Let’s travel together.

Mengenal Obat Pilek yang Ampuh bagi Orang Dewasa

0 3

Mengenal Obat Pilek yang Ampuh bagi Orang DewasaPilek merupakan salah satu penyakit tersering yang dialami oleh orang dewasa. Rata-rata dua hingga empat kali dalam setahun orang dewasa akan mengalami pilek. Pilek sendiri berbeda dengan penyakit influenza (flu) karena pilek merupakan istilah yang digunakan pada penyakit infeksi saluran pernafasan ringan yang menyerang saluran pernafasan atas antara lain hidung, tenggorokan, sinus hingga pita suara.

Beberapa gejala pilek yang dapat sangat mengganggu aktivitas antara lain bersin-bersin, tersumbatnya hidung, hidung basah dan gatal pada tenggorokan, dapat disertai batuk berdahak dan mata berair, biasa juga diikuti dengan demam ringan, kepala pusing dan rasa kelelahan. Gejala ini akan bertahan dalam satu hingga dua minggu.

Perkuat Daya Tahan Tubuh adalah Obat Pilek yang Ampuh bagi Dewasa

Penyebab terjadinya pilek adalah infeksi dari rhinovirus. Pilek dapat terjadi pula akibat perubahan musim, alergi terhadap suhu, debu dan serbuk bunga. Kunci dari mengatasi dan mengobati gejala pilek adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh. Tanpa daya tahan tubuh yang baik, gejala pilek dapat menuju penyakit infeksi lanjut seperti bronchitis, pneumonia, sinusitis dan bahkan peradangan paru. Beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap pilek antara lain:

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan energi untuk dewasa adalah sebesar 2200 kkal (wanita dewasa) dan 2800 kkal (pria dewasa) per hari, yang terbagi dalam tiga kali waktu makan dengan tambahan snack atau camilan sehat. Pola pemenuhan nutrisi melalui empat pilar gizi seimbang telah di rekomendasikan oleh departemen kesehatan RI terdiri atas mengkonsumsi makanan beragam (kombinasi sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah), membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik dan mempertahan serta memantau berat badan dalam rentang normal.

Memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang disertai dengan pemenuhan ketiga pilar yang lain dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan mempercepat penyembuhan dari pilek.

  1. Perkuat Daya Tahan dengan Konsumsi Vitamin

Vitamin C dan Vitamin E merupakan dua jenis Vitamin yang telah terbukti dapat meringankan gejala dan durasi pilek Anda. Kebutuhan akan Vitamin C dalam keadaan normal dan sehat bagi wanita dewasa adalah 75 mg/hari sementara untuk pria memerlukan 90 mg/hari. Sumber makanan yang kaya akan Vitamin C pisang, lemon, kiwi, tomat dan brokoli. Selain bersumber dari buah, telah tersedia suplemen Vitamin C dengan berbagai jenis dosis. Dosis aman untuk konsumsi suplemen ini adalah 500 mg/hari.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, Vitamin E memiliki sifat protektif terhadap saluran pernapasan atas, sehingga virus pilek tidak akan mudah menyerang seseorang dengan kadar jumlah Vitamin E yang cukup dalam tubuhnya. Sumber makanan yang kaya akan vitamin E antara lain biji-bijian (kuaci), selai kacang, buah alpukat dan kiwi. Suplemen Vitamin E sendiri dapat Anda mudah dapatkan, dengan dosis konsumsi maksimal adalah 400 IU per hari.

  1. Madu

Mengkonsumsi madu secara teratur dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menangkal pilek karena madu memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antioksidan. Konsumsi madu dengan air hangat dengan campuran lemon, jahe maupun kayu manis dipercaya dapat menghalau dingin sebagai salah satu penyebab pilek. Untuk hasil yang optimal konsumsilah dua kali dalam sehari larutan madu hangat dengan pilihan campuran rempah yang telah tersebut diatas.

  1. Berkumur Air Garam

Garam memiliki sifat menarik air dan cairan berlebih. Berkumur dengan air garam akan membuat lendir berlebih di saluran pernafasan lebih encer. Garam juga bersifat antimikroba dan anti-alergi. Jika terdapat bakteri atau jamur dalam rongga tenggorokan akan terikat dengan air garam dan dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Larutkan setengah sendok teh garam dalam 200 ml air hangat, dan gunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali dalam sehari, adalah dosis yang dianjurkan dari hasil riset medis dan kesehatan Mayo Clinic. Cara berkumur dengan garam terbukti mencegah terjadinya common cold (pilek) hingga 40% pada 400 pasien di Amerika Serikat.

  1. Bawang putih

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan obat pilek bagi dewasa. Mengunyah satu siung bawang putih mentah secara langsung setiap harinya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap pilek.

Dalam bawang putih terdapat senyawa bernama Allicin yang merupakan antimikroba efektif menghalau gejala pilek serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Mencampur cacahan bawang putih dengan madu juga menjadi salah satu resep penghalau segala macam penyakit yang dapat Anda coba.

Tips Menghindari Penularan Pilek Pada Orang Dewasa

Pilek menyerang dewasa sebanyak dua hingga empat kali dalam setahun, bahkan bagi anak-anak dapat menyerang hingga sepuluh kali per tahun. Sehingga menjadi penyebab harus tertundanya pekerjaan dan aktivitas penting Anda. Berikut beberapa tips untuk mencegah penularan pilek:

  1. Menutup Mulut dan Hidung saat Bersin dengan Benar

Bersin merupakan upaya penolakan tubuh terhadap bakteri, virus maupun allergen (penyebab alergi). Ketika bersin diperkirakan sebanyak 40 ribu butir air keluar dari dalam hidung dan mulut, beserta sumber penyakit penyebab pilek dan flu. Menutup mulut dan hidung saat bersin dengan benar dapat mencegah penularan penyakit ini.

Cara pertama adalah dengan menggunakan lengan baju bagian dalam ketika bersin. Bakteri atau virus hanya akan menempel pada baju Anda dan tidak menular kepada orang lain. Cara kedua adalah dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tissue kering, dan tissue yang telah digunakan langsung dibuang pada tempat sampah tertutup. Virus pilek dapat menular dengan mudah melalui perantara udara dan cairan tubuh seperti air liur dan ingus.

  1. Menggunakan Masker ketika sedang Pilek

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa virus pilek amat mudah menyebar melalui perantara udara dan cairan tubuh. Sehingga jika saat ini Anda sedang pilek, atau terdapat keluarga, saudara atau orang disekitar Anda mengalami gejala pilek. Gunakanlah masker untuk mencegah penularan.

Perhatikan jenis masker yang Anda kenakan, untuk masker disposable maka dipergunakan untuk sekali pakai dan buang pada tempat sampah tertutup. Untuk jenis masker kain, cucilah secara teratur dan jemur di bawah sinar matahari secara langsung untuk menghindari self-infection atau penularan kembali virus pilek pada diri Anda.

  1. Mencuci Tangan Menggunakan Air Mengalir dan Sabun

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun amatlah penting untuk menghindari segala macam penyakit, tidak hanya untuk mencegah terjadinya pilek. Terdapat sekurangnya dua hingga sepuluh juta jenis bakteri dan mikroba yang hidup pada area ujung kuku hingga pergelangan tangan manusia.

  1. Tidak Menggunakan Alat Makan dan Minum Secara Bergantian

Alat makan dan minum adalah salah satu alat penyebaran virus pilek yang kadang tidak disadari. Menggunakan alat makan dan minum yang berbeda dengan orang lain dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Virus hepatitis A sebagai penyebab penyakit kuning dan sirosis hati juga menular melalui alat makan dan minum penderitanya.

Demikian informasi mengenai obat pilek bagi dewasa serta tips mencegah terjadinya penularan pilek. Selalu waspada bahwa gejala pilek yang tidak kunjung sembuh setelah dua minggu dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang banyak merugikan aktivitas dan pekerjaan. Selama pilek dapat dicegah, pertahankan daya tahan tubuh Anda dengan baik. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 3 = 2