Let’s travel together.

Ganti Kulit Pada Manusia, Apakah Ini Normal?

0 3

Terkadang, kita mengalami beberapa bagian kulit mengelupas tanpa sebab. Orang bilang, ini namanya sedang ganti kulit. Tapi apakah benar manusia bisa ganti kulit seperti ular dan reptilia lain? Apakah semua orang mengalaminya?

Apa yang terjadi saat sedang ganti kulit?

Kulit Anda terdiri dari 3 lapisan. Lapisan paling atas dikenal dengan sebutan epidermis. Pada bagian bawah lapisan epidermis inilah dibentuk sel-sel yang yang baru.

Ukuran organ kulit yang besar menyebabkan kulit terdiri dari jutaan sel, dan akhirnya meregenerasi dirinya dengan menyingkirkan 30.000 hingga 40.000 sel setiap harinya. Fungsi kulit untuk melindungi tubuh, menjadikannya memiliki kemampuan khusus untuk meregenerasi dirinya sendiri. Kemampuan ini jugalah yang dapat memperbaiki dirinya tatkala terdapat luka pada kulit, misalnya.

Kulit Anda akan selesai melakukan pergantian dirinya sendiri secara keseluruhan setelah kira-kira satu bulan. Saat sel baru telah siap, sel yang baru itu lalu naik ke atas lapisan epidermis. Saat sel yang baru tiba, sel yang lebih tua akan mati dan naik ke permukaan kulit paling atas. Dengan kata lain, lapisan kulit terluar yang selama ini Anda lihat adalah sel-sel kulit yang telah mati. Karakter sel kulit tua yang keras dan kuat, menjadikannya sesuai untuk melapisi dan melindungi tubuh Anda

Kapan perubahan pada kulit harus diperiksakan ke dokter?

Selain ganti kulit, perubahan pada kulit juga sering kali terjadi dengan beragam sebab. Fungsinya yang krusial, melindungi organ-organ yang terdapat di dalamnya, menjadikan perubahan sekecil apapun yang terdapat pada kulit dapat mengindikasikan kesehatan organ-organ yang ada di dalamnya.

Anda sebaiknya segera periksakan pada dokter bila Anda menemui perubahan pada kulit, yang dapat bertahan hingga lebih dari satu minggu dan bertambah buruk seiring berjalannya waktu, seperti:

1. Bercak dan ruam pada kulit

Beberapa ruam yang timbul disertai dengan gejala tertentu sepert demam serta nyeri pada sendi dan otot dapat mengindikasikan adanya masalah maupun infeksi dalam tubuh Anda. Suatu ruam yang muncul tak lama setelah Anda mengkonsumsi obat-obatan menurut American Academy of Dermatology dapat menandakan Anda sedang mengalami alergi obat.

2. Perubahan warna pada kulit

Pada pengidap diabetes, perubahan warna menjadi cokelat dapat mengindikasikan bahwa terjadi gangguan pada penyerapan zat besi dalam tubuh Anda. Sedangkan bila perubahan warna kulit menjadi warna kuning, kondisi ini bisa saja mengindikasikan terdapat gangguan pada hati Anda.

3. Sesuatu tumbuh

Pertumbuhan apapun pada kulit misalnya menyerupai benjolan sebaiknya segera Anda periksakan pada dokter Anda. Benjolan ini bisa saja mengindikasikan adanya gangguan dalam tubuh Anda, sindrom genetik hingga bisa jadi gejala dari kanker kulit.

4. Kulit menjadi kasar dan kering

Seorang ahli kulit Lenox Hill Hospital, Doris Day, mengatakan bahwa kulit yang terasa kering dan gatal biasanya menjadi tanda bahwa hormon tubuh Anda sedang bermasalah. Sedangkan penebalan dan pengerasan pada beberapa bagian kulit dapat menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan autoimun Anda.

Tips merawat kesehatan kulit

Dalam merawat kulit, terlebih karena fungsinya yang teramat penting, Anda dapat lakukan beberapa hal ini:

  • Dengan pembersihan secara menyeluruh. Normalnya kulit dibersihkan secara menyeluruh 2 kali dalam satu hari.
  • Dengan menggunakan sabun lembut tanpa pengharum tambahan.
  • Mengonsumsi dan menggunakan nutrisi yang seimbang, terutama nutrisi bagi kulit.
  • Menggunakan pelembap sebenarnya tak hanya disarankan bagi kulit kering, kulit berminyak juga dapat menggunakan pelembap oil-free.
  • Menggunakan tabir surya tetap disarankan bahkan meskipun Anda tak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

1 + = 6