu hamil lebih peka terhadap bau dan rasa, tidak terkecuali dengan bau dan rasa dari pasta gigi (mereka menjadi lebih tidak tahan terhadap bau dan rasa dari pasta gigi). Sebagai konsekuensinya, mereka lebih jarang menggosok gigi. Hal inilah yang meningkatkan resiko terjadinya gigi berlubang yang menimbulkan sakit.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil dari Bahan yang Dapat Anda Temukan di Rumah

Kondisi Anda yang sedang hamil menuntut tidak bisa menerima penggunaan sembarang obat (ibuprofen dan aspirin tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil), karena dikhawatirkan membawa efek samping yang tidak diinginkan pada janin dalam kandungan Anda. Sangat penting untuk menyampaikan pada dokter gigi Anda bahwa Anda tengah mengandung, agar dokter gigi dapat memberikan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman baik itu obat pereda nyeri maupun antibiotik bila diperlukan.

Ada pula obat tradisional dari bahan alam yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri sakit gigi Anda. Namun perlu diingat bahwa obat-obatan tradisional tersebut hanya mampu meringankan gejala, bukan menyingkirkan penyebab timbulnya sakit gigi, sehingga memeriksakan diri ke dokter gigi tetap harus dilakukan untuk menghilangkan penyebabnya sampai tuntas.

Obat sakit gigi untuk ibu hamil dari bahan dan cara alami sebenarnya tidak berbeda dari obat sakit gigi biasa (ketika Anda tidak sedang hamil), seperti yang dapat Anda simak berikut ini:

Minyak cengkeh atau cengkeh segar dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil, yang fungsinya untuk meredakan nyeri. Celupkan cotton bud dalam minyak cengkeh, lalu oleskan pada gigi yang sakit. Atau untuk lebih sederhananya Anda juga bisa mengunyah cengkeh segar secara langsung agar kandungan minyaknya langsung keluar dan mengenai gigi yang sakit. Cengkeh tidak hanya mampu meredakan rasa nyeri, namun juga berguna sebagai antiseptik yang dapat meredakan beberapa gejala infeksi yang berhubungan dengan gigi berlubang.

Anda mungkin tidak suka dengan baunya, apalagi memakannya mentah-mentah. Namun sayangnya (atau untungnya?), bawang putih adalah apa yang Anda butuhkan ketika sakit gigi mendera. Kunyah bawang putih mentah-mentah. Bawang putih mengandung zat yang disebut allicin, yang merupakan bahan antibiotik alami yang dapat secara langsung menyerang bakteri penyebab infeksi gigi.

Mengunyah bawang bombay selama beberapa menit, tentunya dalam kondisi mentah, dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit gigi. Jika Anda kesulitan mengunyah, letakkan seiris bawang bombay di atas gigi yang sakit. Getah yang keluar dari irisan bawang bombay tersebut yang akan membantu meringankan sakit gigi Anda.

Anda mungkin telah familiar dengan manfaat bayam untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, karena tingginya kandungan zat besi di tiap-tiap helai daunnya. Tanpa disangka, ternyata bayam pun dapat dikonsumsi menjadi obat sakit gigi untuk ibu hamil yang manjur. Caranya adalah, kunyah langsung bayam untuk meredakan nyeri. Jika Anda tidak tahan rasa pahitnya, tumbuk beberapa helai daun bayam untuk membuat semacam pasta lalu oleskan di atas gigi yang sakit.

Getah dari daun jambu dapat meredakan nyeri yang ditimbulkan dari sakit gigi. Seperti halnya bahan alami lainnya, Anda dapat mengunyah daun jambu secara langsung. Anda juga dapat merendam daun jambu dalam larutan air panas yang sudah diberi garam dan menggunakan airnya untuk berkumur. Ketika Anda berkumur, pastikan air yang sudah mengandung garam dan getah daun jambu tersebut sudah menyentuh gigi yang sakit dengan sempurna.

Jika tidak tersedia daun jambu di rumah, air dan garam tanpa campuran apapun dapat Anda gunakan untuk mengobati gigi yang sakit. Ini adalah cara tradisional untuk mengobati sakit gigi yang paling sederhana. Campurkan sedikit garam ke dalam air hangat suam-suam kuku. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur (sesudah makan atau sesudah menggosok gigi), untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dan meredakan nyeri yang timbul akibat sakit gigi.

  • Menjauhi makanan dan minuman manis

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis ketika Anda hamil. Tidak hanya makanan dan minuman manis tersebut dapat memicu timbulnya diabetes selama kehamilan, namun juga mempercepat pembentukan plak pada gigi yang membuat sakit gigi menjadi semakin parah.

Demikian artikel tentang obat sakit gigi untuk ibu hamil berikut faktor-faktor yang berpotensi menjadi penyebabnya. Selamat menjaga kesehatan gigi (dan juga kesehatan janin) Anda dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

20 + = 28