Let’s travel together.

Jenis-Jenis Buah untuk Darah Tinggi yang Harus Sering Dikonsumsi

0 3

Jenis-Jenis Buah untuk Darah Tinggi yang Harus Sering DikonsumsiAnda letih mengkonsumsi obat untuk menurunkan penyakit darah tinggi? kenapa tak coba mengkonsumsi buah untuk darah tinggi? Ya, salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah hipertensi adalah dengan mengatur pola makan yang sehat. Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung aneka mineral, sekaligus sedikit kandungan natriumnya.

Darah tinggi merupakan jenis gangguan pada pembuluh arteri yang ada di darah sehingga tekanannya meningkat melebihi batas normal. Tekanan darah untuk ukuran normal adalah sistolik kurang dari 120 mmHg dan diastolik kurang dari 80 mmHg.

Syarat-syarat buah yang bisa digunakan untuk terapi menurunkan darah tinggi diantaranya adalah memiliki kandungan garam atau natrium yang sangat rendah. Selain itu, buah tersebut juga harus kaya dengan mineral lain seperti Ca, Mg, dan K yang dibutuhkan oleh darah untuk sirkulasi ke jantung. Buah seperti ini jika rutin dikonsumsi dan diimbangi dengan pola makan yang sehat akan dapat membantu upaya menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Inilah Buah untuk Darah Tinggi yang Dapat Anda Konsumsi untuk Menormalkan Tekanan Darah

Apakah buah yang selama ini Anda konsumsi memang dianjurkan untuk membantu penyembuhan hipertensi yang Anda derita saat ini? coba cek lagi beberapa jenis buah berikut:

Buah mengkudu memiliki kandungan senyawa scopoletin. Senyawa inilah yang kemudian berfungsi membantu melebarkan pembuluh darah yang menyempit pada penderita darah tinggi. Kadar garam yang tinggi akan membuat darah mengental dan lama kelamaan pembuluh darah menyempit.

Merutinkan konsumsi jus mengkudu akan sangat membantu melancarkan peredaran darah karena ukuran pembuluh bisa dikontrol. Untuk membantu mengatasi penyakit lainnya seperti diabetes, banyak orang membuat campuran jus mengkudu dan buah naga. Anda ingin mencoba buah penurun hipertensi ini?

Semangka memiliki asam amino penting yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Asam amino bernama L-citrulline merupakan jenis asam amino yang ditemukan melalui riset universitas di Florida Amerika Serikat, dan diyakini sebagai senyawa paling ampuh pada buah semangka untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Jeruk memiliki kandungan mineral yang sangat banyak. Selain vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kalium yang dibutuhkan untuk melancarkan peredaran darah. Jenis jeruk lemon misalnya, memiliki kandungan mineral yang lebih banyak lagi, diantaranya adalah kalsium, fosfor, folat dan vitamin A. Maka buah ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk penderita hipertensi.

Jangan anggap sepele buah pisang, meskipun harganya murah namun kandungan mineral pada pisang ternyata sangat baik dijadikan sebagai buah penurun hipertensi. Di dalam satu buah pisang, terkandung 12% kalium, 8% magnesium, dan 1 % kalsium. Kadar kalium yang tinggi tersebut membuat buah pisang menjadi salah satu buah paling dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Makanlah 2 hingga 3 buah puah pisang setiap harinya untuk mengatasi darah tinggi dan kesehatan pencernaan.

Buah kiwi memang jarang kita temukan di pasar tradisional, namun jika Anda sering berkunjung ke supermarket, sebaiknya membiasakan membeli buah ini. Dalam satu buah kiwi, terkandung 9% kalium, 7% magnesium, dan 2% kalsium. Kandungan mineral ini dapat membantu melancarkan aliran darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan pada sebutir buah yang ukurannya sama dengan jeruk, kandungan vitamin C buah kiwi bisa lebih tinggi dibanding jeruk.

Tomat memiliki senyawa penting yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Senyawa tersebut bernama lycopene. Selain mengatasi hipertensi, senyawa anti oksidan ini juga mampu menjadi pencegah penuaan dini pada kulit. Mengkonsumsi tomat sebaiknya langsung dimakan, atau jangan diolah dulu.

Jika ingin disajikan dalam bentuk jus, sebaiknya dalam bentuk jus murni tanpa tambahan gula dan susu. Kebanyakan orang memakan tomat dalam pizza, akibatnya bukan lagi menjadi buah penurun hipertensi, justru yang terjadi sebaliknya, tekanan darah akan meningkat akibat makanan tak sehat seperti pizza.

Melon memiliki kandungan unsur kalium, vitamin A, vitamin C dan thiamin. Di dalam satu cangkir melon (173gram), terkandung 484 mg kalium. Selain itu, di dalam melon juga terkandung vitamin B6, asam folat dan unsur magnesium. Mineral yang cukup banyak ini akan membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Buah alpukat bukan hanya buah yang bisa dikonsumsi untuk kecantikan kulit, sebab ternyata buah ini juga memiliki kandungan mineral yang cukup banyak bagi membantu menurunkan tekanan darah tinggi para penderita hipertensi. Di dalam buah alpukat terkandung 10% kalium, 5% magnesium dan 1% kalsium. Keberadaan unsur-unsur ini akan membantu menurunkan kadar natrium atau garam yang ada di dalam darah sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil dan normal.

Bila Anda tak memiliki penyakit diabetes, maka salah satu buah yang cukup  bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda adalah anggur. Senyawa Bioflavonoid yang ada di dalam anggur bukan hanya mampu membantu menurunkan tekanan darah, namun juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Di dalam 123 gram buah anggur, terdapat 166 mg unsur kalium. Konsumsi ini sudah memenuhi 5% dari kebutuhan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Namun jika Anda memiliki penyakit diabetes, konsumsi anggur sebaiknya dihindari karena akan memicu peningkatan kadar gula darah yang lebih cepat.

Cara Lain Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Selain Anda mengkonsumsi buah yang memiliki kadar natrium rendah, untuk mengatasi penyakit darah tinggi yang Anda derita, penting juga untuk memperhatikan gaya hidup yang sehat seperti hindari merokok, mengkonsumsi alkohol, minum bersoda, begadang dan sebagainya. Meskipun Anda rutin mengkonsumsi buah, namun jika kebiasaan hidup tak berubah, angka tensi Anda tentu akan sulit turun.

Terlebih lagi jika Anda sering mengalami tekanan pikiran karena banyaknya masalah hidup, hal ini tentu akan semamin memperburuk kondisi kesehatan. Ingat, semakin bertambahnya usia, maka kondisi tubuh akan semakin rentan mengalami penyakit, dan kebanyakan penyakit itu muncul selain dari makanan juga terkait gaya hidup yang sering dilakukan, terlebih lagi jika dilakukan sejak usia muda.

Sambil rutin mengkonsumsi buah untuk darah tinggi, Anda juga perlu berkonsultasi pada ahli gizi mengenai komposisi makanan sehat yang semestinya Anda konsumsi. Kecenderungan kita dalam memakan makanan lebih ditekankan pada selera, bukan kebutuhan tubuh. Akibatnya makanan-makanan penyebab hipertensi lebih banyak masuk ke dalam tubuh kita.

Beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi adalah makanan bergaram tinggi, makanan kaleng, gula, lemak, kopi, alkohol dan sebagainya. Biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur, istirahat cukup, mengkonsumsi air putih, olahraga dan cobalah lebih rilek dan santai dalam memikirkan masalah hidup.

Baca juga: Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 1 = 2