Let’s travel together.

Karakter Golongan Darah O – Ketahui Sifat dan Karakter Pemiliknya

0 2

Karakter Golongan Darah O - Ketahui Sifat dan Karakter PemiliknyaAnda mungkin pernah mendengar tentang cara melihat karakter seseorang berdasarkan golongan darah, nah pada artikel kali ini akan dibahas tentang karakter golongan darah O. Sebelum membahas tentang karakter apa saja yang dimiliki oleh orang yang bergolongan darah O, kita perlu mengetahui sejarah lahirnya pembacaan karakter melalui golongan darah tersebut. Metode melihat karakter golongan darah pertama kali diteliti oleh profesor dari Jepang yang bernama Takeji Furukawa pada tahun 1927. Profesor Takeji meneliti tentang hubungan temperamental tehadap keempat golongan darah yaitu A, B, AB, dan O.

Kemudian pada tahun 1970, Masahiko Nomi yang juga merupakan seorang peneliti dari Jepang, mengembangkan kembali penelitian tentang hubungan kepribadian seseorang dengan golongan darah yang dimilikinya. Sampai saat ini, metode melihat karakter seseorang melalui golongan darah ini cukup populer di Jepang dan diterima positif baik oleh Pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, maupun masyarakat umum. Walaupun metode ini bukan satu-satunya patokan untuk menentukan karakter dan sifat seseorang, namun dilaporkan metode ini cukup membantu terutama pada perusahaan negara maupun perusahaan swasta di Jepang dalam merekrut pegawainya.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa golongan darah pada manusia terdiri dari 4, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Secara fisiologis, pembagian golongan darah ditentukan berdasarkan ada tidaknya antigen pada sel darah merah dan plasma darah. Antigen berfungsi seperti tanda pengenal pada sel tubuh kita. Karena merupakan tanda pengenal sel tubuh, maka para peneliti mencoba menghubungkan golongan darah dengan karakter seseorang. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang karakter golongan darah O, antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki jiwa leadership yang bagus

Karakter golongan darah O yang cukup menonjol yaitu memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership yang bagus. Jadi orang yang mempunyai golongan darah O jika berada pada suatu kelompok atau kumpulan orang-orang, dia berpotensi untuk menjadi pusat perhatian dan mempunyai pengaruh terhadap kekompok tersebut. Pendapat-pendapat dan ide-idenya mudah didengar dan diterima oleh orang lain. Orang yang mempunyai golongan darah O juga ingin selalu memikirkan dan bermanfaat untuk anggota atau orang-orang yang berada di sekelilingnya.

2. Penuh semangat, percaya diri, dan ekspresif

Orang yang memiliki golongan darah O biasanya menampakkan pribadi yang penuh semangat, percaya diri, dan ekspresif. Hal ini merupakan hal yang bagus karena karakter golongan darah O ini merupakan pribadi yang menjalani hari-harinya dengan semangat, penuh keceriaan, dan optimis memandang masa depan. Orang bergolongan darah O biasanya juga mengungkapkan apa yang ada di pikirannya secara lugas tanpa basi-basi. Misalnya ketika dia sedang marah maka kemarahannya pun dapat dilihat dengan mudah oleh orang lain.

3. Mudah bergaul dengan banyak orang

Golongan darah O merupakan tipe orang yang mudah bergaul dengan banyak orang sehingga mempunyai banyak teman. Jika bertemu dengan orang yang baru maka dia mudah untuk berkenalan dan membuka percakapan. Orang yang bergolongan darah O yang pandai berbicara dan menanamkan kepercayaan terhadap orang lain, membuatnya disukai oleh banyak orang walaupun baru mengenalnya.

4. Inovatif/terbuka terhadap hal-hal baru

Karakter golongan darah O yang berikutnya yaitu inovatif atau terbuka terhadap hal-hal baru. Jadi orang yang bergolongan darah O biasanya selalu memiliki ide-ide segar dan berani mengambil risiko. Dia suka akan hal-hal baru yang memberikan tantangan sebab jika mampu melakukannya akan ada kebanggaan tersendiri baginya. Orang ini juga selalu up to date baik mengenai apa yang dikenakannya maupun wawasan yang dimilikinya tidak pernah ketinggalan jaman. Dia juga kurang menyukai jika sesuatu berjalan datar-datar saja seperti biasanya, segala sesuatu harus berjalan dinamis dan terdapat peningkatan daripada waktu sebelumnya.

5. Pemurah/dermawan dan peduli

Orang yang mempunyai golongan darah O juga dikenal pemurah atau dermawan. Dia merupakan pribadi yang royal, tidak pelit, dan suka berbagi dengan orang lain. Golongan darah O juga memiliki empati atau kepedulian yang tinggi terhadap orang lain, artinya dia suka memperhatikan terhadap situasi atau kondisi yang dialami orang lain dan tak segan untuk membantunya ketika menghadapi kesusahan. Dia juga merupakan pribadi yang setia, baik setia kepada teman maupun kepada pasangannya.

6. Agak lemah ketika sendiri

Walaupun orang yang bergolongan darah O mudah bergaul dan ekpresif, namun di balik itu sebenarnya dia memiliki hati yang rapuh. Artinya orang ini selalu butuh kehadiran orang lain dan cenderung kurang tegar ketika sedang sendiri. Sifatnya yang tidak tega dan tidak enak terhadap orang lain terkadang membuatnya melupakan dirinya sendiri sehingga pada suatu ketika dapat merugikan dirinya. Golongan darah O selain ingin memperhatikan orang lain, dia juga ingin diperhatikan supaya selalu eksis di tengah-tengah banyak orang serta memiliki teman setia untuk dapat berbagi atau mencurahkan isi hatinya.

7. Kurang berhati-hati dalam bertindak

Karakter golongan darah O biasanya cenderung berfikir secara cepat sehingga terkadang kurang berhati-hati dalam bertindak. Memang sebenarnya golongan darah O ini ingin secepatnya mengatasi persoalan dengan tindakan yang nyata. Keputusan diambil secara cepat dan lugas tanpa basa-basi. Hal ini memang dibutuhkan pada situasi-stuasi genting yang memerlukan solusi dengan cepat. Namun pada suatu ketika, golongan darah O bisa mengambil keputusan atau tindakan tanpa pertimbangan yang matang sehingga hasilnya pun kurang memuaskan. Oleh karena itu dia harus bisa mengendalikan diri dengan lebih mempertimbangan keputusan yang diambil terutama yang berdampak besar bagi dirinya maupun orang lain.

Dari apa yang telah dijelaskan di atas, karakter golongan darah O pada intinya adalah orang yang enerjik, pandai bersosialisasi, mudah mengkoordinir orang lain, peduli dengan sesama, namun sebenarnya mempunyai hati yang rapuh. Orang yang mempunyai golongan darah O biasanya memiliki ide-ide yang cemerlang dan spontan namun karena terlalu berambisi seringkali kurang berhati-hati sehingga dapat mengakibatkan kegagalan. Orang yang memiliki golongan darah O berpotensi menjadi seorang pemimpin yang sukses, namun terkadang sifatnya yang ambisius dan selalu butuh orang lain bisa saja dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak suka padanya untuk menjatuhkannya dari belakang.

Jika dikaitkan dengan diet menurut golongan darah, karakter golongan darah O yang ekspresif dan penuh semangat sangat cocok dengan jenis makanan yang berprotein tinggi baik hewani maupun nabati, seperti telur, daging sapi, ikan, daging daging kerbau, ikan laut, susu, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, brokoli, kailan, selada, waluh, rumput laut, jambu biji, dan blueberi. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah O yaitu olahraga yang mengedepankan kekuatan, seperti beladiri, lari cepat, angkat beban, sepakbola, futsal, renang, sepak takraw, bola voli, tenis lapangan, dan badminton. Karakter menurut golongan darah tersebut tentunya terserah penilaian Anda masing-masing untuk mempercayai atau tidak, namun setidaknya dapat memberikan wawasan pengetahuan yang bersumber dari penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

88 − 78 =