Let’s travel together.

Makanan Bayi Berusia 1 Tahun, Menu dan Tips Pemberian

0 2

Makanan Bayi Berusia 1 Tahun, Menu dan Tips PemberianSetelah menginjak satu tahun usia nya, kebanyakan bayi akan menunjukkan penolakan pada makanan dan penurunan nafsu makan. Hal ini tak jarang akan membuat anda frustasi dan sedih. Berikut akan disajikan beberapa contoh menu makanan sehat yang dapat anda gunakan sebagai alternatif makan bagi bayi anda, serta tips dalam pemberian makan.

Menu Makanan Sehat Bayi 1 Tahun

Berat badan bayi berusia 1 tahun haruslah mencapai 3 kali berat lahirnya. Kebutuhan kalori total untuk anak berusia 1 tahun adalah tidak lebih dari 1000 kalori yang terbagi dalam 3 kali makan dan 2 kali pemberian snack per hari. Jumlah ini cukup untuk pertumbuhan optimal, kebutuhan energi dan nutrisi nya.

Kombinasi makanan sehat bagi bayi harus mencakup buah, sayuran dan sumber protein lunak. Pada usia ini bayi anda dapat mulai diperkenalkan dengan makanan padat yang dimakan oleh orang tuanya. Sehingga sangat penting untuk tetap memberikan makanan sehat seperti kombinasi sayuran dan daging lunak, sehingga ia akan terbiasa dengan makanan sehat hingga menginjak dewasanya nanti.

Tetap berikan ASI pada usia ini, dan penuhi hingga usia 2 tahun. Apabila cadangan ASI anda menipis, kebutuhan susu dapat diganti atau ditambahi dengan susu formula maupun susu sapi. Mulailah dengan pemberian susu fullcream untuk pemenuhan kebutuhan lemak dan berat badan ideal pada usia ini. Berikut beberapa menu makanan sehat bayi 1 tahun yang dapat anda coba praktikkan dirumah:

1. Bubur Sayur Gurih

Siapkan bahan bubur sayur gurih antara lain beras putih, bayam (cincang halus), wortel (parut), labu siam (parut), kaldu ayam dan santan. Masak beras putih menjadi bubur dengan mencampurkan kaldu ayam, wortel dan labu siam yang sudah diparut halus. Ketika hampir matang masukkan santan dan aduk merata, terakhir masukkan bayam yang telah dicincang dan berikan bersama telur puyuh rebus.

2. Sup Ikan Marlin

Siapkan bahan sup ikan marlin antara lain fillet ikan marlin (potong dadu), wortel dan kentang (potong dadu kecil), kembang kol (iris halus). Untuk bahan bumbu haluskan bawang merah dan bawang putih, daun salam (cuci bersih) dan daun bawang (iris halus). Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah di haluskan beserta daun salam, bila wangi telah tercium masukkan kaldu ayam, wortel dan kentang rebus hingga mendidih.

Setelah sayur matang masukkan potongan fillet ikan, gula, garam dan merica secukupnya. Masak hingga matang, dan sebelum panci diangkat masukkan irisan kembang kol dan daun bawang di atas sup ikan marlin.

3. Sayur Bayam Ayam Suwir

Siapkan bahan sayur bayam ayam suwir antara lain dada ayam, wortel (potong dadu kecil), jagung manis, dan daun bayam secukupnya. Bumbu gunakan garam dan gula pasir secukupnya. Langkah pertama rebus dada ayam dalam air hingga matang dan empuk kemudian angkat dan suwir dada ayam.

Masak kembali kaldu ayam dengan tambahan wortel dan jagung manis pipil, hingga sayuran empuk. Tambahkan gula dan garam secukupnya dan daun bayam hingga bayam layu. Sajikan sayur bayam dengan ayam suwir dan nasi putih hangat.

4. Sup Tahu Sayuran

Siapkan bahan antara lain tahu dan wortel (potong dadu kecil), daun bawang (iris halus) dan satu butir telur ayam. Bumbu gunakan hanya bawang merah yang diiris tipis dan garam secukupnya.

Cara membuatnya pertama tumis bawang merah, kemudian masukkan dalam rebusan air. Tambahkan tahu, wortel, telor ayam dan aduk rata. Tambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa. Masak hingga wortel matang. Berikan pada anak dengan tambahan nasi putih hangat.

5. Omelet Tahu

Resep ini amat mudah. Bahan yang disiapkan antara lain 1 butir telur ayam, tahu (haluskan) dan garam secukupnya. Masukkan semua bahan dalam wajan, goreng sebentar hingga matang dan cincang omelet tahu saat diberikan pada anak.

Camilan Sehat yang Bisa Diberikan pada Bayi Usia 1 Tahun

Selain menu makanan sehat, pemberian selingan snack sehat amat diperlukan bagi pertumbuhan bayi 1 tahun. Jangan membayangkan snack ini adalah makanan ringan seperti chips atau kerupuk. Karena snack sehat bagi bayi adalah camilan seperti biskuit atau puding. Berikut beberapa menu snack atau camilan sehat yang dapat anda coba praktikkan sendiri dirumah:

1. Puding Wortel

Berikut resep untuk membuat puding wortel antara lain 1 batang wortel, potong dan rebus hingga empuk lalu blender dengan 100 ml air. Didihkan segelas susu cair (200 ml), 1 – 2 sendok teh gula pasir dan satu setengah agar-agar putih atau plain. Kemudian campurkan dengan jus wortel yang telah dibuat sebelumnya. Tunggu adonan puding hangat lalu cetak dalam cetakan puding dan dinginkan dalam kulkas.

2. Puding Roti Susu Coklat

Untuk pudding roti susu coklat, kocok satu butir telur dengan 125 ml susu cair cokelat (gunakan susu UHT), kemudian campurkan dengan sobekan 2 lembar roti tawar. Tuang adonan dalam Loyang tahan panas dan kukus selama 15 – 20 menit. Setelah matang tambahkan taburan keju diatas pudding.

3. Puding Oatmeal

Sama dengan resep sebelumnya, kocok satu butir telur dengan 150 ml susu cair cokelat (gunakan susu UHT). Tambahkan 3 sendok makan cereal atau oatmeal dan 1 – 2 sendok teh gula pasir. Tuang adonan dalam Loyang tahan panas dan kukus selama 20 menit. Setelah matang tambahkan taburan keju diatas pudding oatmeal.

Tips Pemberian Makanan Sehat untuk Bayi

Tidak ada hal yang sulit dalam menyiapkan makanan sehat bagi bayi 1 tahun. Namun orang tua kebanyakan akan mengeluhkan susahnya pemberian makanan pada anak. Berikut beberapa pengetahuan dan tips pemberian makanan sehat yang penting untuk anda ketahui:

1. Kebiasaan dan pola makan yang berubah tiap harinya

Kebiasaan dan pola makan bayi berusia 1 tahun akan berubah setiap harinya. Pada tahapan ini anak terkadang dapat makan banyak di pagi hari dan tidak makan sama sekali hingga malam. Dapat pula hanya mau makan menu yang sama selama 3 hari berturut-turut kemudian menolak menu tersebut di hari keempat. Kuncinya adalah kesabaran ibu dan pengasuh.

2. Tidak memaksa anak untuk makan

Lebih baik anda tidak memaksa anak untuk makan lebih banyak. Tapi gunakan metode lain seperti memuji atau memberikan pengertian bahwa anda sangat senang jika anak anda mampu menghabiskan porsi makanannya.

3. Tidak mengurangi konsumsi lemak

Pada awal usia 1 hingga 2 tahun kebutuhan lemak harus terpenuhi separuh dari total kalori yang diperlukan. Kolesterol dan lemak baik lain sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak.

4. Pastikan makanan diberikan dalam keadaan hangat/tidak panas dan tidak menggunakan perasa makanan yang berlebih

Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa makanan yang akan anda suapkan dalam kondisi hangat, untuk menghindari terbakarnya mulut bayi. Jangan kenalkan anak anda dengan kelezatan bumbu perasa atau kaldu buatan. Gunakan bumbu dasar yang asli sehingga anak akan terbiasa dengan makanan sehat hingga dewasanya.

Demikian telah tersaji berbagai informasi menu mudah makanan bayi usia 1 tahun yang sehat, snack sehat dan beberapa tips pemberian makanan sehat. Kesabaran anda adalah kunci kesuksesan dalam pemberian makan bayi usia 1 tahun. Pasti anda akan bangga apabila bayi anda memiliki tubuh yang sehat dan montok bukan. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 41 = 51