Let’s travel together.

Mengetahui Kegunaan dan Manfaat Obat Mefinal

0 2

Mengetahui Kegunaan dan Manfaat Obat Mefinal Obat mefinal adalah obat yang mengandung asam mefenamat. Memiliki kegunaan dan fungsi yang sama  dengan jenis obat NSAID (Non-steroid Anti Inflammatory Drugs) yakni untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan.

Perbedaan mefinal dan asam mefenamat hanyalah pada bentuk sediaan. Karena bentuk sediaan mefinal hanyalah berupa tablet saja, sedangkan asam mefenamat juga berbentuk kapsul dan cair.

Artikel ini akan membahas fungsi dan kegunaan obat mefinal. Untuk semakin memperkaya informasi, akan dibahas pula mengenai cara kerja obat mefinal dan dosis yang tepat dalam penggunaan obat mefinal ini.

Detail Kegunaan dan Cara Kerja Obat Mefinal

Nyeri terbentuk sebagai sebuah rangkaian panjang dan melibatkan hormon mediator nyeri yang disebut prostaglandin. Prostaglandin terbentuk jika terdapat peradangan atau luka pada area tubuh. Kandungan asam mefenamat dalam mefinal akan menekan produksi prostaglandin oleh tubuh sehingga nyeri akan berkurang begitu pula proses peradangan dan demam yang mengikuti terjadinya nyeri.

Obat mefinal sama halnya nya dengan obat asam mefenamat, ampuh dalam mengatasi nyeri ringan hingga sedang yang terjadi saat haid atau menstruasi, nyeri dan kaku persendian pada lutut, panggul ataupun pinggang. Selain itu mefinal juga ampuh untuk mengatasi nyeri gigi dan nyeri telinga maupun nyeri yang terjadi setelah Anda operasi (luka operasi). Sakit pada kepala juga dapat teratasi dengan pemberian obat mefinal.

Penggunaan obat mefinal ini tetaplah harus dalam pengawasan dokter, terutama jika Anda berencana menggunakan obat ini secara jangka panjang. Terlebih lagi mefinal merupakan jenis obat yang terjual bebas di pasaran dan dapat dengan mudah Anda beli meski tanpa resep dari dokter.

Beberapa kondisi kesehatan dapat pula menyebabkan Anda tidak disarankan menggunakan obat mefinal untuk mengatasi nyeri maupun peradangan. Antara lain:

  1. Alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi dengan obat-obatan berjenis mefinal maupun asam mefenamat yang ditandai dengan kemerahan, gatal dan bengkak pada area wajah. Maka Anda tidak disarankan untuk konsumsi mefinal sebagai pereda nyeri. Dokter akan meresepkan jenis obat lain yang aman untuk kondisi alergi Anda.

  1. Penggunaan Obat Pengencer Darah

Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan pengencer darah seperti aspirin maupun heparin/warfarin atau Anda mengalami gangguan dalam pembekuan darah, maka tidak disarankan utnuk mengkonsumi obat mefinal. Obat mefinal akan bereaksi dengan obat-obatan pengencer darah tersebut dan dapat memperparah kondisi luka maupun perdarahan.

  1. Terdapat Gangguan Ginjal dan Hati/Liver

Penggunaan mefinal sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang telah menderita gangguan ginjal dan hati atau liver tingkat lanjut. Karena penggunaan mefinal justru akan memperparah kondisi rusaknya fungsi ginjal dan hati Anda.

  1. Penderita Asma, Urtikaria, Radang dan Tukak Lambung

Penggunaan mefinal dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang seperti asma maupun urtikaria atau gatal dan kemerahan serta bengkak pada kulit. Selain itu karena fungsi mefinal adalah menekan prostaglandin, maka kondisi radang dan tukak lambung akan diperparah apabila Anda meminum obat mefinal. Karena prostaglandin adalah pelindung dinding lambung dari paparan asam lambung.

Jika fungsi prostaglandin ini ditekan, maka akan menyebabkan nyeri lambung dan nyeri tukak lambung yang tentu saja akan semakin merugikan kondisi kesehatan Anda sendiri. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat anti nyeri yang tepat jika Anda mempunyai riwayat mengidap beberapa penyakit tersebut.

  1. Ibu Hamil dan Menyusui

Jika Anda seorang Ibu yang sedang hamil, maka penggunaan mefinal tidak dianjurkan. Karena efek samping obat  mefinal adalah dapat mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan. Konsumsi obat mefinal selama kehamilan  dapat berefek cacat ketika bayi dilahirkan.

Pada Ibu yang menyusui juga tidak disarankan meminum obat mefinal, karena kandungan obat akan mempengaruhi kandungan ASI, yang apabila kandungan ini terhisap oleh bayi Anda, dapat terjadi kondisi berbahaya dengan efek samping maupun penanganan yang belum diketahui dengan baik.

Beberapa kondisi di atas adalah merupakan keadaan tidak diperbolehkannya penggunaan atau kontraindikasi dari pemberian mefinal baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pastikan bahwa Anda tidak dalam kondisi tersebut sebelum berencana untuk menggunakan obat mefinal atau asam mefenamat sebagai obat anti nyeri Anda.

Pada sediaan tablet terdapat kekuatan dosis 250 mg dan 500 mg. Untuk nyeri gigi pada dewasa, Anda dapat menggunakan mefinal dengan dosis awal 500 mg dan dosis selanjutnya adalah 250 mg per 6 jam dengan lama pemberian tidak lebih dari 7 hari. Begitu pula dengan nyeri haid maupun nyeri otot, dosis yang digunakan adalah sama.

Perlu diketahui bahwa obat mefinal tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak usia dibawah 14 tahun. Ibuprofen dan paracetamol lebih dianjurkan pada pasien anak-anak. Dosis mefinal dan asam mefenamat yang lebih rendah juga harus digunakan pada lansia atau seseorang yang telah berusia lebih dari 65 tahun. Konsultasikan dengan dokter atau farmasis mengenai dosis yang tepat bagi kondisi nyeri Anda.

Mengetahui Efek Samping dari Obat Mefinal

Konsumsi obat mefinal dapat menyebabkan beberapa efek samping. Antara lain efek samping ringan maupun berat. Efek samping ringan yang dapat terjadi antara lain mengantuk, sakit kepala, dada berdebar serta mual dan muntah. Sehingga untuk Anda yang berkendara, sebaiknya tidak mengkonsumsi mefinal sebagai anti nyeri sebelum berkendara.

Efek samping berat yang dapat terjadi antara lain nyeri dada, diare, muntah darah, kencing berdarah, demam, kaburnya pengeliatan, rasa gatal, kemerahan dan bengkak pada kulit dan tenggorokan. Hal ini merupakan tanda bahwa Anda mengalami alergi terhadap obat mefinal. Hentikan penggunaan obat ini jika terdapat tanda efek samping berat dan dengan segera menuju pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan terhadap gejala alergi yang Anda alami.

Untuk menghindari efek samping dari obat mefinal pada lambung dan saluran pencernaan, sangat disarankan untuk konsumsi mefinal setelah makan. Dan jika Anda memiliki riwayat darah tinggi, sangat disarankan untuk melaksanakan pemeriksaan tekanan darah sebelum menggunakan mefinal.

Obat mefinal baik disimpan pada suhu ruangan dan usahakan tidak terkena cahaya matahari langsung. Jangan menyimpan obat mefinal di kamar mandi atau pada lokasi yang lembab, karena udara yang lembab dapat merusak obat. Amat penting untuk memperhatikan instruksi pemberian obat dan tanggal kadaluarsa yang tercetak pada bungkus obat.

Jika Anda terlupa untuk meminum satu dosis obat ini, segera minum sesaat setelah Anda mengingatnya dan jangan pernah meminum dua dosis bersamaan. Kelebihan dosis akan membuat efek samping obat mefinal menjadi dua kali lipat, dan hal ini dapat membawa kondisi yang kurang baik bagi kesehatan jangka panjang Anda terutama pada organ hati dan ginjal.

Konsultasikan pada Dokter atau Farmasis jika nyeri Anda tidak berkurang setelah menggunakan obat mefinal sesuai dosis yang telah dianjurkan. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan resep dan jenis obat lain yang lebih tepat dalam mengatasi nyeri Anda.

Demikian informasi mengenai detail penggunaan dan kegunaan obat mefinal serta efek samping yang dapat ditimbulkan pada konsumsi dalam jangka panjang. Usahakan selalu berhati-hati dalam konsumsi obat apapun karena obat dapat menjadi racun pada tubuh kita. Terutama akibat tidak tepat dalam penggunaan dan tidak tepat dalam pemakaian. Semoga informasi ini bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

18 − = 17