Let’s travel together.

Kegunaan dan Fungsi Usus 12 Jari dalam Sistem Pencernaan Tubuh

0 2

Kegunaan dan Fungsi Usus 12 Jari dalam Sistem Pencernaan TubuhMempelajari fungsi usus 12 jari sangat perlu kamu lakukan jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai proses dan sistem pencernaan di dalam tubuh. Sebab, sebagian besar proses yang bermula dari mulut turun ke anus ini terjadi di dalam usus. Usus 12 jari sendiri merupakan bagian dari rangkaian usus halus. Selain usus 12 jari, ada dua jenis usus lagi yakni usus kosong dan usus penyerap. Secara lengkap, fungsi masing-masing akan dijelaskan di bawah ini.

Fungsi Usus 12 Jari di dalam Tubuh

Usus 12 jari disebut juga sebagai duodenum dalam istilah Biologinya. Ia merupakan usus pertama dalam rangkaian seluruh usus. Ukurannya berbeda untuk masing-masing tubuh, namun rata-rata berkisar antara 25 hingga 35 cm. Ukuran sepanjang itu termasuk paling pendek jika dibandingkan dengan ukuran usus jenis lain. Namun, fungsi yang ia miliki sangat beragam seperti yang akan dipaparkan di bawah ini.

  1. Penghubung antara Lambung dengan Usus Halus

Keberadaanya yang paling atas membuat usus ini berperan sebagai penghubung antara lambung dengan usus. Jadi, setelah makanan masuk ke lambung dan dicerna dengan proses pengasaman oleh enzim di lambung, ia akan masuk ke sfinter dan menuju usus 12 jari ini.

  1. Saluran Pencernaan Pertama

Fungsi usus 12 jari yang utama memang untuk mencerna makanan. Jadi, karena usus 12 jari adalah saluran usus pertama, maka ia bertugas melembutkan makanan yang telah diolah di lambung. Dengan begitu, usus akan terhindar dari radang atau goresan akibat makanan yang tajam atau keras.

  1. Membantu Menyerap Gizi dan Nutrisi

Pada proses pencernaan yang ada di poin 2 di atas, terjadi juga penyerapan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam apa yang dikonsumsi oleh tubuh. Jika makanan yang masuk semuanya bergizi dan dibutuhkan tubuh, maka bisa saja makanannya akan habis di proses ini dan tidak menghasilkan ampas.

  1. Menyerap Asam Amino dan Zat Gula

Usus 12 jari memiliki jonjot jonjot usus yang bisa memicu aktifnya enzim tripsin bila sel kripta lieberkuhn di dalamnya menghasilkan enzim enterokinase. Enzim tripsin ini akan memecah protein menjadi asam amino supaya bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Hal ini juga berlaku untuk zat gula, karena ia baru bisa diserap dan dimanfaatkan tubuh bila telah ada dalam mode terkecil. Jadi, gula harus dipecah juga oleh sel sekretosi mukosa yang ada di usus halus.

  1. Membantu Membuang Kolesterol

Kolesterol adalah musuh bagi tubuh yang berbobot besar. Sebab, kolesterol dapat memicu tumbuhnya penyakit lain yang lebih serius bahkan ada yang akibatnya hingga kematian. Karena itu, kolesterol ini perlu dibuang. Nah, yang bertugas dalam hal itu adalah empedu. Empedu ini menghasilkan cairan yang berguna untuk melenyapkan kolesterol. Tempat pelenyapan tersebut terjadi di usus 12 jari yang merupakan tempat bermuaranya cairan empedu.

  1. Pusat Berbagai Enzim Pencernaan

Enzim yang ada di usus 12 jari sangatlah banyak. Secara lengkap enzimnya antara lain enzim nuklease, disakrase, sukrase, peptidase, lipase, enterokinase, maltase, serta dipeptidase. Semua enzim ini hanya bisa berfungsi di ph basa. Nah, inilah fungsi usus dua belas jari yang tidak bisa digantikan usus lain karena ph yang dimiliki sebesar 9.

Nah setelah mengetahui fungsi usus 12 jari di atas, pada bagian akhir terdapat daftar enzim apa saja yang ada di situ bukan? Berikut ini akan diulas juga tentang fungsi masing-masing enzim supaya pengetahuanmu lebih luas dan kamu bisa memahami sistem pencernaan ini dengan lebih baik lagi.

Fungsi Berbagai Enzim di Usus 12 Jari

Secara garis besar, enzim utama di usus 12 jari yang memiliki peran penting ada tiga macam. Walaupun sebenarnya enzimnya ada banyak, namun yang lain berfungsi sebagai pelengkap saja, tidak melakukan fungsi usus 12 jari yang utama. Tiga enzim tersebut antara lain:

Enzim satu ini tidak serta merta langsung ada di usus 12 jari. Ia terbuat dari proses pembuatan enzim yang bermula dari sel kripta lieberkuhn. Sel tersebut letaknya ada pada jonjot jonjot usus di dalam usus 12 jari. Nah, sel itu menghasilkan enzim enterokinase. Fungsi dari enzim enterokinase adalah memicu aktifnya enzim tripsin. Fungsi enzim tripsin sendiri adalah untuk memecah protein menjadi molekul yang lebih kecil agar bisa diserap dan dimanfaatkan tubuh.

Untuk bisa mengaktifkan enzim lipase, dibutuhkan sel sekretosi mukosa usus halus sebagai pemicunya. Nah, setelah aktif, lipase ini dapat berfungsi sebagai pemecah lemak dan menjadikannya sebagai asam lemak dan gliserol.

Selain protein dan lemak, hal lain yang tidak bisa langsung dimanfaatkan tubuh adalah karbohidrat. Karbohidrat ini mengandung gula yang harus dipecah dulu. Pemicu supaya enzimnya aktif sama seperti lipase, yakni sel sekretosi mukosa. Pada saat masuk ke dalam usus 12 jari, zat gulanya masih berbentuk disakaridase atau gula dengan 2 komponen. Contoh gula jenis ini adalah maltose, sukrosa, dan laktosa. Setelah dipecah, ia akan menjadi glukosa – glukosa, glukosa – fruktosa, serta glukosa – galaktosa.

Setelah mengetahui fungsi usus 12 jari lengkap dengan fungsi enzimnya, tentu tidak lazim bila kamu belum tahu struktur usus ini secara anatomi. Penjelasan singkatnya akan dijabarkan di bawah ini.

Struktur Usus 12 Jari dalam Anatomi Tubuh

Usus 12 jari adalah bagian dari usus halus yang memiliki diameter paling besar. Usus halus sendiri merupakan usus dengan ukuran paling panjang secara totalnya. Bahkan, usus besar yang panjangnya 1.8 meter masih kalah panjang dengan usus halus ini. Nah, bagian yang dikatakan sebagai usus halus adalah bagian mulai dari lubang pilorus yang terdapat pada lambung hingga ke katup ileosekal yang letaknya ada di usus besar. Bila dihitung secara keseluruhan, panjang total usus halus adalah 6.7 meter.

Bentuk usus 12 jari ini menyerupai sepatu kuda. Ia melengkung ke arah kiri atas. Walaupun ia dikenal sebagai usus terpendek, namun fungsi usus 12 jari ini sangat penting, terutama bagi pankreas dan empedu. Sebab, kedua organ tubuh ini menyalurkan masing-masing isinya ke dalam usus 12 jari dan bermuara di situ. Itu juga lah yang membuat usus 12 jari disebut sebagai tempat penghasil energi. Sebab, penerima pertama kali hormon insulin yang dibuat oleh pankreas adalah usus 12 jari.

Jadi, setelah membaca tiga sub bab mengenai fungsi usus 12 jari, fungsi enzim di usus 12 jari, serta struktur anatomi usus 12 jari di atas, apakah kamu sudah mendapatkan pemahaman yang baik? Semoga ulasan di atas dapat menambah keilmuan kita semua ya. Dengan memahami fungsi dan kegunaan organ tubuh kita sendiri terutama usus 12 jari, mudah-mudahan kamu tidak akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Sebab, pengetahuan ini tentu akan membuat pola pikirmu semakin maju sehingga kedepannya bisa lebih berhati-hati menjaga kesehatan. Sekian .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

87 − = 86