Let’s travel together.

Makanan yang Menjadi Pantangan setelah Operasi Usus Buntu

0 2

Makanan yang Menjadi Pantangan setelah Operasi Usus BuntuInformasi mengenai pantangan setelah operasi usus buntu tentu penting untuk diketahui. Sebab, dengan begitu proses pemulihan tubuh setelah operasi usus buntu bisa terjadi secara lebih optimal. Selain itu, pemahaman terkait pantangannya juga bisa menjadi tindakan pencegahan supaya tidak sampai terjadi komplikasi atau bahkan penyakit tambahan pasca operasi. Secara rinci, pantangan pasca operasi usus buntu akan diulas di bawah ini.

Pantangan Setelah Operasi Usus Buntu untuk Pasien

Usus merupakan organ tubuh yang terletak di dalam perut. Ketika seseorang mengalami penyakit usus buntu, satu-satunya jalan adalah dengan memotong usus tersebut supaya pencernaan bisa kembali lancar. Nah, walaupun telah dioperasi, usus ini tidak bisa langsung menjalankan fungsinya sebaik ketika ia berada dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, supaya tidak merasa nyeri saat makan setelah operasi, pasien usus buntu harus memperhatikan apa saja yang tidak bisa ia konsumsi seperti ulasan berikut.

  1. Makanan Padat

Apakah kamu pernah terjatuh sampai kulitmu terkelupas dan berdarah? Ketika kulit luka tersebut tergesek kain baju atau celana, rasanya pasti sangat pedih bukan? Nah hal ini juga terjadi pada usus yang baru dioperasi. Kamu harus memperlakukan ususmu seperti kulit luar yang luka. Jika usus yang baru dijahit itu terkena makanan padat yang belum halus saat melewati usus, maka kamu akan merasa nyeri dan ada kemungkinan jahitan di ususnya bisa robek.

  1. Makanan Keras

Makanan yang teksturnya keras juga merupakan pantangan setelah operasi usus buntu. Sebab, makanan keras yang belum tercerna dengan baik bisa melukai usus yang belum pulih setelah operasi. Contoh makanan keras adalah seperti keripik yang jika tidak dikunyah sampai halus bisa berbentuk runcing dan memiliki kemungkinan untuk menggores dinding usus.

  1. Makanan Pedas

Makanan yang memiliki kandungan cabai, paprika, jahe, merica, dan bahan-bahan lain yang menimbulkan rasa pedas adalah pantangan setelah operasi usus buntu. Sebab, bahan-bahan tersebut adalah penyebab utama radang usus. Sifatnya yang pedas dapat memicu luka dan radang pada usus bagian atas. Hal ini tentu tidak baik bagi proses penyembuhan usus, karena radang pada usus atas bisa memicu muntah saat pasien mengkonsumsi sesuatu.

  1. Makanan Berkadar Gula Tinggi

Setelah operasi sebaiknya pasien mengkonsumsi makanan yang memiliki cita rasa netral, bahkan jika bisa rasanya cenderung plain. Sebab, gula yang tinggi di dalam tubuh bisa memicu tinja untuk keluar lebih cepat. Jika di dalam tubuhmu belum terisi banyak makanan, kamu bahkan bisa menderita diare karena makan makanan manis. Jadi, hindarilah permen, sirup, cookies, dan makanan-minuman lain yang bergula banyak supaya bisa sehat lebih cepat.

  1. Makanan Berlemak

Gorengan memang merupakan camilan sore hari yang lezat. Namun, menu ini adalah pantangan setelah operasi usus buntu. Sebab, lemak jenuh dari gorengan bisa tertinggal di usus yang baru dioperasi dan tidak tercerna dengan baik. Tentunya kamu tidak ingin operasi usus kedua kalinya akibat lemak yang menumpuk bukan?

  1. Makanan dan Minuman yang Mengandung Gas

Gas yang berlebih di dalam tubuh normal saja rasanya tidak nyaman, apalagi bila kamu baru selesai operasi usus buntu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari brokoli, lettuce, dan kacang, karena ketiganya memiliki kandungan gas yang tinggi jika dikonsumsi. Selain itu, minuman ringan seperti cola dan soda juga berkadar gas tinggi jadi untuk sementara hindari lah mereka. Tak hanya itu, soda dan cola juga gulanya sangat tinggi sehingga bisa menimbulkan diare.

  1. Minuman Beralkohol dan Berkafein

Alkohol dan kafein adalah musuh utama penderita penyakit usus. Kafei sendiri merupakan penyebab utama maag dan alkohol tentu sudah dikenal sebagai faktor pemicu banyak penyakit tubuh yang salah satunya juga pemicu sakit usus.

Itulah beberapa pantangan setelah operasi usus buntu yang bisa kamu jadikan sebagai patokan supaya tidak sampai salah pilih menu. Walaupun kelihatannya kamu tidak bisa makan dan minum secara bebas, namun percayalah bahwa penderitaan sejenak ini akan membawamu pada kesehatan yang membahagiakan. Nah, supaya pemulihan pasien usus buntu dapat terjadi lebih cepat, konsumsilah makanan sesuai rekomendasi berikut ini.

Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Operasi Usus Buntu

Selain pantangan, tentu ada daftar makanan apa saja yang bisa mempercepat pemulihan usus supaya bisa berfungsi seperti usus normal lainnya. Simak daftarnya secara lengkap di bawah ini.

  1. Makanan Bertekstur Lunak

Bubur adalah makanan yang lazim diberikan pada orang yang sakit. Padahal, tidak semua penyakit akan membaik jika pasiennya memakan bubur. Seperti sakit diare misalnya, tentu makan makanan padat akan lebih dianjurkan. Namun, untuk pasien usus buntu, bubur memang yang terbaik. Teksturnya yang lunak dan lembut akan mudah dicerna usus dan tidak memiliki resiko menciderai dinding usus. Jika pasien tidak menyukai bubur, menu ini bisa diganti dengan pisang atau makanan lunak lain.

  1. Yogurt

Penderita usus buntu memang tidak dianjurkan minum susu karena ia merupakan pantangan setelah operasi usus buntu. Penyebabnya adalah karena susu memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, jika susu fermentasi seperti yogurt, ia akan memberikan efek yang sebaliknya. Yogurt justru akan membantu memulihkan usus lebih cepat karena bakteri di dalam yogurt merupakan bakteri baik yang memang akan memberikan dampak positif untuk pencernaan dan kesehatan usus.

  1. Buah-buahan

Buah buahan yang dapat menyembuhkan usus buntu antara lain buah naga, pisang, apel, serta pir. Untuk pisang dan buah naga, pasien bisa langsung memakannya karena teksturnya lembut dan mudah hancur di mulut. Namun, untuk apel dan pir, sebaiknya dijus terlebih dulu dengan menambahkan sedikit saja air dan tanpa menambahkan gula. Jika ingin rasa manis, madu bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pengganti gula.

  1. Wortel dan Labu Kuning

Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki warna oranye. Kesamaan warna ini bukan tanpa makna, sebab keduanya termasuk bahan makanan yang memiliki kandungan beta karotein tinggi. Dengan menyajikan jus wortel ditemani labu kukus, pasien usus buntu pasti akan sehat lebih cepat.

Selain melalui makanan, pemulihan pasien juga akan lebih cepat terjadi bila ia memiliki jam istirahat yang cukup. Sebaiknya, lakukan bed rest hingga 3 hari dan jangan melakukan pekerjaan berat hingga 10 hari setelah operasi. Sebab, pekerjaan berat bisa saja membuat jahitan ususnya terbuka kembali. Pastikan juga untuk selalu minum air putih yang cukup yakni sebanyak 8-10 gelas perhari. Hal ini akan membantumu untuk terhindar dari dehidrasi.

Jika ingin hidupmu sehat kedepannya, pastikan rutin minum satu gelas air putih hangat setiap bangun tidur. Hal tersebut akan membantu menjadi detoks bagi tubuhmu sehingga kamu tak perlu mengalami usus buntu hingga harus menjalani program menghindari pantangan setelah operasi usus buntu. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan baik-baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

6 + 1 =