Kimia Isomer Stuktural Senyawa Pada Alkana Dan Sistem

Kimia Isomer Stuktural Senyawa Pada Alkana Dan Sistem
Kimia Isomer Stuktural Senyawa Pada Alkana Dan Sistem

Ketentuan penamaan senyawa alkana mengikuti konvensi iupac (international union of pure and applied chemistry), yaitu sistem tata nama yang didasarkan pada gagasan bahwa struktur sebuah senyawa. Nama senyawa hidrokarbon ini ialah : 3 etil 6 isopropil 2,4 dimetil nonana pada tata nama alkana tersebut, dimana etil berada di bagian paling depan sesuai dengan abjad, kemudian isopropil dan metil (dimetil). isomer pada alkana isomer adalah rumus molekul yang sama tapi strukturnya berbeda.dia menunjukkan isomer apabila mempunyai sifat yang berbeda baik itu sifat kimia maupun sifat fisika. Sebelum membahas tata nama senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna, hal yang harus diketahui adalah deret homolog. dalam senyawa hidrokarbon, rangkaian atau deret homolog adalah deret senyawa hidrokarbon dengan rumus umum yang sama, biasanya bervariasi menurut satu parameter – seperti panjang rantai karbon. Pada dasarnya, rumus struktur alkana, alkena, dan alkuna tidaklah jauh berbeda. hanya saja, untuk alkana ditandai dengan tidak adanya rantai rangkap, alkena ditandai dengan adanya rantai rangkap 2, dan alkuna ditandai dengan adanya rantai rangkap 3. Isomer alkana, alkena, alkuna, rumus, contoh, gambar, senyawa kimia, soal, kunci jawaban isomer adalah suatu senyawa yang memiliki rumus molekul sama, namun rumus strukturnya berbeda.

Kimia Isomer Stuktural Senyawa Pada Alkana Dan Sistem
Kimia Isomer Stuktural Senyawa Pada Alkana Dan Sistem

Isomer struktural adalah senyawa dari rumus kimia yang sama yang memiliki struktur dan sifat yang berbeda didasarkan pada bagaimana konstituen atom mereka diurut. sebagai contoh, ada dua isomer struktural dengan sama rumus kimia c 4 h 10 , ch 3 ch 2 ch 2 ch 3 butana yaitu normal dan metilpropana (ch 3 ) 2 chch 2 ch 3 . Isomer struktur. keisomeran struktur terjadi akibat perbedaan susunan ikatan antar atom atom ataupun gugus gugus fungsi dalam suatu molekul. keisomeran struktur dapat dibedakan menjadi: isomer kerangka. senyawa senyawa yang merupakan isomer kerangka mempunyai rumus molekul dan gugus fungsi yang sama, namun kerangka (rantai karbon utama) berbeda. Sistem pemberian nama (r) dan (s) diperlukan untuk memberi nama senyawa yang memiliki atom c kiral. dalam bahasa lati (r) melambangkan "rectus" yang artinya kanan dan (s) melambangkan "sinister" yang artinya kiri. sistem tata nama r dan s ini disebut juga sistem chan ingeld prelog. Senyawa karbon: pengertian, struktur, tata nama, isomer, identifikasi pada kelas x, anda telah mempelajari senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna.dari senyawa senyawa tersebut, dapat diperoleh berbagai senyawa turunan yang berperan di dalam keseharian kita. anda tentu pernah menggunakan minyak wangi. Penamaan alkana mengikuti sistem iupac, yaitu sistem tata nama yang didasarkan pada gagasan bahwa struktur suatu senyawa organik dapat digunakan untuk menurunkan namanya dan sebaliknya, bahwa suatu struktur yang unik dapat digambar untuk tiap nama. dasar sistem iupac yaitu alkana rantai lurus. a. alkana rantai lurus (tidak bercabang).


Tata Nama Iupac Alkana Kimia Sma

Pada senyawa pertama, dua gugus yang identik yaitu h – h dan ch3 – ch3 terletak bersebarangan, maka senyawa ini kita sebut berisomer trans. sedangkan pada senyawa kedua, letak gugus gugus yang identik ada pada satu sisi yang sama maka senyawa ini disebut berisomer cis. Hal itu karena perbedaan dari segi struktural sedikit saja pun akan mempengaruhi sifat keseluruhan dari suatu senyawa kimia. jenis isomer dan contohnya. pada dasarnya terdapat dua jenis utama dari isomer yang akan dibagi lagi dalam sub kategori di dalamnya. jenis utama dari isomer yaitu isomer struktur dan stereoisomer. Isomer struktural adalah senyawa dari rumus kimia yang sama yang memiliki struktur dan sifat yang berbeda didasarkan pada bagaimana konstituen atom mereka diurut. isomer struktural karbon tidak dibatasi hanya untuk karbon dan hidrogen, meskipun mereka adalah contoh paling terkenal dari isomer struktural. Isomer struktural adalah senyawa dari rumus kimia yang sama yang memiliki struktur dan sifat yang berbeda didasarkan pada bagaimana konstituen atom mereka diurut. sebagai contoh, ada dua isomer struktural dengan sama rumus kimia c 4 h 10 , ch 3 ch 2 ch 2 ch 3 butana yaitu normal dan metilpropana (ch 3 ) 2 chch 2 ch 3 . Untuk mengetahui susunan mana yang merupakan cairan dan mana yang merupakan gas, yaitu dengan melakukan pengujian kimia sederhana. cairan c 2 h 6 o (etil alcohol atau etanol) bereaksi denagn logam natrium menghasilkan gas hydrogen dan senyawa baru c 2 h 5 o na. sedangkan gas c 2 h 6 o (dimetil eter) tidak bereaksi dengan logam natrium. keduannya merupakan isomer – isomer struktur dimana.

Related image with kimia isomer stuktural senyawa pada alkana dan sistem

Related image with kimia isomer stuktural senyawa pada alkana dan sistem