Let’s travel together.

Nicotine obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Nicotine


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Nicotine?

Nikotin adalah obat dengan fungsi untuk membantu Anda berhenti merokok dengan cara mengganti Nikotin dalam rokok. Nikotin dalam tembakau merupakan bagian penting dari kecanduan rokok. Ketika Anda berhenti merokok, kadar nikotin Anda turun dengan cepat. Penurunan ini dapat menyebabkan gejala sakau seperti mengidam tembakau, gugup, lekas marah, sakit kepala, naiknya berat badan, dan kesulitan berkonsentrasi. Penggunaan inhaler dapat menggantikan kebiasaan merokok.

Berhenti merokok itu sulit dan kunci untuk sukses adalah ketika Anda siap dan telah membuat komitmen untuk berhenti merokok. Produk pengganti nikotin merupakan bagian dari program berhenti merokok total yang meliputi perubahan perilaku, konseling, dan dukungan. Merokok menyebabkan penyakit paru-paru, kanker, dan penyakit jantung. Berhenti merokok adalah salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda dan hidup lebih lama.

Bagaimana cara penggunaan Nicotine?

Berhenti merokok sepenuhnya saat menggunakan produk Nikotin ini penting untuk dilakukan. Masukkan selongsong ke corong dan hirup obat dengan cara mengisap corong dengan cepat untuk empat sesi 5 menit atau terus-menerus selama sekitar 20 menit. Meski menggunakan inhaler seperti merokok, Anda tidak perlu menarik napas dengan dalam seperti saat Anda merokok. Obat ini bekerja di mulut dan tenggorokan, tidak di paru-paru.

Hindari makanan dan minuman asam (misalnya, buah jeruk, kopi, jus, minuman berkarbonasi) selama 15 menit sebelum menghirup obat ini.

Setelah menggunakan inhaler untuk total 20 menit, keluarkan selongsong yang digunakan dan buang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Corong dapat digunakan kembali. Bersihkan dengan sabun dan air.

Ketika Anda berhenti merokok, mulailah menggunakan selongsong nikotin setiap kali Anda ingin merokok. Biasanya, Anda akan menggunakan setidaknya 6 selongsong setiap hari untuk 3 sampai 6 minggu pertama atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan menggunakan lebih dari 16 selongsong dalam sehari. Dokter Anda mungkin mengarahkan Anda untuk menggunakan produk ini pada jadwal yang teratur serta pada saat Anda memiliki dorongan untuk merokok. Penggunaan teratur dapat membantu tubuh Anda terbiasa dengan obat dan mengurangi efek samping seperti sakit tenggorokan. Dosis terbaik untuk Anda adalah dosis yang menurunkan keinginan untuk merokok tanpa efek samping dari penggunaan nikotin yang terlalu banyak. Ikuti perintah dokter Anda dengan hati-hati. Dosis Anda perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk sejarah dan kondisi medis.

Setelah Anda telah berhenti merokok dan Anda telah mencapai dosis dan jadwal terbaik Anda, lanjutkan penggunaan pada dosis itu. Biasanya, setelah sekitar 3 bulan, dokter Anda akan membantu Anda secara bertahap mengurangi dosis Anda sampai Anda tidak lagi merokok dan tidak perlu lagi pengganti nikotin.

Obat ini dapat menyebabkan reaksi sakaw, terutama jika sudah digunakan secara teratur untuk waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Dalam kasus tersebut, gejala sakaw (seperti menginginkan tembakau, gugup, lekas marah, sakit kepala) dapat terjadi jika Anda tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini. Untuk mencegah reaksi tersebut, dokter dapat mengurangi dosis secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut, dan segera laporkan setiap adanya reaksi penghentian penggunaan.

Katakan kepada dokter Anda jika Anda belum mampu berhenti merokok setelah menggunakan produk ini selama 4 minggu. Beberapa perokok tidak berhasil ketika pertama kali mereka mencoba untuk berhenti. Anda mungkin perlu berhenti menggunakan produk ini dan mencobanya lagi nanti. Banyak orang yang tidak bisa berhenti pertama saat kali dan berhasil pada waktu berikutnya.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Nicotine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Nicotine untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Berhenti Merokok

> 45 kg:

Habitrol atau NicoDerm CQ: 21 mg / hari selama 6 minggu, kemudian 14 mg / hari selama 2 minggu, kemudian 7 mg / hari selama 2 minggu.

Prostep: 22 mg / hari selama 4-8 minggu, kemudian 11 mg / hari selama 2 sampai 4 minggu.

Nicotrol: 15 mg / hari selama 6 minggu. Dosis diberikan lebih dari 16 jam. Patch tidak boleh ditinggalkan di > 16 jam.

Permen karet Nicorette: sepotong 4 mg setiap 1-2 jam selama 6 minggu, kemudian sepotong 4 mg setiap 2 sampai 4 jam selama 3 minggu, kemudian sepotong 4 mg setiap 4-8 jam selama 3 minggu. Tidak lebih dari 24 potong / hari. Kunyah permen karet perlahan selama minimal 30 menit. Sebaiknya tidak digunakan> 6 bulan.

Permen pelega tenggorokan: 2-4 mg pastiles setiap 1 sampai 2 jam di mulut sampai habis (sekitar 20 sampai 30 menit). Gunakan dengan minimum sesuai yang disarankan dari 9 pelega tenggorokan / hari selama 6 minggu, kemudian 2-4 mg permen setiap 2 sampai 4 jam pada minggu ke 7 sampai 9. Pada awal minggu 10, kurangi dosis untuk satu permen setiap 4 sampai 8 jam. Jangan menggunakan lebih dari 20 permen / hari. Untuk rencana penggunaan dalam 12 minggu

Nicotrol NS: 1-2 mg / jam (2-4 semprotan). Harus menggunakan setidaknya sesuai dosis minimum yang disarankan dari 8 dosis / hari. Dosis maksimum 40 mg (80 semprotan) / hari.

Nicotrol Inhaler: 6-16 kartrid per hari selama 3 bulan. Kemudian, secara bertahap dosis harian dikurangi dan kurangi pemakaian inhaler selama 6 sampai 12 minggu. Sebaiknya tidak digunakan> 6 bulan.

<45 kg, perokok ringan, penyakit CV.:

Habitrol atau NicoDerm CQ: 14 mg / hari selama 6 minggu, kemudian 7 mg / hari selama 2 minggu.

Prostep: 11 mg / hari selama 4 sampai 8 minggu.

Permen karet Nicorette: sepotong 2 mg setiap 1-2 jam selama 6 minggu, kemudian satu potong 2 mg setiap 2-4 jam selama 3 minggu, kemudian satu potong 2 mg setiap 4 sampai 8 jam selama 3 minggu. Tidak lebih dari 24 potong / hari. Kunyah permen karet perlahan selama minimal 30 menit. Sebaiknya tidak digunakan> 6 bulan.

Nicotrol NS: 1-2 mg / jam (2-4 semprotan).

Nicotrol Inhaler: 6-16 kartrid per hari selama 3 bulan. Kemudian, secara bertahap kurangi dosis harian dan kurangi pemakaian inhaler selama 6 sampai 12 minggu. Sebaiknya tidak digunakan> 6 bulan.

Bagaimana dosis Nicotine untuk anak-anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Nicotine tersedia?

Permen Nikotin polacrilex, Oral: 2 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Nicotine?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti:

  • Melepuh di dalam mulut Anda;
  • Detak jantung cepat atau terasa berdebar di dada;
  • Kelemahan yang ekstrim atau pusing;
  • Mual dan muntah; atau
  • Bronkospasme (napas pendek, sesak di dada Anda, kesulitan bernapas).

Efek samping yang tidak begitu serius mungkin termasuk:

  • Pusing ringan;
  • Mulut kering, sakit perut, bersendawa, atau cegukan;
  • Nyeri otot atau sendi;
  • Nyeri mulut atau tenggorokan;
  • Perubahan rasa; atau
  • Sakit kepala

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Nicotine?

Sebelum menggunakan Nikotin,

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap Nikotin atau obat lain.
  • Beri tahu dokter anak Anda dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, yang Anda gunakan termasuk vitamin
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan Nikotin, hubungi dokter Anda

Apakah Nicotine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menyusui telah menunjukkan efek berbahaya pada bayi. Obat alternatif lain harus diresepkan atau Anda harus berhenti menyusui saat menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Nicotine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan obat-obatan berikut ini:

  • Imipramine (Tofranil);
  • Oxazepam (Serax);
  • Propranolol (Inderal), labetalol (Normodyne, Trandate), atau prazosin (Minipress);
  • Teofilin (Theo-Dur, Theochron, Theolair);
  • Pentazocine (Talwin), atau
  • Insulin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Nicotine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Nicotine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

    • Angina (nyeri dada yang parah) atau
    • Asma atau
    • Masalah pernapasan atau
    • Penyakit Buerger (masalah sirkulasi) atau
    • Diabetes (ketergantungan insulin) atau
    • Masalah irama jantung (misalnya, aritmia) atau
    • Hipertensi (tekanan darah tinggi) atau
    • Hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) atau
    • Feokromositoma (masalah adrenal) atau
    • Penyakit Raynaud (masalah sirkulasi) atau
    • Maag atau
    • Takikardia (denyut jantung cepat)– Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
    • Serangan jantung, adanya riwayat atau
    • Penyakit jantung atau pembuluh darah-Gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan efek samping menjadi lebih buruk.
    • Penyakit ginjal berat atau
    • penyakit hati-Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena pembersihan obat yang lambat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/nicotine__trashed/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 62 = 64