Let’s travel together.

Khasiat Putih Telur Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

0 3

Khasiat Putih Telur Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit KepalaApakah Anda pernah mendengar khasiat putih telur bagi kesuburan rambut? Ya, bukanlah mitos apabila putih telur dapat membantu Anda untuk mengatasi kerontokan, kusam dan kondisi rambut yang kering maupun terlalu banyak minyak. Memiliki rambut yang tumbuh subur, lebat, hitam dan bebas uban dengan perawatan yang tidak mahal bukanlah hal yang sulit asalkan tahu bagaimana caranya memanfaatkan putih telur ini!

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Putih Telur bagi Rambut

Telur unggas terkenal sebagai sumber protein hewani yang memiliki kualitas terbaik ketika dikonsumsi sebagai makanan. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa banyak sekali kandungan nutrisi di dalam putih telur terutama bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Berikut akan diberikan informasi mengenai detail kandungan dan nutrisi putih telur, manfaat dan bagaimana cara terbaik mengambil manfaat putih telur untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Kandungan Protein untuk Mencegah Rambut Rusak dan Patah

Kekurangan protein adalah penyebab utama dari rambut rusak dan gampang patah. Dalam sebutir telur, terdapat lebih dari 6 gr protein, dan dengan mengkonsumsi nya akan memenuhi sebesar 13% kebutuhan harian yang direkomendasikan oleh Pakar Gizi Internasional (Dr. Mitch Kanter). Kandungan protein pada putih telur pun ternyata lebih besar daripada protein yang berada pada kuning telur, yakni sebesar lebih dari 4 gr dari total protein yang terkandung dalam sebutir telur.

Untuk mendapatkan manfaat putih telur demi mencegah kerontokan rambut selain dikonsumsi dalam bentuk makanan, yakni adalah dengan mencampurkan putih telur mentah dengan satu sendok makan madu dan yogurt serta tambahkan setengah sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga merata lalu oleskan masker tersebut ke rambut. Mulailah pada bagian akar hingga ujung rambut dengan cara memijat lembut. Diamkan selama dua jam, dan bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Campuran telur putih mentah beserta madu yang kaya akan gula membantu melembabkan kulit kepala dan menutrisi folikel rambut. Madu dan yogurt ini juga dipercaya membantu penyerapan protein lebih baik, sehingga kerusakan rambut seperti patah dan bercabang dapat dicegah dengan baik. Laksanakan perawatan ini rutin selama satu kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

  1. Kandungan Kalium untuk Mencegah Kerontokan Rambut

Kekurangan kalium ternyata menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi garam (natrium) maka kandungan garam ini akan berkumpul pada folikel rambut. Menyebabkan kalium tidak dapat menyalurkan kebutuhan air dan menyebabkan terjadinya kerontokan rambut dan kerusakan kulit kepala.

Terkandung sedikitnya 163 mg kalium dalam 100 gram putih telur mentah. Campurkan satu putih telur dan satu sendok makan minyak kelapa, lalu aduk hingga rata. Basahi rambut dan keringkan dengan handuk hingga terasa lembab, usapkan pada akar rambut dan kulit kepala dengan gerakan memijat, tunggu hingga mengering. Apabila telah kering, bilas dengan air dingin dan cuci rambut menggunakan shampoo.

Campuran putih telur yang mengandung kalium ditambah dengan minyak kelapa yang kaya akan asam oleat, asam linoleat dan Vitamin E akan membantu penyerapan air lebih baik ke dalam akar dan folikel rambut. Sehingga kerontokan rambut dan kondisi kekeringan pada kulit kepala dapat teratasi.

  1. Kandungan Vitamin B12 (Cobalamin) Sebagai Pembentuk Struktur Rambut dan Mencegah terjadinya Uban

Terdapat sekurangnya 1% Vitamin B12 dalam satu butir putih telur mentah. Vitamin ini adalah salah satu unsur utama dalam pembentukan struktur rambut. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B12, secara otomatis akan membantu merawat struktur dari rambut, mencegah uban serta mengembalikan warna alami rambut Anda.

Untuk mendapatkan fungsi maksimal dari Vitamin B12 yang berada pada putih telur tidak perlu mencampur putih telur dengan bahan lain. Kocok saja putih telur dengan tambahan 3 sendok makan air mawar hingga berbusa dan langsung aplikasikan sebagai masker pada kulit kepala dan rambut dengan pijatan ringan. Bilas dengan air dingin setelah masker putih telur kering.

Air mawar mengandung pelembab alami dan zat anti inflamasi. Sehingga dapat membantu melembabkan rambut yang kering serta mempercepat pertumbuhan rambut. Rutinkan penggunaan masker rambut ini setiap satu minggu sekali untuk hasil yang optimal.

  1. Putih Telur Dapat Mengikat Minyak Berlebih pada Rambut

Setiap kulit manusia akan dilengkapi dengan suatu kelenjar minyak yang berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap lembab. Namun untuk beberapa tipe kulit, kelenjar minyak ini memproduksi terlalu banyak minyak yang dapat menyebabkan terperangkapnya bakteri di dalam kulit kepala. Tidak jarang pada beberapa orang ditemukan jerawat pada kulit kepalanya. Bahkan rambut yang terlalu berminyak akan berbau tidak sedap dan tentu Anda tidak menginginkannya bukan.

Campurkan putih telur dengan perasan jeruk nipis atau lemon lalu kocok hingga merata. Aplikasikan pada rambut yang basah dan tunggu hingga mengering, selama kurang lebih satu hingga dua jam. Bilas masker dengan air dingin dan cuci rambut dengan shampoo.

Sifat asam dari perasan air jeruk nipis atau lemon membantu untuk mengatur pH kulit kepala dan mengontrol pengeluaran minyak oleh kelenjar minyak. Sehingga kombinasi putih telur dengan air perasan jeruk nipis dapat membantu Anda mengatasi minyak berlebih pada rambut.

Beberapa Tips Dalam Penggunaan Masker Putih Telur

Karena karakteristik putih telur yang lengket dan sedikit berbau, berikut akan disajikan pula beberapa tips dalam penggunaan masker putih telur

  1. Lakukan perawatan masker putih telur sebelum mandi. Hal ini dikarenakan cairan putih telur lengket dan akan mudah mengotori rumah Anda jika tercecer. Gunakan masker putih telur sebelum mandi, tutup kepala dengan cap plastik yang bersih dan cuci rambut segera setelah penggunaan masker putih telur.
  2. Selalu gunakan air dingin atau air suhu ruangan untuk membilas masker putih telur. Membilas dengan menggunakan air hangat atau air panas akan mengubah konsistensi cair putih telur menjadi padat, sehingga akan semakin sulit untuk dibersihkan dari rambut Anda.
  3. Gunakan bilasan ekstra untuk menghilangkan bau amis dari masker putih telur. Mencampur masker putih telur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, jeruk nipis maupun air mawar dapat membantu mengurangi bau amisnya.
  4. Gunakan shampoo herbal atau berbahan organik untuk mencuci rambut. Menggunakan shampoo buatan pabrik dengan bahan yang keras dapat menghilangkan efek perawatan masker putih telur pada rambut dan kulit kepala Anda.
  5. Hindari kontak masker putih telur dengan bagian kulit yang terbuka seperti mata, hidung dan mulut. Hal ini disebabkan karena putih telur mentah merupakan bahan makanan yang mudah terkontaminasi dengan bakteri dan virus yang dapat menganggu kesehatan Anda. Pastikan alat – alat beserta handuk yang digunakan dalam aplikasi masker putih telur ini dicuci dengan bersih sebelum dan setelah menggunakan.
  6. Waspada jika Anda adalah seseorang yang memiliki alergi terhadap telur unggas. Efek kemerahan dan gatal pada kulit kepala akan muncul jika reaksi alergi terhadap telur ini muncul.

Demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat putih telur bagi rambut dan kulit kepala serta lengkap dengan tips dan resep untuk mengaplikasikan masker putih telur. Rambut adalah mahkota baik bagi seorang wanita maupun pria. Kewajiban kita menjaga agar rambut tetap indah dan sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

30 + = 33