Let’s travel together.

Nitrofurantoin obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Nitrofurantoin


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Nitrofurantoin?

Nitrofurantion adalah obat yang digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi saluran kemih tertentu.

Nitrofurantion adalah antibiotik yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus (misalnya, pilek, flu). Penggunaan antibiotik apapun yang tidak perlu atau berlebihan dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

Nitrofurantoin tidak boleh digunakan pada anak-anak berusia kurang dari satu bulan karena risiko terjadinya masalah darah tertentu (anemia hemolitik).

Bagaimana cara penggunaan Nitrofurantoin?

Konsumsi obat ini dengan makanan atau susu, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Obat ini biasanya digunakan empat kali sehari untuk mengobati infeksi atau sekali saat waktu tidur setiap hari untuk mencegah infeksi. Telanlah seluruh obat. Hindari penggunaan antasida yang mengandung magnesium trisilikat saat menggunakan obat ini. Antasida tersebut dapat mengikat nitrofurantoin dan mencegah penyerapan secara penuh.

Dosis dan durasi pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Untuk anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan.

Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, minum obat ini secara teratur.

Saat menggunakan obat ini untuk mencegah infeksi, gunakan persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan melewatkan dosis atau berhenti minum tanpa persetujuan dokter Anda. Informasikan dokter Anda jika Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi saluran kemih baru (misalnya, nyeri saat buang air kecil).

Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati infeksi, terus minum obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis, bahkan jika gejala telah hilang setelah beberapa hari. Penghentian pengobatan terlalu dini memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan infeksi kambuh kembali. Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Nitrofurantoin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Nitrofurantoin untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Cystitis

Dosis reguler: 50 sampai 100 mg secara oral 4 kali sehari selama 1 minggu atau setidaknya 3 hari setelah terjadinya sterilitas urin.

Dosis ganda: 100 mg secara oral dua kali sehari selama 7 hari.

Dosis Dewasa Biasa untuk Cystitis Profilaksis

Dosis reguler: 50 sampai 100 mg secara oral sekali sehari pada waktu tidur.

Bagaimana dosis Nitrofurantoin untuk anak-anak?

Dosis anak-anak biasa untuk Cystitis

Dosis reguler:

1 bulan atau lebih tua: 5-7 mg / kg / hari (sampai 400 mg / hari) secara oral dibagi dalam 4 dosis.

Dosis ganda:

Lebih dari 12 tahun: 100 mg secara oral dua kali sehari selama 7 hari.

Dosis anak-anak biasa untuk Cystitis Profilaksis

Dosis reguler:

1 bulan atau lebih tua: 1-2 mg / kg / hari (hingga 100 mg / hari) secara oral yang dibagi dalam 1 sampai 2 dosis.

Dalam dosis apakah Nitrofurantoin tersedia?

Kapsul, Oral: 25 mg, 75 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Nitrofurantoin?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan.

Hentikan menggunakan Nitrofurantoin dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • diare  yang berair atau berdarah
  • sesak napas karena kehabisan napas dengan mudah
  • nyeri tiba-tiba  pada dada atau ketidaknyamanan, bengek, batuk kering atau berdahak
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • neuropati perifer. Mati rasa, kesemutan, atau nyeri di tangan atau kaki
  • mual, nyeri perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • kulit pucat, mudah memar, kebingungan atau kelemahan
  • warna pada kulit yang tidak merata, bintik-bintik merah, atau melepuh parah, mengelupas, dan ruam kulit berwarna merah
  • sakit kepala parah, berdengung di telinga, pusing, gangguan penglihatan, dan nyeri di belakang mata Anda

Efek samping yang tidak begitu serius mungkin termasuk:

  • sakit perut, muntah
  • diare ringan
  • urin keruh atau berwarna kecoklatan
  • vagina gatal atau keluar cairan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Nitrofurantoin?

Sebelum menggunakan Nitrofurantoin,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap nitrofurantoin, obat-obatan lain, atau salah satu bahan dalam kapsul atau sirup nitrofurantoin. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk daftar bahan penyusun obat tersebut
  • beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: antikoagulan lain seperti Antasid, antibiotik, benztropine (Cogentin), diphenhydramine (Benadryl), probenesid (Benemid), dan trihexyphenidyl (Artane). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping
  • beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami anemia, penyakit ginjal, penyakit paru-paru, kerusakan saraf, atau defisiensi dehidrogenase glukosa-6-fosfat (G-6-PD) (penyakit darah keturunan)
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan nitrofurantoin, hubungi dokter Anda. Nitrofurantoin tidak boleh digunakan oleh perempuan pada bulan terakhir kehamilan
  • bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan yang aman dari obat ini jika Anda berusia 65 tahun atau lebih tua. Biasanya orang dewasa yang lebih tua tidak boleh menggunakan nitrofurantoin karena tidak aman seperti obat-obatan lain yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang sama
  • Anda harus tahu bahwa obat ini mungkin akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini bereaksi terhadap Anda
  • tanyakan kepada dokter Anda tentang penggunaan yang aman dari alkohol saat Anda menggunakan obat ini. Alkohol dapat membuat efek samping dari nitrofurantoin menjadi lebih buruk
  • Hindari paparan sinar matahari yang tidak perlu atau lama terhadap dan gunakan pakaian pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya. Nitrofurantoin dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari

Apakah Nitrofurantoin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Nitrofurantoin dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bagi bayi yang menyusui. Anda tidak boleh menyusui saat Anda menggunakan obat ini..

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Nitrofurantoin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Nitrofurantoin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Nitrofurantoin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • anemia
  • diabetes mellitus  
  • ketidakseimbangan mineral dalam darah
  • kekurangan vitamin B. Dapat meningkatkan kemungkinan efek samping
  • diare
  • penyakit hati  
  • penyakit paru-paru. Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • kekurangan dehidrogenase glukosa-6-fosfat (G6PD) (masalah enzim dalam sel darah merah). Mungkin menyebabkan anemia hemolitik (sel darah merah yang hancur) pada pasien dengan kondisi ini
  • penyakit ginjal (bukan infeksi). Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena pembersihan obat yang lambat dari tubuh
  • penyakit ginjal berat
  • penyakit  hati dan ada riwayat dengan obat ini
  • masalah buang air kecil (misalnya, tidak dapat buang air kecil atau penurunan jumlah urin). Tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/nitrofurantoin/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

76 − = 66