Let’s travel together.

Inilah Nilai Normal Asam Urat yang Harus Selalu Anda Jaga

0 1

Inilah Nilai Normal Asam Urat yang Harus Selalu Anda JagaPenyakit asam urat atau gout adalah kondisi dimana seseorang merasakan nyeri, bengkak, dan panas di persendian, yang membuat banyak orang ingin mengetahui nilai normal asam urat sehingga tidak berkembang menjadi penyakit. Banyak orang yang belum mengetahui nilai asam urat yang normal. Padahal, mengetahui nilai asam urat yang normal sangat penting agar kita bisa mempertahankan gaya hidup untuk membuat kadar asam urat dalam tubuh tetap berada dalam rentang normal. Asam urat sebetulnya kita butuhkan untuk mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah. Namun, apabila kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari rentang normalnya, hal ini akan memicu berbagai penyakit seperti misalnya penyakit gout.

Berapa Nilai Normal Asam Urat yang Direkomendasikan?

Asam urat sebetulnya adalah bahan kimia yang diproduksi tubuh dari pemecahan senyawa organik yang disebut purin. Purin dapat berasal dari makanan, namun tubuh juga menghasilkan purin secara alami ketika ada kerusakan sel dalam tubuh. Organ tubuh yang memproduksi purin paling banyak adalah hati dan lapisan mukosa usus.

Dari kedua hal yang disebutkan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kadar asam urat dalam tubuh akan bervariasi dari hari ke hari, tergantung dari makanan yang kita konsumsi dan apakah terjadi gangguan dalam tubuh kita. Selain itu, tingginya kandungan asam urat dalam darah juga dapat disebabkan oleh penyakit kanker atau proses terapi untuk mengobati penyakit kanker.

Asam urat dalam tubuh normalnya akan disaring oleh ginjal kemudian dibuang melalui air seni dan tinja (dua pertiga asam urat dibuang melalui air seni, dan sepertiganya dibuang melalui tinja). Namun, jika tubuh memproduksi asam urat terlalu banyak atau ginjal tidak menyaring asam urat dengan baik, kadar asam urat dalam darah akan menjadi lebih tinggi dari normal. Kondisi dimana seseorang memiliki kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi disebut hiperurisemia.

Untuk mengetahui nilai normal asam urat, seseorang harus melakukan tes darah. Tes darah ini akan menunjukkan seberapa baik tubuh dalam memproduksi dan membuang asam urat. Rentang nilai asam urat yang normal akan bervariasi tergantung dari laboratorium tempat melakukan pengecekan, namun umumnya nilai normal asam urat adalah sebagai berikut:

  • Pada pria dewasa, nilai asam urat yang normal adalah sebanyak 2 – 7,5 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa adalah sebanyak 2 – 6,5 mg/dL.
  • Pada pria di atas 40 tahun, normalnya kadar asam urat dalam darah adalah sebanyak 2 – 8,5 mg/dL, sedangkan pada wanita di atas 40 tahun adalah sebanyak 2 – 8 mg/dL.
  • Pada anak laki-laki usia 10-18 tahun, nilai normal asam urat adalah sebanyak 3,6 – 5,5 mg/dL, sedangkan pada anak perempuan adalah sebanyak 3,6 – 4 mg/dL.

Kadar asam urat pada pria akan mulai meningkat pada masa pubertas, sementara kadar asam urat pada wanita relatif lebih rendah dan tetap stabil sampai menopause tiba. Pria dewasa memiliki rata-rata kadar asam urat dalam darah sebanyak 6.8 mg/dL, sementara wanita yang belum menopause memiliki rata-rata kadar asam urat dalam darah sebanyak 6 mg/dL. Pada wanita, kadar asam urat cenderung akan meningkat ketika mereka mengalami menopause.

Alkohol, obat-obatan tertentu seperti aspirin dan ibuprofen, vitamin C dosis tinggi, dan pewarna kontras pada pemeriksaan sinar X dapat mempengaruhi nilai normal asam urat. Untuk itu, sebelum melakukan tes darah untuk memeriksa asam urat, sampaikan pada dokter Anda jika pada saat yang sama Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Anda juga mungkin akan diminta berpuasa 4 jam sebelum tes darah dilakukan.

Apa Akibatnya Bila Asam Urat di Atas Rentang Nilai Normal?

Anda kini telah mengetahui nilai normal asam urat. Asam urat yang melebihi rentang normal berpotensi menimbulkan penyakit gout atau penyakit asam urat. Penyakit gout atau penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Semua sendi pada tubuh dapat terkena penyakit gout ini, akan tetapi sebagian besar kasus penyakit asam urat banyak menyerang sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan.

Seseorang yang terkena penyakit asam urat akan merasakan nyeri di persendian yang dapat berlangsung selama 3-10 hari. Sendi akan tampak bengkak, dan pembengkakan dapat menjalar ke daerah di sekitar sendi yang sakit diikuti warna kulit yang memerah. Penyakit ini sangat menyiksa karena penderita tidak dapat bergerak bebas.

Akan tetapi, tingginya kadar asam urat tidak berarti secara otomatis Anda terkena penyakit gout atau penyakit asam urat. Kadar asam urat melebihi nilai normal juga bisa merupakan indikasi bahwa Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi medis seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Diabetes mellitus
  • Proses kemoterapi untuk mengobati kanker
  • Gangguan pada sumsum tulang, seperti misalnya leukemia
  • Penurunan fungsi paratiroid yang disebut dengan hipoparatiroidisme
  • Penyakit ginjal, seperti gagal ginjal akut atau batu ginjal
  • Kanker
  • Kanker yang telah bermetastasis (telah menyebar dari tempat awalnya)

Bagaimana Cara Menjaga Nilai Normal Asam Urat?

Apabila tingginya kadar asam urat Anda bermanifestasi menjadi penyakit gout atau penyakit asam urat, untuk meringankan gejalanya Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang sakit. Dokter juga biasanya akan meresepkan penggunaan obat pereda nyeri seperti misalnya colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid. Anda juga mungkin mengkonsumsi obat penurun kadar asam urat.

Akan tetapi, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga nilai normal asam urat, yakni dengan diet untuk menurunkan berat badan dan membatasi bahan makanan yang banyak mengandung purin. Berikut adalah beberapa bahan makanan dengan kandungan purin yang tinggi:

  • Ikan teri. Ikan teri mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti kalsium, asam folat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, dan juga vitamin K. Namun ikan teri mengandung purin yang tinggi, sebanyak 239 mg/100 gram.
  • Hati sapi. Kandungan purin dalam hati sapi sebanyak 530 mg/100 gram. Hati sapi mengandung vitamin B dan merupakan sumber protein hewani yang sangat kaya. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi hati sapi, selain kadar asam urat melonjak, seseorang juga beresiko mengalami kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan kanker usus.
  • Ikan sarden. Ikan sarden yang dikemas dalam kaleng mengandung purin sebanyak 480 mg/100 gram. Ikan sarden sebetulnya membawa manfaat yang baik bagi sel-sel otak dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, apabila dikonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan penumpukan purin dalam ginjal.
  • Daging bebek. Daging bebek mengandung protein yang tinggi, namun kandungan purinnya juga tinggi, yakni sebanyak 138 mg/100 gram.
  • Ayam. Seperti halnya daging bebek, ayam juga merupakan sumber protein hewani. Kandungan purin dalam daging ayam adalah 175 mg/100 gram.
  • Daging sapi. Daging sapi menyediakan protein hewani yang dapat menjadi sumber energi yang baik, akan tetapi konsumsi daging sapi harus dibatasi karena kandungan purinnya yang tinggi, 120 mg/100 gram.
  • Seafood. Seafood seperti kepiting, udang, lobster, ikan tuna, dan ikan salmon adalah sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk sel-sel otak dan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena kandungan purinnya yang tinggi.
  • Sayuran hijau. Selain daging-dagingan dan produk laut, ternyata sayuran hijau seperti kembang kol, kacang panjang, buncis, dan bayam juga termasuk dalam makanan sumber purin. Meskipun kandungan purinnya jauh lebih rendah dari daging, jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.

Demikian penjelasan yang dapat kami sajikan mengenai nilai normal asam urat, resiko apabila kadar asam urat melebihi batas normal tersebut, dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kenaikan asam urat. Sebagian besar kasus peningkatan asam urat adalah karena faktor makanan, sehingga mengetahui makanan apa saja yang tinggi purin dapat membantu Anda menurunkan asam urat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 47 = 50