Let’s travel together.

Kopi Hijau, Minuman Sehat atau Tidak?

0 2

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Kopi Hijau, Minuman Sehat atau Tidak? tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Kopi Hijau, Minuman Sehat atau Tidak? , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Kopi Hijau, Minuman Sehat atau Tidak? kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

kopi-hijau-doktersehat
Photo Source: Flickr/deapeajay

DokterSehat.Com– Jika membicarakan tentang kopi, maka hal pertama yang akan terpikirkan biasanya adalah kopi hitam atau kopi yang memiliki rasa-rasa seperti mocca, susu, dan lain-lain yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Hanya saja, belakangan ini terdapat produk kopi hijau yang sepertinya sangat menarik untuk dicoba. Sebenarnya, kopi hijau termasuk dalam minuman sehat atau tidak sih?

Manfaat Minum Kopi Hijau

Kopi hijau ternyata didapatkan dari biji kopi yang tidak diproses dengan cara dipanggang ataupun disangrai. Biasanya, kopi ini berasal dari jenis Arabica yang memiliki kadar asam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi yang biasanya kita konsumsi.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari minum kopi hijau.

  1. Bisa Membantu Meningkatkan Laju Metabolisme

Kandungan asam klorogenik di dalam kopi hijau tergolong tinggi. Sebagai informasi, asam ini bisa membuat laju metabolisme tubuh meningkat dan akhirnya membuat gula darah berlebihan dilepas dari organ liver kita. Kondisi ini akan berimbas pada meningkatnya pembakaran sel-sel lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat berat badan akan semakin menurun.

  1. Bisa Membantu Menahan Nafsu Makan Berlebihan

Salah satu hal yang paling sulit untuk dilawan saat menjalankan program diet adalah mengatasi rasa lapar. Beruntung, di dalam kopi hijau terdapat kandungan yang bisa membantu mengembalikan keseimbangan hormon yang mengendalikan rasa lapar dan kenyang. Hal ini tentu akan berimbas pada pola makan yang jauh lebih baik.

  1. Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Kandungan di dalam kopi hijau ternyata bisa membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini tentu akan membuat berbagai macam racun dan zat sisa dari dalam tubuh akan bisa dibuang dengan lancar. Bahkan, pakar kesehatan menyebut kelebihan lemak dan kolesterol LDL juga akan ikut terbuang melalui pross ini.

  1. Tinggi Antioksidan

Sebagaimana kopi pada umumnya, kopi hijau juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebaan tubuh dan melawan paparan buruk radikal bebas dan peradangan. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Agricultural and Food Cemistri yang terbit pada Juli 2004 silam.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa di dalam kopi hijau terdapat kandungan asam klorogenat yang bisa melawan perkembangan beberapa jenis kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Clinical and Experimental Hypertension pada 2006 silam menyebutkan bahwa rutin minum kopi hijau bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

  1. Meningkatkan Suasana Hati dan Fungsi Kognitif Otak

Keberadaan kafein di dalam kopi hijau akan membuat suasana hati meningkat dan menambah semangat. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Nutrition Bulletin pada 2008 silam membuktikan bahwa mengonsumsinya bisa meningkatkan fungsi kognitif dalam hal kewaspadaan, fungsi memori, fokus, dan lain-lain.

Efek Samping Kopi Hijau

Hanya saja, konsumsi kopi hijau juga bisa memberikan efek samping tersendiri, khususnya bagi mereka yang cenderung sensitif dengan kafein. Hal ini bisa saja berimbas pada gangguan tidur, perut mual dan sensasi kembung, jantung yang berdebar-debar, hingga sakit kepala dan kegelisahan.

Selain itu, bagi mereka yang mengalami masalah gangguan kecemasan, masalah perdarahan, mengidap diabetes, mengalami diare, mengalami masalah glaukoma, memiliki kadar kolesterol tinggi, memiliki sindrom iritasi usus, hingga mengalami masalah osteoporosis sebaiknya tidak sembarangan minum kopi hijau karena bisa saja menyebabkan dampak kesehatan bagi tubuhnya.

 

Sumber:

  1. 2019. What is green coffee and is it safe?. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/what-is-green-coffee-and-is-it-safe/photostory/71332826.cms. (Diakses pada 11 November 2019).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/kopi-hijau-sehat-atau-tidak/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

7 + 1 =