Let’s travel together.

Mefloquine obat apa?

0 0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Mefloquine


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa mefloquine?

Mefloquine umum digunakan untuk mengobati dan mencegah malaria, penyakit yang disebabkan oleh parasit. Ia termasuk kelas obat anti-infeksi yang disebut obat antimalaria. Ia bekerja dengan mengganggu pertumbuhan parasit dalam sel darah merah dari tubuh.

Mefloquine juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan ke daerah-daerah dengan berisiko tinggi untuk malaria, seperti Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Selatan.

Bagaimana cara penggunaan mefloquine?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini lewat mulut seperti yang diarahkan oleh dokter. Minum dibarengi dengan makanan atau susu untuk mencegah sakit perut. Jangan minum obat pada waktu perut kosong. Minum setiap dosis obat ini dengan segelas penuh (8 ons atau 240 mililiter) air. Jika Anda memiliki kesulitan menelan obat, tablet dapat dihancurkan dan dilarutkan dalam sedikit air, susu, atau minuman lainnya.

Untuk anak-anak, dosis didasarkan pada berat badan. Muntah dini dapat terjadi pada anak-anak setelah mengonsumsi mefloquine. Jika muntah terjadi pada anak Anda setelah minum obat ini, hubungi dokter untuk melihat apakah anak Anda perlu mengonsumsi dosis lain dari pengobatan. Jika muntah tidak berhenti, periksa dengan dokter  untuk obat yang berbeda.
Bila menggunakan obat ini untuk mencegah malaria, biasanya diminum seminggu sekali. Dosis pertama harus diminum satu minggu sebelum perjalanan, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Minum obat ini seperti yang ditentukan untuk seluruh pengobatan. Penting untuk tidak melewatkan dosis dan meminumnya secara teratur. Ingatlah untuk meminum pada hari yang sama setiap minggu.
Setelah kembali dari daerah malaria, Anda harus tetap memakai obat ini selama 4 minggu lebih. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan pengobatan mefloquine ini, hubungi dokter Anda.

Jika obat ini digunakan untuk pencegahan malaria, penting untuk memahami bahwa masih mungkin untuk terjangkit penyakit ini. Segera beri tahu dokter jika Anda mengalami demam. Malaria dapat ditangani dengan baik jika terapi dimulai sejak awal kontak dengan virus.

Bagaimana cara penyimpanan mefloquine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis mefloquine untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk Malaria: 1250 mg secara oral sebagai dosis tunggal


Dosis umum dewasa untuk Malaria Profilaksis: 250 mg diminum sekali seminggu

Bagaimana dosis mefloquine untuk anak-anak?

Dosis umum anak untuk Malaria:

Usia 6 bulan atau lebih: 20 sampai 25 mg/kg secara oral sebagai dosis tunggal
Total maksimum dosis: 1.250 mg


Dosis umum dewasa untuk Malaria Profilaksis:

berat badan:
20 – 30 kg: 125 mg (1/2 tablet) per oral sekali seminggu
30 – 45 kg: 187.5 mg (3/4 tablet) per oral sekali seminggu
Lebih dari 45 kg: 250 mg (1 tablet) per oral sekali seminggu

Dalam dosis apakah mefloquine tersedia?

Mefloquine tersedia dalam dosis-dosis dan bentuk sebagai berikut:
Tablet, Oral: 250 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena mefloquine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti mengonsumsi mefloquine dan hubungi dokter jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • depresi, merasa gelisah atau cemas
  • kebingungan, ketakutan ekstrem, halusinasi, pikiran atau perilaku yang tidak biasa
  • muntah parah atau tidak terkontrol, atau diare
  • demam
  • batuk, sesak napas
  • mual, nyeri perut, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna seperti tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • luka mulut
  • sakit biasa dan nyeri, perasaan lelah, penurunan berat badan
  • ruam kulit yang parah
  • mudah memar atau perdarahan

Efek samping yang tidak begitu serius adalah:

  • batuk
  • sakit kepala
  • kelelahan
  • pusing
  • gatal

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan mefloquine?

Sebelum minum Mefloquine, hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap meflokuin, quinidine (Quinidex), quinine (Qualaquin), obat lain atau salah satu bahan dalam tablet mefloquine.
Hubungi dokter dan apoteker apa obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang anda konsumsi. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: antikoagulan (pengencer darah); antidepresan seperti amitriptyline (Elavil), amoxapine (Asendin), clomipramine (Anafranil), desipramine (Norpramin), doxepin (Adapin, Sinequan), imipramine (Tofranil), nortriptyline (Aventyl, Pamelor), protriptyline (Vivactil), dan trimipramine (Surmontil); antihistamin; calcium channel blockers seperti amlodipine (Norvasc), diltiazem (Cardizem, Dilacor, Tiazac), felodipine (Plendil), isradipin (DynaCirc), nicardipine (Cardene), nifedipine (Adalat, Procardia), nimodipin (Nimotop), nisoldipin (Sular) , dan verapamil (Calan, Isoptin, Verelan); beta blockers seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Normodyne), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), dan propranolol (Inderal); chloroquine (Aralen); obat untuk diabetes, penyakit mental, kejang dan sakit perut; obat untuk kejang seperti carbamazepine (Tegretol), fenobarbital (Luminal), phenytoin (Dilantin), atau asam valproik (Depakene); dan rifampisin (Rifadin, Rimactane, di Rifamate, di Rifater). Juga beri tahu dokter atau apoteker jika Anda mengonsumsi obat berikut atau telah berhenti dalam 15 minggu terakhir: halofantrine (Halfan; tidak lagi tersedia di Amerika Serikat) atau ketoconazole (Nizoral). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
Beri tahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki salah satu dari beberapa kondisi atau salah satu dari berikut: interval QT yang berkepanjangan (masalah jantung langka yang dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, pingsan, atau kematian mendadak), anemia (lebih rendah dari angka normal darah merah sel), atau mata, hati atau penyakit jantung.
Hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, atau menyusui. Anda harus menggunakan kontrasepsi saat Anda mengonsumsi mefloquine dan selama 3 bulan setelah Anda berhenti. Jika Anda hamil saat mengonsumsi mefloquine, hubungi dokter.
Mefloquine dapat membuat Anda mengantuk dan pusing. Gejala-gejala ini dapat terus terjadi untuk sementara setelah Anda berhenti minum mefloquine. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
Mefloquine mengurangi risiko terinfeksi malaria namun tidak menjamin bahwa Anda tidak akan terinfeksi. Anda masih perlu untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan memakai baju lengan panjang dan celana panjang dan menggunakan obat anti nyamuk dan kelambu saat Anda berada di daerah di mana malaria adalah umum.
Gejala pertama dari malaria adalah demam, menggigil, nyeri otot, dan sakit kepala. Jika Anda mengonsumsi mefloquine untuk mencegah malaria, segera hubungi dokter Anda jika gejala-gejala tersebut makin parah. Pastikan untuk memberi tahu dokter bahwa Anda telah terkena malaria.
Anda harus merencanakan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami efek samping yang serius dari mefloquine dan harus berhenti minum obat, terutama jika Anda tidak dekat dokter atau apotek. Anda harus mendapatkan pengobatan lain untuk melindungi Anda dari malaria. Jika tidak ada obat lain yang tersedia, Anda harus meninggalkan daerah malaria tersebut dan kemudian mendapatkan pengobatan lain untuk melindungi Anda dari malaria.
Jika Anda mengonsumsi mefloquine untuk mengobati malaria, gejala Anda harus membaik dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah Anda menyelesaikan pengobatan Anda. Hubungi dokter jika gejala tidak membaik setelah waktu ini.
Jangan melakukan vaksinasi tanpa berbicara dengan dokter. Dokter mungkin ingin Anda untuk menyelesaikan semua vaksinasi Anda 3 hari sebelum Anda mulai mengonsumsi mefloquine.

Apakah mefloquine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan B menurut Food and Drug Administration (FDA).

Kategori risiko kehamilan FDA referensi berikut:
• A = tidak ada risiko
• B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
• C = mungkin ada beberapa risiko
• D = bukti positif dari risiko
• X = kontraindikasi
• N = tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan mefloquine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Obat-obatan yang mungkin berinteraksi dengan Mefloquine adalah:

  • pengobatan tekanan jantung atau tekanan darah
  • obat untuk mengobati depresi atau penyakit mental
  • obat kejang
  • pengobatan tuberkulosis
  • vaksin “hidup”, seperti campak, gondok, dan rubella (MMR)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan mefloquine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan mefloquine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • masalah darah atau sumsum tulang (misalnya, agranulositosis, anemia aplastik)
  • bradikardia (detak jantung lambat)
  • blok jantung
  • penyakit jantung
  • masalah irama jantung (misalnya, aritmia, interval QT berkepanjangan) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • depresi
  • generalized anxiety disorder
  • psikosis (penyakit mental)
  • skizofrenia (penyakit mental)
  • kejang
  • epilepsi – dapat meningkatkan risiko mengalami kejang
  • penyakit hati – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena penghapusan obat lebih lambat dari tubuh.
  • malaria, parah atau mengancam jiwa – dokter mungkin ingin Anda untuk mendapat suntikan antimalaria sebelum mengambil obat ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis yaitu:
• mual
• muntah
• diare
• nyeri di sisi kanan perut Anda
• pusing
• kehilangan keseimbangan
• kesulitan jatuh atau tidur
• mimpi yang tidak biasa
• kesemutan di jari tangan atau kaki
• kesulitan berjalan
• kejang
• perubahan dalam kesehatan mental

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/mefloquine/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 2 = 1