Let’s travel together.

Informasi Obat Asam Mefenamat : Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui

0 2

Informasi Obat Asam Mefenamat : Hal-Hal yang Perlu Anda KetahuiAsam mefenamat merupakan obat yang sering digunakan untuk anti nyeri dan anti inflamasi. Obat ini termasuk dalam golongan jenis Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS). Mekanisme kerja obat yang termasuk dalam golongan OAINS yaitu dengan cara menghambat efek enzim siklooksigenase (COX) sehingga produksi prostaglandin menjadi menurun. Prostaglandin merupakan senyawa yang dilepaskan oleh tubuh yang menyebabkan timbulkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menurunnya produksi prostaglandin tersebut maka rasa nyeri pun akan hilang atau berkurang.

Asam mefenamat merupakan nama generik, sedangkan untuk merek dagang patennya ada beberapa jenis, seperti ponstan, anastan, revalan, citostan, cargesik, dan sebagainya. Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah maka bisa memilih obat yang generik. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan yaitu tablet, kapsul, dan obat cair (sirup). Penggunaan mefenamat harus dengan resep dokter. Dokter biasanya memberikan resep obat ini dalam waktu yang singkat, sebab terdapat beberapa efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Jika akan menggunakannya dalam waktu yang lama, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berbagai Fungsi Obat Asam Mefenamat

Asam mefenamat biasanya diresepkan untuk orang dewasa atau anak-anak di atas 12 tahun, namun perlu hati-hati penggunaannya terhadap lansia (di atas 65 tahun). Obat ini secara umum diberikan dengan dosis 500 mg dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Namun dokter tentunya juga akan mengkaji pemberian dosis obat berdasarkan tingkat keparahan rasa sakit dan respon tubuh terhadap obat. Berikut ini beberapa fungsi obat asam mefenamat yang perlu Anda ketahui:

1. Obat sakit kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor yang bersifat psikis maupun yang bersifat fisik. Faktor psikis biasanya ditimbulkan karena banyaknya beban pikiran atau stres. Sedangkan faktor fisik biasanya akibat ketegangan syaraf atau naiknya tekanan intra kranial di otak. Pemakaian mefenamat bisa untuk meredakan sakit kepala tersebut di atas. Namun untuk jenis sakit kepala yang diakibatkan akibat penyakit lain misalnya akibat hipertensi, penyakit jantung, anemia, kanker, dan sebagainya maka tentunya memerlukan obat lain yang lebih spesifik mengatasi gangguan ke organ sasaran.

2. Obat sakit gigi

Menderita sakit gigi tentunya sangat menyiksa. Sakit gigi bisa datang kapan saja dan bisa menyerang ketika Anda berada pada momen-momen penting. Dan asam mefenamat bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang Anda derita. Sakit gigi bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab, antara lain karena gigi berlubang, radang pada gusi, karang gigi, impaksi (tumbuhnya gigi pada posisi yang tidak tepat), dan sebagainya.

Namun yang harus diingat adalah pada penderita sakit gigi sering kali menggunakannya secara sembarangan dalam waktu yang panjang sehingga dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Oleh karena itu untuk penggunaan jangka panjang sebaiknya konsultasikan pada dokter. Dan supaya sakit gigi tidak datang berulang kali maka yang paling baik adalah mencari solusi untuk mengatasi sumber penyebabnya.

3. Obat nyeri otot dan persendian

Anda tentunya pernah mengalami nyeri otot maupun persendian. Gejala yang dirasakan biasanya berupa rasa pegal, linu/ ngilu, kaku, atau seperti ditusuk-tusuk jarum. Nyeri dapat terjadi di berbagai anggota tubuh, seperti di punggung, pinggang, kaki, dan tangan. Nyeri otot dan persendian biasanya dapat terjadi akibat otot terlalu sering berkontraksi, mengangkat beban yang terlalu berat, maupun posisi badan yang salah. Dan Asam mefenamat merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri otot dan persendian secara efektif.

4. Obat nyeri karena trauma

Trauma yang dimaksudkan disini adalah luka pada tubuh baik akibat terbentur benda tumpul maupun terkena benda tajam. Luka benda tumpul biasanya akan menyebabkan lebam atau memar sedangkan luka benda tajam biasanya akan menimbulkan luka terbuka yang mengeluarkan darah. Kedua jenis trauma tersebut tentunya akan menimbulkan nyeri. Untuk mengatasi nyeri tersebut dokter sering meresepkan asam mefenamat.

5. Obat nyeri saat menstruasi

Asam mefenamat juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi. Kondisi ini sering dialami para wanita biasanya terjadi menjelang atau saat datang bulan atau menstruasi. Hal ini sebenarnya merupakan kondisi yang wajar akibat kontraksi yang terjadi pada dinding rahim. Pada beberapa kasus memang nyeri menstruasi ini hanya berlangsung ringan sehingga tidak memerlukan obat. Tetapi pada suatu ketika dapat sangat mengganggu sehingga dokter meresepkan mefenamat untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi tersebut.

6. Obat nyeri pasca operasi

Tindakan operasi tentunya memerlukan tindakan yang melukai jaringan tubuh misalnya karena sayatan pada tindakan pembedahan (baik besar maupun kecil), pencabutan/pengambilan jaringan tertentu, penjahitan, dan sebagainya. Pada saat operasi berlangsung pasien tidak merasakan rasa sakit karena dilakukan tindakan pembiusan, baik menggunakan bius parsial maupun bius total. Namun setelah operasi selesai (pasca operasi) dan efek bius menghilang maka akan timbul rasa nyeri. Oleh karena itu asam mefenamat diberikan untuk mengatasi nyeri akibat tindakan operasi tersebut.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Meminum Obat Asam Mefenamat

Dalam mengkonsumsi asam mefenamat sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan untuk mengetahui informasi obat secara lengkap. Obat ini sebaiknya diminum setelah makan atau paling tidak sudah mengkonsumsi makanan kecil atau camilan sebelumnya, sebab salah satu efek samping obat ini adalah dapat meningkatkan produksi asam lambung. Pada waktu mengkonsumsi obat harus ada jarak yang cukup antara dosis yang satu dengan dosisi berikutnya. Jika Anda lupa mengkonsumsi obat pada suatu waktu misalnya, jangan menggabungkan pada dosis berikutnya karena dikhawatirkan akan timbul efek samping yang tidak diinginkan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian mefenamat yaitu harus berhati-hati penggunaannya pada wanita hamil, menyusui, dan lansia. Sebaiknya dihindari penggunaannya bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sebab obat ini mempunyai efek dapat mengurangi kesuburan. Obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga pada waktu mengkonsumsi obat sebaiknya tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat. Harus juga berhati-hati penggunaan terhadap orang yang menderita penyakit tertentu seperti tukak lambung, inflamasi usus, edema, asma, anemia, gangguan hati, ginjal, jantung, hipertensi, lupus, epolepsi, dan orang yang alergi terhadap obat golongan OAINS.

Beberapa efek samping dari penggunaan asam mefenamat antara lain yaitu dapat menimbulkan mual atau muntah, nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, tidak nafsu makan, mengantuk dan kelelahan. Sebaiknya segera hentikan pemakaian obat jika timbul efek samping yang parah seperti diare, sesak nafas, terjadi pembengkakan pada bagian tubuh, muntah darah, feses bercampur darah atau berwarna hitam, kencing berwarna gelap atau merah, menguningnya mata atau kulit, terjadi demam, kelemahan anggota gerak, kulit merah atau melepuh, gatal-gatal, muntah yang parah, sakit kepala berat, dan penurunan kesadaran. Segera hubungi dokter jika terjadi efek samping yang parah, timbul reaksi alergi, atau jika terjadi over dosis obat .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

60 − 50 =