Let’s travel together.

Melphalan obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Melphalan


Merek:
Alkeran.

Penggunaan

Untuk apa melphalan?

Melphalan umum digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu seperti multiple myeloma dan kanker ovarium. Melphalan tergolong kelas obat kanker yang dikenal sebagai alkylating agent.

Melphalan bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker

Bagaimana cara penggunaan melphalan?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini lewat mulut, biasanya sehari sekali seperti yang diarahkan oleh dokter. Dokter Anda mungkin mengarahkan Anda untuk mengambil obat ini pada waktu perut kosong. Ikuti sesuai arahan dokter.

Dosis didasarkan pada kondisi medis, respon terhadap pengobatan, dan hasil pemeriksaan darah Anda. Dosis obat ini berbeda untuk setiap orang. Dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk minum setiap hari selama beberapa minggu, diselangi dengan masa rehat selama beberapa minggu tidak mengonsumsi obat, dan kemudian mengarahkan Anda untuk memulai kembali terapi obat setiap hari. Pasien lain mungkin mengonsumsi hanya beberapa hari, dan kemudian ulangi perawatan setiap beberapa minggu. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang obat ini. Sangat penting untuk Anda memahami persis bagaimana cara tepat mengonsumsi obat ini guna mendapatkan manfaat yang optimal dan menurunkan risiko efek samping yang serius.
Kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya, minum banyak cairan saat minum obat ini. Hal ini membantu ginjal untuk mengeluarkan obat dari tubuh Anda dan menghindari beberapa efek samping.

Jangan meningkatkan dosis atau minum obat ini lebih sering daripada yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping yang serius dapat meningkat.
Jangan berhenti minum obat ini tanpa berbicara dengan dokter, bahkan jika Anda merasa mual atau muntah. Jika Anda muntah sesaat setelah dosis, atau jika Anda melewatkan dosis, segera hubungi dokter Anda.

Mungkin butuh beberapa bulan sebelum Anda melihat manfaat dari obat ini.

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup serbuk dari tablet. Semua orang harus mencuci tangan mereka dengan hati-hati setelah menangani obat ini.

Bagaimana cara penyimpanan melphalan?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis melphalan untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk Multiple Myeloma
Dosis intravena biasa: 16 mg / m2
Dosis Oral biasa: 6 mg sekali sehari

Dosis umum dewasa Kanker Ovarium
Untuk digunakan dalam pengobatan kanker ovarium epitel:
rejimen umum: 0,2 mg / kg secara oral setiap hari selama 5 hari sebagai hidangan tunggal.

Bagaimana dosis melphalan untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah melphalan tersedia?

Melphalan tersedia dalam dosis-dosis dan bentuk bubuk untuk dilarutkan, suntikan: 50 mg/ 10 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena melphalan?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti:

  • mudah memar atau perdarahan, kelelahan yang tidak biasa
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
    mual, sakit perut, demam, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna seperti tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • terlewatnya periode menstruasi
  • benjolan yang tidak biasa
  • ruam kulit merah, nadi cepat, nyeri, penurunan berat badan
  • masalah pernapasan atau batuk
  • kulit kuning atau pucat, urine berwarna gelap, kebingungan dan kelelahan

Efek samping yang tidak begitu serius seperti:

  • mual ringan, muntah, diare
  • bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda
  • kerontokan rambut sementara
  • gatal kulit ringan dan ruam

Dalam beberapa kasus, kanker kedua telah dilaporkan terjadi selama dan setelah pengobatan melphalan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko individu dan manfaat menggunakan obat ini.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan melphalan?

Sebelum minum Melphalan,

hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap melphalan atau bahan dalam tablet melphalan. Tanyakan kepada dokter daftar bahan-bahannya.
hubungi dokter dan apoteker apa obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang anda konsumsi atau yang akan Anda konsumsi. Pastikan untuk menyebutkan: carmustine (BICNU, BCNU), cimetidine (Tagamet), cisplatin (Platinol AQ), cyclosporine (Sandimmune, Gengraf, Neoral), atau interferon alfa (Intron A, Infergen, Alferon N).

Beri tahu dokter jika Anda telah mengonsumsi melphalan sebelumnya, tetapi kanker Anda tidak merespon obat. Dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk tidak mengonsumsi melphalan.
Beri tahu dokter jika Anda telah menerima terapi radiasi atau kemoterapi lainnya baru-baru ini atau jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal.


Melphalan dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita dan mungkin sementara atau permanen menghentikan produksi sperma pada pria. Melphalan dapat menyebabkan infertilitas (sulit hamil); Namun, ini bukan berarti Anda tidak bisa hamil atau tidak bisa menghamili orang lain. Wanita yang sedang hamil atau menyusui harus memberi tahu dokter sebelum mulai mengonsumsi obat ini. Anda tidak boleh merencanakan untuk memiliki anak saat menerima kemoterapi atau untuk sementara waktu setelah perawatan. (Bicarakan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.) Gunakan metode yang dapat diandalkan KB untuk mencegah kehamilan. Melphalan dapat membahayakan janin.
Jangan melakukan vaksinasi tanpa berbicara dengan dokter Anda.

Apakah melphalan aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan B menurut Food and Drug Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A = tidak ada risiko
B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
C = mungkin ada beberapa risiko
D = bukti positif dari risiko
X = kontraindikasi
N = tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan melphalan?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Rotavirus Vaccine, Live
  • Adenovirus Vaccine Type 4, Live
  • Adenovirus Vaccine Type 7, Live
  • Bacillus of Calmette and Guerin Vaccine, Live
  • Influenza Virus Vaccine, Live
  • Measles Virus Vaccine, Live
  • Mumps Virus Vaccine, Live
  • Rubella Virus Vaccine, Live
  • Smallpox Vaccine
  • Typhoid Vaccine
  • Varicella Virus Vaccine
  • Yellow Fever Vaccine
  • Buthionine Sulfoximine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan melphalan?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan melphalan?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • bone marrow suppression
  • leukopenia (rendahnya sel darah putih dalam darah)
  • trombositopenia (trombosit rendah dalam darah) – mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • cacar, termasuk paparan baru
  • herpes zoster (shingles) – dapat meningkatkan risiko penyakit parah di bagian tubuh lain
  • encok
  • batu ginjal – dapat meningkatkan kadar asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat atau batu ginjal
  • infeksi – dapat menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi
  • penyakit ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek dari obat ini dapat meningkat karena penghapusan lebih lambat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis yaitu:

  • muntah
  • diare
  • luka di mulut dan tenggorokan
  • tinja berdarah atau hitam
  • muntah atau muntah darah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • memar yang tidak biasa atau perdarahan
  • sakit tenggorokan, batuk, demam, atau tanda-tanda lain dari infeksi

 

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/alkeran/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

80 − 73 =