Let’s travel together.

Manfaat Susu Kedelai untuk Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

0 2

Manfaat Susu Kedelai untuk Tubuh Lebih Sehat dan BugarJika Anda penyuka susu kedelai, maka pilihan Anda sudah tepat karena banyak sekali manfaat susu kedelai bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Susu kedelai pertama kali dikenal di China pada masa pemerintahan Dinasti Han. Dikisahkan, ibu dari sang raja yang memerintah di masa itu sedang sakit dan tidak dapat mengunyah makanan keras. Raja kemudian menggiling kacang kuning yang sebelumnya telah direndam, menjadi cairan yang disebut dengan susu kacang. Setelah meminum susu kacang, sakit sang ibu perlahan membaik yang membuat susu kacang kemudian menyebar luas ke masyarakat. Susu kacang inilah yang menjadi cikal bakal susu kedelai yang kita kenal sekarang ini.

Susu kedelai atau sari kedelai dibuat dengan cara merendam kedelai kering dalam air yang kemudian diblender, disaring, dan direbus. Menurut ahli nutrisi, susu kedelai tidak termasuk dalam kategori susu, karena susu adalah sebutan bagi cairan yang diproduksi oleh kelenjar susu pada manusia dan mamalia. Sebutan susu kedelai adalah karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip susu.

Apa Saja Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh Kita?

Susu kedelai sebanyak 100 ml menyediakan 80 kalori dari 4 gram karbohidrat, 1 gram gula, 4 gram lemak, dan 7 gram protein. Susu kedelai yang sudah diproses dan dikemas juga menyediakan vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin D dengan kandungan berkisar antara 10 hingga 45% dari jumlah yang direkomendasikan. Selain itu, susu kedelai juga mengandung kalsium dan magnesium dengan jumlah yang juga signifikan.

Kandungan nutrisi dalam susu kedelai yang cukup kaya membuatnya mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi, dalam proses pembuatannya, susu kedelai dapat ditambahkan bermacam-macam rasa sehingga tidak kalah enak dari susu sapi. Di bawah ini adalah beberapa manfaat susu kedelai yang pastinya tidak ingin Anda lewatkan:

  • Susu kedelai sebagai alternatif pilihan yang tepat untuk menggantikan susu sapi

Sebagian orang mengalami kondisi yang disebut dengan lactose intolerance. Lactose intolerance adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap laktosa (gula yang terdapat dalam susu dan produk susu) karena kurangnya atau tidak adanya enzim laktase dalam tubuh. Apabila Anda mengalami kondisi ini, Anda dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Apalagi susu kedelai memiliki usia simpan yang lebih panjang daripada susu sapi, dan bahkan beberapa jenis susu kedelai yang sudah dalam bentuk kemasan dapat disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa bulan.

  • Susu kedelai mengandung vitamin B kompleks

Salah satu manfaat susu kedelai adalah sebagai sumber vitamin B2 dan B12 yang sangat kaya. Fungsi vitamin B12 adalah untuk membantu sel-sel tubuh dalam memproduksi DNA, membantu fungsi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia dan mempertahankan fungsi sel-sel saraf. Sejalan dengan vitamin B12, vitamin B2 membantu tubuh menghasilkan lebih banyak energi dan melindungi DNA dari kerusakan.

Secangkir susu kedelai mengandung 3 mikrogram vitamin B12, melebihi kebutuhan vitamin B12 harian yang sejumlah 2.4 mikrogram. Sedangkan kandungan vitamin B2 dalam sejumlah yang sama susu kedelai adalah sebesar 0.5 miligram, yang mencukupi separuh kebutuhan harian tubuh baik pada pria dan wanita.

  • Susu kedelai mengandung protein dengan kualitas tinggi

Kita mengenal asam amino sebagai senyawa organik yang menyusun protein. Terdapat beberapa jenis asam amino, di antaranya adalah asam amino kondisional, asam amino non esensial, dan asam amino esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Terdapat sembilan jenis asam amino esensial yang kita butuhkan. Sumber protein nabati biasanya hanya mengandung sebagian dari asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh sedangkan kedelai mengandung semua jenis asam amino esensial tersebut. Inilah salah satu manfaat susu kedelai yang sangat penting. Tubuh kemudian akan mengolah kesembilan jenis asam amino esensial tersebut untuk membentuknya menjadi antibodi yang penting bagi sistem kekebalan tubuh, protein yang membentuk struktur jaringan, dan enzim-enzim lain yang membantu sel-sel tubuh menghasilkan energi.

  • Susu kedelai sebagai sumber kalsium dan zat besi

Tubuh membutuhkan kalsium untuk mempertahankan jaringan tulang yang padat dan kuat. Apabila kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, yang kemudian akan mengurangi kepadatannya dari waktu ke waktu. Secangkir susu kedelai (tanpa tambahan pemanis) dapat mencukupi kebutuhan 299 miligram kalsium, atau setara dengan 30% kebutuhan kalsium harian.

Zat besi dalam susu kedelai membantu pembuluh darah untuk berfungsi dengan baik, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan jaringan di seluruh tubuh mendapat oksigenasi yang dibutuhkan. Satu kali penyajian susu kedelai mengandung 1.1 miligram zat besi yang setara dengan 14% kebutuhan zat besi harian pada pria dan 6% kebutuhan zat besi harian pada wanita. Kandungan kalsium dan zat besi dalam susu kedelai yang tidak kalah jika dibandingkan dengan susu sapi inilah yang membuat manfaat susu kedelai tidak dapat dipandang sebelah mata.

  • Memperbaiki profil lemak dalam darah

Tidak seperti susu sapi yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi, susu kedelai lebih banyak mengandung lemak tak jenuh dengan kadar kolesterol yang mendekati nol. Lemak tak jenuh berfungsi mencegah aliran kolesterol dalam aliran darah.

Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi kedelai (bisa dalam bentuk mentah, susu, atau lainnya, misalnya tahu atau tempe) dapat secara signifikan menurunkan konsentrasi trigliserida dan LDL (low density lipoprotein/lemak jahat) serta menaikkan konsentrasi HDL (high density lipoprotein/lemak baik). Fakta ini meneguhkan manfaat susu kedelai untuk minuman sehari-hari apabila Anda memiliki kadar kolesterol tinggi atau riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

  • Berperan penting dalam menurunkan berat badan

Secara alami, susu kedelai memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada susu sapi. Sebagai perbandingan, dalam satu cangkir susu sapi terkandung 12 gram gula, sedangkan pada susu kedelai hanya 7 gram saja. Oleh sebab itu, kalori dalam susu kedelai pun lebih rendah daripada susu sapi.

Akan tetapi, kandungan serat dalam susu kedelai lebih banyak, sehingga jika meminumya Anda akan merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, asam lemak tak jenuh dalam susu kedelai dapat membantu mencegah dinding usus menyerap lemak. Beberapa hal tersebutlah yang menjelaskan manfaat susu kedelai dalam menurunkan berat badan.

Susu kedelai mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, juga fitoantioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ikatan komponen tersebut melindungi dinding sel dari serangan radikal bebas. Mekanisme inilah yang mendasari manfaat susu kedelai untuk mencegah beberapa jenis kanker.

Di samping itu, dalam kedelai terdapat fitoestrogen, yakni hormon yang dapat mencegah pembentukan testosteron pada pria. Penurunan kadar testosteron dapat secara signifikan mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Penelitian menunjukkan bahwa kelompok pria yang mengkonsumsi diet kaya kedelai memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker prostat.

Dari beberapa poin di atas, kini kita mengetahui bahwa ternyata manfaat susu kedelai sangat banyak. Cara membuat susu kedelai pun sangat mudah. Pertama-tama cuci bersih kacang kedelai lalu rendam beberapa jam. Setelah itu, bersihkan kulit arinya. Blender kacang kedelai yang telah dibersihkan hingga halus, lalu saring dengan kain atau saringan yang lubangnya kecil. Langkah berikutnya adalah dengan merebus sari kedelai agar tidak langu. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat susu kedelai sendiri, jangan khawatir. Banyak susu kedelai siap saji yang dapat langsung Anda nikmati .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 79 = 85