Let’s travel together.

Medroxyprogesterone obat apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Medroxyprogesterone


Merek:
Depo Progestin, Deponeo, Triclofem, Andalan Injeksi Andalan, Planibu, Provera dan Veraplex.

Penggunaan

Untuk apa medroxyprogesterone?

Medroxyprogesterone adalah suatu jenis hormon wanita (progestin). Obat ini mirip dengan hormon progesteron yang dibuat tubuh Anda. Ia bekerja dengan menggantikan hormon progesterone ketika tubuh Anda tidak membuat cukup banyak hormon tersebut. Obat ini memiliki beberapa kegunaan. Pada wanita yang tidak hamil dan tidak mengalami menopause, obat ini digunakan untuk mengobati perdarahan dari rahim dan memulihkan periode menstruasi normal pada wanita yang tidak menstruasi selama beberapa bulan (amenorrhea).

Obat ini juga digunakan untuk terapi pengganti hormon kombinasi menggunakan estrogen untuk mengurangi gejala menopause (misalnya, hot flashes). Obat ini ditambahkan ke terapi penggantian estrogen untuk mengurangi risiko kanker rahim.

Obat ini tidak boleh digunakan untuk menguji kehamilan.

Bagaimana cara penggunaan medroxyprogesterone?

Minum obat ini persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda dan ikuti semua petunjuk pada label resep.  Anda dapat bertanya pada dokter jika memiliki pertanyaan tentang obat ini. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi kesehatan dan respon Anda terhadap pengobatan.

Untuk penggunaan dalam terapi, penggantian kombinasi hormon dengan estrogen, minum obat ini 1 kali sehari dalam jumlah yang sudah ditentukan di dalam resep.

Untuk Anda yang sedang tidak menstruasi (amenorrhea) dan perdarahan parah dari uterus, minum obat ini 1 kali sehari selama 5-10 hari selama separuh siklus menstruasi kedua yang Anda rencanakan atau ikuti seperti yang diarahkan dokter Anda. perdarahan biasanya akan terjadi dalam waktu 3-7 hari setelah Anda berhenti minum obat.

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau malah memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan medroxyprogesterone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merk lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.   

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis medroxyprogesterone untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Endometriosis

Suntik obat ini sebanyak 104 mg setiap 3 bulan sekali. Dosis pertama harus diberikan pada waktu 5 hari pertama dari periode menstruasi normal, pada waktu 5 hari setelah melahirkan jika pasien tidak menyusui, atau pada 6 minggu setelah melahirkan jika pasien sedang menyusui. Jika periode antara suntikan > 14 minggu, kehamilan harus ditunda sebelum pemberian obat.

Dosis Dewasa untuk Hiperplasia Endometrium – Profilaksis

Minum 5-10 mg obat 1 kali sehari, sebagai tambahan untuk terapi pengganti estrogen, yang dimulai pada hari pertama atau hari ke-16 dalam setiap siklus menstruasi dan lakukan terus selama 12-14 hari berturut-turut setiap bulan.

-atau-

Minum 2,5 mg 1 kali sehari terus menerus selama terapi penggantian estrogen dijalani.

Dosis Dewasa untuk Kontrasepsi

Suntikan intramuscular sebesar 150 mg atau suntikan sebesar 104 mg setiap 3 bulan. Dosis pertama harus diberikan pada waktu 5 hari pertama dari periode menstruasi normal, pada waktu 5 hari setelah melahirkan jika pasien tidak menyusui, atau pada 6 minggu setelah melahirkan jika pasien menyusui. Jika periode antara suntikan adalah> 14 minggu, kehamilan harus ditunda sebelum pemberian obat.

Dosis Dewasa untuk Perdarahan Uterus Tidak Wajar

Minum 5-10 mg 1 kali sehari, dimulai pada hari ke-16 di siklus Anda dan berlanjut selama 10 hari atau Anda mulai pada hari ke-21 dari siklus Anda berlanjut selama 5 hari. perdarahan biasanya terjadi dalam 3-7 hari setelah dosis terakhir.

Dosis Dewasa untuk Amenore

Minum 5-10 mg 1 kali sehari mulai setiap saat dan lanjutkan selama 5-10 hari. perdarahan biasanya terjadi dalam 3-7 hari setelah dosis terakhir.

Dosis Dewasa untuk Hipernefroma

400-1.000 mg IM sekali dalam 1 minggu. Mungkin dapat dikurangi hingga 400 IM mg 1 bulan sekali. Frekuensi pemberian obat dapat dikurangi jika terjadi perkembangan dalam penyembuhan yang biasanya terjadi dalam beberapa minggu atau bulan.

Dosis Dewasa untuk Kanker Endometrium

400-1.000 mg IM 1 kali dalam 1 minggu. Mungkin dapat dikurangi hingga 400 IM mg 1 bulan sekali. Frekuensi pemberian obat dapat dikurangi jika terjadi perkembangan dalam penyembuhan yang biasanya terjadi dalam beberapa minggu atau bulan.

Bagaimana dosis medroxyprogesterone untuk anak-anak?

Dosis Anak untuk Perdarahan Uterus Tidak Wajar

> 13 tahun:

Minum 5-10 mg 1 kali sehari, dimulai pada hari ke-16 pada siklus Anda dan berlanjut selama 10 hari atau mulai pada hari ke-21 pada siklus Anda dan berlanjut selama 5 hari. perdarahan biasanya terjadi dalam 3-7 hari setelah dosis terakhir.

Dosis Anak untuk Amenore

> 13 tahun:

Minum 5-10 mg 1 kali sehari dari hari pertama dilanjutkan selama 5-10 hari. perdarahan biasanya terjadi dalam 3-7 hari setelah dosis terakhir.

Dalam dosis apakah medroxyprogesterone tersedia?

Tablet, Diminum: 2,5 mg, 5 mg, 10 mg.

Suntik/Injeksi: 150 mg / mL, 400 mg / mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena medroxyprogesterone?

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda dari reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • waktu menstruasi lebih lama dari biasanya
  • tiba-tiba merasa lelah, terutama di salah satu bagian tubuh anda
  • sakit kepala berat yang tiba-tiba, kebingungan, masalah dengan penglihatan, bicara, atau keseimbangan
  • sakit dada, batuk tiba-tiba, nafas cepat dan mengeluarkan bunyi, batuk berdarah
  • sakit, bengkak, dan muncul kemerahan di kedua kaki
  • demam
  • mual, sakit di perut bagian atas, gatal-gatal, hilang nafsu makan, air seni berwarna gelap, tinja berwarna tanah, sakit kuning)
  • bengkak di tangan, pergelangan kaki, dan kaki
  • gejala depresi (sulit tidur, lemas, perubahan suasana hati)

Efek samping yang tidak terlalu serius termasuk:

  • perubahan siklus menstruasi
  • kenaikan berat badan
  • sakit kepala ringan, mengantuk
  • sakit perut ringan
  • serangan hawa panas
  • nyeri sendi
  • nyeri pada payudara
  • merasa capek atau mudah marah
  • timbul jerawat
  • gairah seks menurun
  • muncul benjolan di tempat Anda menyuntikkan obat

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan medroxyprogesterone?

Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap medroxyprogesterone (Provera, Depo-Provera), atau obat lain.

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat resep maupun non-resep yang Anda gunakan, terutama aminoglutethimide (Cytadren). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengawasi Anda dengan hati-hati untuk melihat apakah ada efek samping.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang atau pernah sakit kanker payudara atau organ kewanitaan lain; perdarahan pada vagina yang tidak jelas; aborsi yang terlewatkan (ketika janin meninggal dalam rahim tetapi tidak dikeluarkan dari tubuh); pembekuan darah di bagian kaki, paru-paru, otak, atau mata; stroke atau stroke ringan, kejang; migren; depresi; asma; diabetes; sakit jantung, ginjal, atau penyakit hati.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, sedang dalam proses hamil, atau menyusui. Jangan menyusui saat meminum obat ini. Jika Anda hamil sewaktu meminum obat, hubungi dokter Anda.

Beri tahu dokter Anda jika Anda baru saja menggunakan obat ini.

Beri tahu dokter Anda jika Anda akan atau baru menjalani operasi, termasuk operasi gigi. Pastikan Anda memberi tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang menggunakan obat ini.

Apakah medroxyprogesterone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Medroxyprogesterone bisa masuk melalui ASI dan dapat menghangatkan bayi. Beritahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan medroxyprogesterone?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan semua daftar produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, berhenti, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Tranexamic Acid
  • Carbamazepine
  • Ceritinib
  • Dabrafenib
  • Eslicarbazepine Acetate
  • Idelalisib
  • Insulin Degludec
  • Isotretinoin
  • Mitotane
  • Nilotinib
  • Piperaquine
  • Siltuximab
  • Theophylline
  • Alprazolam
  • Amprenavir
  • Aprepitant
  • Atazanavir
  • Bacampicillin
  • Betamethasone
  • Bexarotene
  • Bosentan
  • Colesevelam
  • Cyclosporine
  • Darunavir
  • Delavirdine
  • Efavirenz
  • Etravirine
  • Fosamprenavir
  • Fosaprepitant
  • Fosphenytoin
  • Griseofulvin
  • Lamotrigine
  • Licorice
  • Modafinil
  • Mycophenolate Mofetil
  • Mycophenolic Acid
  • Nelfinavir
  • Oxcarbazepine
  • Phenobarbital
  • Phenytoin
  • Pioglitazone
  • Prednisolone
  • Primidone
  • Rifabutin
  • Rifampin
  • Rifapentine
  • Ritonavir
  • Rosuvastatin
  • Rufinamide
  • Selegiline
  • St John’s Wort
  • Telaprevir
  • Topiramate
  • Troglitazone
  • Troleandomycin
  • Voriconazole
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan medroxyprogesterone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena dapat menyebabkan terjadinya interaksi obat. Mengkonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda terkait makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Hindari mengonsumsi kafein saat Anda sedang menggunakan obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan medroxyprogesterone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • perdarahan vagina yang tidak biasa
  • pernah atau sedang mengalami darah menggumpal
  • diketahui atau diduga memiliki kanker payudara
  • penyakit liver
  • sedang hamil
  • masalah dengan sirkulasi atau pembekuan darah, sekarang atau di masa lalu
  • stroke, atau pernah stroke – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • asma
  • depresi, sejarah
  • retensi cairan (edema atau badan bengkak)
  • penyakit jantung
  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • penyakit ginjal
  • sakit kepala/migrain (sakit kepala parah)
  • osteoporosis, sedang atau berisiko – Gunakan obat ini dengan hati-hati. Mungkin dapat membuat kondisi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Dalam keadaan darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/andalan-injeksi-andalan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

88 − 83 =