Let’s travel together.

Ketahui Manfaat dan Khasiat Timun untuk Mata yang Luar Biasa

0 1

Ketahui Manfaat dan Khasiat Timun untuk Mata yang Luar BiasaMata merupakan panca indera yang sangat penting dan wajib untuk dijaga. Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan manfaat terutama untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut akan dibahas manfaat timun untuk mata, serta bagaimana mengolah timun menjadi makanan maupun minuman, ataupun masker untuk kesehatan mata. Selamat membaca!

Berbagai Manfaat Timun untuk Mata

Timun memiliki nama latin Cucumin sativus, tumbuhan menjalar ini memiliki buah yang segar, kaya akan vitamin dan mineral. Tumbuh dan dibudidayakan hampir di seluruh dunia. Timun terkenal akan kesegarannya ketika dimakan dan diolah menjadi berbagai minuman maupun memiliki efek estetika atau kecantikan.

Dalam 100 gr daging buah mentimun terdapat 95% kandungan air. Terkandung kalori sebesar 16 kcal yang terdiri dari serat, natrium dan kalium, protein serta berbagai macam kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Berbagai penyakit maupun ketidaknyamanan pada mata dapat diatasi dengan timun. Berikut detail penjelasannya:

1. Mengobati Mata yang Bengkak

Terdapat berbagai penyebab mata yang bengkak. Selain adanya trauma atau benturan, menangis juga akan menyebabkan mata menjadi bengkak akibat adanya timbunan cairan pada area kelopak mata. Kandungan vitamin C dalam buah timun memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi kondisi ini.

Sekurangnya dalam 100 gr timun, terdapat 3.2 mg vitamin C. Hal ini setara dengan 100 mg kandungan asam askorbat dan asam caffeic yang dapat melenyapkan timbunan air pada area mata. Cukup dengan meletakkan potongan timun pada kelopak mata selama kurang lebih 15 hingga 30 menit saja mata yang bengkak dan timbunan cairan akan menghilang (Baca juga: Cara Mengobati Mata Bengkak yang Terasa Sakit).

2. Menghilangkan Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Lingkaran hitam dan kantung mata dapat muncul akibat berbagai penyebab. Kurang tidur, alergi, pola makan yang kurang baik serta akibat dari penuaan. Tidak jarang para wanita merogoh kocek yang dalam untuk melaksanakan perbaikan atau operasi plastik atas terjadinya kantung pada mata.

Kandungan serat halus dalam timun, membantu mencerahkan wajah. Menghilangkan lingkaran hitam dan menyerap bengkak pada kantung mata. Seperti halnya untuk menghilangkan bengkak pada mata, cukup letakkan irisan timun pada area kelopak mata selama kurang lebih 15 – 20 menit.

Berbagai masker mata yang dijual sebagai produk kecantikan juga telah banyak menggunakan ekstrak dari timun, untuk mengatasi kantung dan lingkaran hitam pada mata. Tidak perlu merepotkan diri Anda di dapur untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Menghilangkan Kerutan di Sekitar Mata

Ketika usia semakin bertambah, maka sel kulit pun telah kehabisan masa suburnya. Kulit tubuh akan kehilangan kandungan estrogen akibat manepouse sehingga keriput dan proses aging terjadi. Tidak hanya pada area tangan, keriput dan kerutan mata akan tampak di sudut mata.

Sebelum masa ini datang, Anda harus benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk merawat wajah. Terlebih area mata. Penggunaan timun hanya dapat mencegah terjadinya keriput dan proses aging. Tidak mampu mengobati dan mengencangkan secara instan.

Kandungan silika dan antioxidan dalam buah timun merupakan kandungan yang sangat bermanfaat dalam mencegah proses aging terlebih proses terjadinya kerutan pada sudut mata. Selain hanya menempelkan potongan buah timun, Anda dapat pula menyerut buah timun. Menjadi potongan dan serat halus dan tempelkan kurang lebih 15 – 20 menit pada sudut mata Anda. Lakukan proses tersebut dengan rutin, minimal satu kali dalam seminggu.

4. Mencegah Penurunan Penglihatan

Kandungan vitamin A dan betacaroten dalam buah timun sangat kaya manfaat terutama untuk mencegah terjadinya penurunan pengelihatan atau rabun. Diperkirakan 80 Juta penduduk Indonesia menggunakan kacamata, dalam artian mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Bahkan 80% usia anak hingga remaja di Indonesia telah menggunakan kacamata, akibat penggunaan gadget yang kurang bijak.

Konsumsi timun secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya penurunan pengelihatan. Baik rabun jauh maupun rabun dekat. Berikut akan dibahas berbagai resep mudah mengolah timun menjadi makanan, minuman maupun masker untuk menyehatkan mata.

Resep Timun yang Mudah dan Menyehatkan

Timun termasuk jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan dan dijual di sekitar tempat tinggal kita. Berikut beberapa resep timun yang mudah dan menyehatkan terlebih untuk mata.

Untuk membuat masker timun dengan mudah, cukup haluskan timun dengan pisau atau blender. Campurkan dengan tetesan sari jeruk nipis dan aduk hingga merata. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker ini pada area wajah.

Untuk campuran jeruk nipis, hindari memberikan pada kelopak mata atau mukosa mata. Masker ini cocok bagi kulit kering yang cenderung berjerawat. Pada area mata dan kelopak, cukup tempelkan potongan timun pada kelopak mata.

Acar timun yang sehat adalah acar timun yang tidak menggunakan cuka. Konsumsi cuka yang berlebihan dapat merusak enamel gigi serta mengiritasi lambung dan usus. Akibat sifat asam asetat dalam cuka yang bersifat erosi dan mengikis.

Anda dapat menggunakan lemon sebagai pengganti cuka. Langkah pertama adalah cuci bersih tiga buah timun berukuran sedang, potong berbentuk dadu. Langkah selanjutnya adalah remas potongan timun tersebut dengan 1 sendok makan garam hingga merata. Diamkan sebentar sekitar 5 hingga 10 menit.

Setelah kelebihan air keluar dari timun, buang air tersebut. Masukkan air perasan satu butir lemon dan 1 sdm garam di dalam potongan timun. Aduk rata dan masukkan ke dalam kulkas. Anda dapat menggunakan acar ini sebagai penyegar atau side dish yang sehat dalam menu makanan harian Anda.

Jika bosan mengkonsumsi timun secara langsung. Anda dapat membuat es timun yang sehat dan menyegarkan. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain 1 buah timun berukuran sedang, jeruk nipis, air dan es batu. Anda dapat merebus gula dalam air jika ingin mengatur kemanisan. Dapat juga menggunakan sirup untuk menambah kaya rasa dan kesegarannya.

Langkah pertama adalah parut timun dengan menggunakan parutan keju. Campurkan parutan timun dengan air, perasan jeruk nipis dan gula cair. Anda dapat menambahkan biji selasih ke dalam es timun. Biji selasih semakin memperkaya kandungan vitamin dan antioksidan sehingga melengkapi efek kesehatannya.

Aduk secara merata dan masukkan ke dalam kulkas. Menambahkan es batu ke dalam es timun jika Anda ingin mengkonsumsinya dingin. Atau pada cuaca yang panas untuk mengembalikan hidrasi tubuh Anda.

Berbeda dengan jus yang hanya merupakan cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah dan atau sayur sayuran. Smoothie adalah jus buah atau sayur yang ditambahi dengan susu, yogurt sehingga lebih kental daripada jus. Begitupun kandungan gizinya, akan lebih kaya daripada jus biasa.

Untuk membuat smoothie timun, siapkan 1 buah timun berukuran sedang, 2 sendok makan madu, 1 botol yakult/yogurt, 1 gelas susu cair rasa vanilla dan es batu secukupnya. Anda dapat menambahkan buah lain seperti apel atau semangka untuk memperbaiki rasa dan menambkah kandungan gizinya.

Blender semua bahan jadi satu dan tambahkan es di akhir penyajian. Jadikan smoothie timun minuman wajib Anda setiap pagi hari, untuk mendapatkan efek menyehatkan bagi tubuh. Terutama kesehatan mata dan kulit Anda.

Demikian sekilas pengetahuan mengenai berbagi manfaat timun bagi kesehatan mata. Menjaga mata tetap sehat merupakan kewajiban setiap manusia, atas amanah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 3 = 4