Let’s travel together.

Obat Kolesterol Tradisional yang Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol

0 1

Obat Kolesterol Tradisional yang Ampuh Menurunkan Kadar KolesterolObat kolesterol tradisional dipercaya sebagai alternatif terbaik untuk mengatasi dan mencegah penyakit kolesterol. Sebagai informasi, kolesterol merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya konsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Faktor lain yang juga menyebabkan kolesterol adalah kurangnya olahraga sehingga lemak tak dapat diproses dengan baik oleh tubuh.

Ada banyak penyakit yang dapat muncul karena tingginya kadar kolesterol tubuh yakni penyakit jantung, obesitas, kanker, dan diabetes. Untuk itulah, menjaga kesehatan tubuh sejak dini dengan gaya hidup sehat harus diperhatikan. Berbicara mengenai kolesterol, ada beberapa obat kolesterol tradisional yang berkhasiat menurunkan kolesterol. Apa sajakah itu?

Obat Kolesterol Tradisional yang Mudah Didapatkan

Dengan perkembangan teknologi medis seperti sekarang, sudah banyak obat yang dapat menurunkan kolesterol. Meski demikian, tak sedikit orang yang memilih obat kolesterol dari bahan tradisional. Mengapa? Karena obat tradisional terbukti khasiatnya. Selain itu, tak ada campuran bahan kimia di dalam obat tradisional sehingga lebih sehat untuk tubuh. Berikut ini beberapa contoh obat kolesterol yang dapat dicoba.

Bawang putih dikenal memiliki kandungan antibiotik yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja, terdapat kandungan glukosinates yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bawang putih juga mampu meredakan penyakit lain yang disebabkan oleh kolesterol seperti tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, dan plak pada arteri.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat kolesterol tradisional adalah dengan mengonsumsi 3 hingga 4 siung bawang putih setiap hari. Setelah itu, jangan lupa meminum air putih untuk mengurangi resiko dehidrasi serta menghilangkan rasa bawang putih yang masih menempel di mulut.

Tak hanya bawang putih saja, ternyata bawang merah juga berkhasiat untuk mengurangi kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Bawang merah banyak digunakan di China sebagai obat kolesterol karena kandungan flavonoid serta quercetin pada bumbu masakan ini.

Berbeda dengan bawang putih, cara mengonsumsi bawang merah adalah dengan menjadikannya sebagai lalapan. Iris bawang merah tipis-tipis dan jadikan pelengkap masakan. Dalam pengolahan bawang putih sebagai pelengkap masakan, akan lebih baik apabila bawang merah direbus agar kadar quercetin dan flavonoid di dalamnya tidak hilang.

Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi nasi sebagai menu sarapan seolah menjadi hal yang wajib dilakukan. Tak berhenti sampai di situ, lauk yang mengandung banyak lemak pun tak luput dikonsumsi. Untuk penderita kolesterol, kebiasaan ini harus dihentikan. Dalam memenuhi asupan energi, mengganti nasi dengan sereal gandum adalah langkah paling tepat.

Gandum memiliki kandungan serat tinggi yang berkhasiat mencukupi serat harian tubuh serta efektif dalam menurunkan kadar lemak. Tak heran banyak orang yang menggunakan gandum sebagai obat kolesterol alami. Cara mengonsumsi sereal gandum pun cukup mudah. Cukup tambahkan susu rendah lemak dalam satu mangkuk sereal gandum di pagi hari.

Obat kolesterol tradisional yang selanjutnya adalah rebusan air ketumbar. Seperti halnya bawang merah, ketumbar dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tak hanya itu, rebusan air ketumbar juga dapat membantu proses alami penyerapan gula secara optimal sehingga resiko terserang diabetes dapat ditekan.

Untuk mendapatkan rebusan air ketumbar, pertama masaklah dua sendok ketumbar dalam segelas air mendidih. Saring air tersebut dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan tradisional ini pada pagi hari untuk mendapatkan khasiatnya.

Bahan alami lain yang dapat dijadikan sebagai obat kolesterol adalah minyak ikan salmon. Tak hanya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, minyak ikan salmon juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti demensia, diabetes, dan pencegahan penyakit jantung.

Pada minyak ikan salmon, terdapat kandungan omega 3 berguna untuk menurunkan kadar gula tinggi bagi pengidap diabetes. Untuk mendapatkan minyak ikan salmon tidaklah mudah. Namun saat ini sudah banyak suplemen minyak ikan salmon yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Apabila Anda memilih minyak ikan salmon dalam bentuk suplemen, cukup konsumsi suplemen tersebut setiap pagi dan sore hari.

Minyak zaitun terkenal sebagai obat kesehatan dan kecantikan. Di dunia medis sendiri, minyak zaitun berkhasiat sebagai obat kolesterol alami karena kandungan asam lemak trans monoenoic di dalamnya. Konsumsi minyak zaitun secara rutin dapat mengurangi terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Dengan kata lain, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat diet alami.

Untuk mengonsumsi minyak zaitun, tentu saja tak harus diminum langsung namun dapat dicampurkan pada salad atau bahan masakan lain. Oleh karena itulah, tak perlu ragu mengganti minyak sayuran menggunakan minyak zaitun.

Bahan alami lain yang dapat dijadikan sebagai obat kolesterol adalah bayam. Bayam dikenal sebagai sayuran yang tinggi zat besi yang berkhasiat meningkatkan produksi sel darah merah. Tak hanya itu saja, ternyata bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi untuk menyerap kolesterol dan plak pada arteri. Dengan demikian, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga dari kolesterol tinggi.

Cara mengonsumsi bayam adalah dengan merebusnya dengan campuran sayuran lain seperti wortel. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk mereka yang menderita asam urat, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi bayam.

Apabila teh hijau sangat cocok digunakan untuk diet, maka teh hitam memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Tak hanya itu saja, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa teh hitam juga dapat mencegah penyakit kanker. Meski demikian, konsumsi teh hitam harus dibarengi dengan gaya hidup sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari obat kolesterol tradisional ini, cukup minum teh hitam tanpa gula pada sore dan pagi hari.

Bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat selanjutnya adalah alpukat. Hal ini karena terdapat kandungan beta sitosterol yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan kadar lemak yang terlalul tinggi dalam tubuh. Untuk mengonsumsi alpukat, dapat dimakan secara langsung atau dengan dijadikan jus buah alpukat.

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk tubuh serta membantu kadar kolesterol. Jenis kacang-kacangan yang dimaksud adalah kacang almond, pinto, kenari, dan pecan. Kandungan sterol dan serat inilah berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Itulah beberapa obat tradisional kolesterol yang dapat dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Meski demikian, ada beberapa cara untuk mencegah kolesterol. Pertama, jaga pola makan dan gaya hidup. Kedua hal ini saling berhubungan. Untuk pola makan, hindari konsumsi makan makanan berlemak. Sedangkan gaya hidup sehat yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga dan menghindari kebiasaan buruk merokok dan meminum minuman beralkohol.

Kedua, perbanyak konsumsi sea food. Ikan yang mengandung omega 3 dapat membantu menguras kolesterol secara total. Contohnya adalah sarden, tuna, dan salmon. Tak heran banyak yang menggunakan jenis ikan tersebut sebagai obat tradisional untuk kolesterol. Semoga bermanfaat .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 4 = 3