Let’s travel together.

Kedutan Mata Kanan Atas, Apa Kata Medis? (Bukan Mitos)

0 0

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Kedutan Mata Kanan Atas, Apa Kata Medis? (Bukan Mitos) tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Kedutan Mata Kanan Atas, Apa Kata Medis? (Bukan Mitos) , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Kedutan Mata Kanan Atas, Apa Kata Medis? (Bukan Mitos) kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

DokterSehat.Com – Bagi sebagian kalangan, kedutan mata kanan atas kerap diartikan sebagai pertanda akan adanya sesuatu yang terjadi pada diri yang bersangkutan. Benarkah demikian? Lantas, apa kata dunia medis perihal kedutan mata kanan atas?

Apa Itu Kedutan Mata?

Kedutan mata adalah suatu kondisi ketika  kelopak mata (atas atau bawah) atau bahkan alis berdenyut terus menerus. Kedutan mata umumnya terjadi di salah satu sisi mata, entah itu mata kanan atau mata kiri. Sangat jarang kedutan terjadi di kedua kelopak mata secara bersamaan.

Bukan tanpa alasan mengapa Anda mengalami kedutan mata kanan atas (atau di bagian lainnya). Terlepas dari benar atau tidaknya mitos mata kedutan yang berkembang di masyarakat, kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah mytokymia. Mytokymia terjadi ketika saraf pada mata menegang.

Kedutan Mata Kanan Atas dan Artinya

Banyak faktor yang menjadi penyebab kedutan mata kanan atas maupun bagian mata lainnya, termasuk sejumlah masalah yang berkaitan dengan sistem saraf. Kendati kasusnya terbilang jarang, berikut adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kanan atas berkedut.

1. Dystonia

Kedutan mata kanan atas terus-menerus yang Anda alami bisa jadi merupakan pertanda dari sebuah penyakit yang bernama dystonia.

Dystonia adalah kondisi di mana otot mengalami kontraksi abnormal sehingga berdampak pada terjadinya gerakan berulang pada otot yang mengalami kontraksi abnormal tersebut.

Selain kedutan mata kanan atas, dystonia juga ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti:

  • Tubuh bergetar (tremor)
  • Kram kaki
  • Gangguan berbicara
  • Mata tidak bisa menutup atau membuka

2. Blepharospasm

Kondisi lainnya yang juga mungkin ditandai oleh kedutan mata kanan atas adalah blepharospasm.

Sama seperti dystonia, penyakit blepharospasm juga diakibatkan oleh adanya abnormalitas pada kontraksi otot di sekitar mata. Abnormalitas ini sendiri menurut para pakar dikarenakan terganggunya komponen otak yang mengendalikan fungsi motorik, yakni ganglia basal.

Ciri ciri blepharospasm adalah sebagai berikut:

  • Kedutan mata kanan atas menyebar ke bagian mata lainnya
  • Saraf mata tegang dalam waktu melebihi 1 jam
  • Kedutan lama kelamaan merambat ke area lainnya di sekitar kepala seperti pipi, rahang, mulut, hingga leher
  • Mata tidak bisa dibuka

Blepharospasm adalah penyakit kelainan otot penyebab kedutan mata kanan atas dan lainnya yang cukup langka, namun sebaiknya Anda tetap mewaspadainya.

3. Multiple Sclerosis

Penyakit multiple sclerosis (MS) juga ternyata ditandai oleh kedutan mata kanan atas salah satunya.

Multiple sclerosis yang diakibatkan oleh abnormalitas sistem kekebalan tubuh dalam mendeteksi zat ‘asing’ pada sumsum tulang belakang dan otak ini berakibat pada terganggunya sistem saraf, dan kejang otot menjadi gejala yang hampir pasti muncul.

Nah, kejang otot inilah yang kemudian memunculkan sensasi kedutan pada kelopak mata kanan atas maupun bagian lainnya dari mata. Tak hanya itu, multiple sclerosis juga ditandai oleh gejala-gejala lainnya seperti:

  • Gangguan fungsi kognitif
  • Kelelahan ekstrem
  • Tubuh terasa kesemutan
  • Gangguan keseimbangan tubuh

4. Bell’s  Pallsy

Bell’s Pallsy adalah penyakit yang juga umum ditandai dengan gejala kedutan mata kanan atas.

Selain mata kedutan, penyakit Bell’s Pallsy juga ditandai oleh gejala lainnya yakni:

  • Satu sisi wajah lumpuh
  • Mata terasa kering
  • Sering mengalami pusing
  • Nyeri pada rahang dan telinga

5. Hemificial Spasm

Kedutan mata kanan atas yang Anda alami juga bisa jadi merupakan gejala dari suatu kondisi yang dinamakan hemificial spasm.

Hemificial spasm adalah kondisi di mana saraf wajah mengalami iritasi akibat adanya pembesaran pembuluh darah. Sehingga, pembuluh darah memberikan tekanan kuat pada saraf wajah.

Berikut ini adalah gejala-gejala hemificial spasm:

  • Otot mata mengalami kejang
  • Kedutan mata bisa berlangsung berhari-hari bahkan berbulan-bulan
  • Otot wajah melemah

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas yang Paling Umum

Akan tetapi, kedutan mata kanan atas umumnya disebabkan oleh sejumlah hal sebagaimana dijelaskan berikut ini.

1. Menatap Layar Ponsel Terlalu Dekat dan Lama

Jangan heran manakala sehabis Anda menatap layar ponsel maupun komputer dalam waktu yang cukup lama, tiba-tiba saja mata kanan atas maupun daerah lainnya mengalami kedutan.

Hal ini dikarenakan menatap layar gawai menyebabkan otot mata menjadi lelah. Alhasil, otot mata akan bereaksi dengan berkedut. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menatap layar ponsel dalam waktu lama, ya.

2. Kurang Istirahat

Tidur di malam hari merupakan suatu kebutuhan guna mengistirahatkan tubuh setelah seharian penuh beraktivitas.

Akan tetapi, jika Anda ‘memilih’ untuk tidak segera mengistirahatkan tubuh di malam hari, yang terjadi adalah munculnya sejumlah gejala pada tubuh, salah satunya kedutan pada mata kanan atas. Alasannya, tentu saja karena otot mata kelelahan.

Jadi, selain muncul kantung mata, kedutan adalah gejala lainnya yang mungkin Anda alami jika kurang tidur.

3. Rokok dan Alkohol

Sifat keras pada zat yang terkandung di dalam rokok maupun minuman beralkohol akan menyebabkan otot-otot tubuh menegang, tak terkecuali otot di kelopak mata.

Apabila rokok dan alkohol dikonsumsi terus-menerus, bukan tidak mungkin kedutan mata kanan atas maupun kiri atas akan ‘akrab’ dengan keseharian Anda.

4. Kafein

Selain rokok dan alkohol, minuman berkafein seperti kopi dan teh apabila dikonsumsi secara tidak terkendali juga bisa menyebabkan mata kanan atas Anda berkedut.

Pasalnya, asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kejang pada otot tubuh. Jika sudah begitu, wajar jika tiba-tiba Anda merasakan kedutan pada mata kanan atas dan juga area lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi konsumsi kafein jika tak ingin terganggu dengan mata yang berkedut.

5. Obat-Obatan

Penggunaan sejumlah jenis obat-obatan juga bisa menimbulkan efek samping berupa kedutan mata kanan atas.

Hal ini utamanya jika Anda mengonsumsi jenis obat-obatan seperti antipsikotik dan antiepileptik. Kedua jenis obat tersebut memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap saraf dan juga otot.

Tips Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

Kedutan mata kanan atas atau sebaliknya umumnya bukan merupakan kondisi yang berbahaya. Akan tetapi, kondisi ini tentu saja sangat mengganggu, bukan?

Berikut adalah tips mengatasi kedutan mata kanan atas:

  • Pijat ringan pada kelopak mata
  • Kompres air hangat
  • Sauna
  • Istirahat yang cukup
  • Apabila terjadi saat sedang menatap layar ponsel, segera sudahi aktivitas ini untuk sementara waktu
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein

Itu dia informasi mengenai kedutan mata kanan atas. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Anonim. Eye Twitching. https://www.mayoclinic.org/symptoms/eye-twitching/basics/definition/sym-20050838 (Diakses pada 15 November 2019)
  2. Anonim. Why Does My Eye Twitch? https://www.webmd.com/eye-health/why-your-eyes-twitch (Diakses pada 15 November 2019)
  3. Wexler, A. 2017. Everything You Need to Knoe About Eyelid Twitch. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318268.php (Diakses pada 15 November 2019)

Artikel Asli :https://doktersehat.com/kedutan-mata-kanan-atas/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

99 − 93 =