Let’s travel together.

Melatonin obat apa?

0 1

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Melatonin


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa melatonin?

Melatonin adalah obat dengan fungsi untuk mengatur siklus malam dan siang atau siklus bangun dan tidur. Keadaan gelap dapat merangsang tumbuh untuk memproduksi lebih banyak melatonin, yang akan mengirim sinyal ke otak agar tubuh siap tidur. Sedangkan cahaya dapat menurunkan produksi melatonin dan memberikan sinyal kepada tubuh untuk bangun. Beberapa orang yang memiliki masalah sulit tidur memiliki kadar melatonin dalam tubuh yang cukup rendah. Penambahan melatonin dalam suplemen dipercaya dapat membantu mereka untuk tidur.

Dosis melatonin dan efek samping melatonin akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan melatonin?

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi melatonin, ikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan atau petunjuk dari dokter, apoteker, atau penyedia layanan kesehatan Anda. Jangan mengonsumsi obat melebihi dosis yang direkomendasikan dalam label

Ketika memutuskan untuk mengonsumsi suplemen herbal, konsultasikan dengan dokter. Anda juga harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan praktisi yang terlatih tentang penggunaan suplemen herbal atau suplemen kesehatan lainnya.

Gunakan melatonin dengan kadar rendah saat Anda pertama kali mengonsumsi obat ini. Konsumsi melatonin menjelang waktu tidur, atau sesaat sebelum Anda akan tidur. Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengatasi jet lag, konsumsi melatonin saat waktu tidur di hari Anda tiba di tempat tujuan dan teruskan pemakaian selama 2 sampai 5 hari.

Jika Anda menggunakan produk ini untuk mengatasi kondisi lain yang tidak berkaitan dengan masalah tidur, ikuti instruksi dokter tentang kapan dan bagaimana mengonsumsi melatonin

Jangan telan tablet sekaligus. Biarkan obat larut dalam mulut tanpa dikunyah. Jika dirasa sulit, Anda dapat meminum air untuk membantu melarutkan tablet tersebut.

Hubungi dokter jika kondisi Anda tak kunjung membaik, atau bertambah parah semenjak mengonsumsi produk ini.

Bagaimana cara penyimpanan melatonin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis melatonin untuk orang dewasa?

Informasi yang tertera dibawah ini tidak dapat menggantikan saran medis. Selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat ini.

Bagaimana dosis melatonin untuk anak-anak?

Dosis umum untuk mengatasi ritme biologis yang terganggu, gangguan tidur

Oral: 2-3 mg saat waktu tidur, ditambahkan setelah 1-2 minggu hingga 4-6 mg jika diperlukan. Dosis maksimal 10 mg.

Dalam dosis apakah melatonin tersedia?

Kapsul, oral: 3 mg, 5mg, 10 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena melatonin?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Walaupun tidak semua efek samping diketahui, melatonin umumnya aman untuk dikonsumsi untuk periode waktu yang singkat (hingga 2 tahun untuk beberapa orang).

Efek samping melatonin yang umum mungkin mencakup:

  • rasa kantuk dan lelah di siang hari
  • depresi, perasaan mudah terganggu
  • nyeri perut
  • sakit kepala
  • pusing

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan melatonin?

Sebelum melanjutkan pengobatan ini, beri tahukan dokter apabila Anda:

  • memiliki alergi terhadap melatonin
  • mengidap diabetes
  • mengalami depresi
  • mengalami pendarahan atau memiliki kelainan proses pembekuan darah, seperti haemophilia
  • memiliki tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi
  • mengidap epilepsi atau gangguan saraf lainnya
  • sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah reaksi penolakan pada transplantasi organ.

Apakah melatonin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan melatonin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan penenang lain dapat meningkatkan risiko efek samping mengantuk yang amatsangat. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan melatonin yang dibarengi dengan obat tidur, antidepresan, sedatif, obat pereda rasa sakit, penenang otot, obat kejang, atau suplemen herbal yang dapat mengakibatkan rasa kantuk (tryptophan, California poppy, chamomile, gotu kola, kava, skullcap, valerian St. John’s wort, dll.)

Jangan mengonsumsi obat ini tanpa saran medis jika Anda sedang menggunakan obat-obatan berikut:

  • antibiotik
  • aspirin atau acetaminophen (Tylenol)
  • pil kontrasepsi
  • insulin atau obat oral diabetes
  • obat pereda rasa sakit
  • obat nyeri perut, seperti lansoprazole (Prevacid), omeprazole (Prilosec), ondansetron (Zofran)
  • pengobatan ADHD, seperti methylphenidate, Adderall, Ritalin, dll
  • pengobatan jantung atau masalah tekanan darah – mexiletine, propranolol, verapamil
  • pengobatan untuk mencegah pembekuan darah – clopidogrel (Plavix), warfarin (Coumadin, Jantoven)
  • NSAIDs (obat anti pembengkakan non steroid) – ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), celecoxib, diclofenac, indomethacin, meloxicam, dan lainnya, atau
  • obat steroid – prednisone, dan lainnya

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan melatonin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan melatonin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • diabetes
  • depresi
  • mengalami pendarahan atau memiliki kelainan proses pembekuan darah seperti haemophilia
  • memiliki tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi
  • memiliki epilepsi atau gangguan saraf lainnya

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Karena melatonin hanya digunakan ketika dibutuhkan, Anda mungkin tidak akan membutuhkan dosis yang terjadwal. Apabila Anda mendapatkan dosis yang terjadwal dan melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/melatonin__trashed/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

20 + = 27