Dimethicone: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Dimethicone: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Dimethicone: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Dimethicone: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Dimethicone adalah obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, bersisik, terbakar, iritasi ringan, dll. Ketahui dimethicone obat apa, fungsi, dosis, petunjuk penggunaan, efek samping, dll.

dimethicone-doktersehat

Rangkuman Informasi Umum Obat Dimethicone

Berikut ini adalah informasi umum obat dimethicone:

Nama Obat Dimethicone
Kandungan Obat Simethicone
Kelas Obat
Kategori Obat resep
Manfaat Obat Mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, bersisik, dll, serta mengobati perut kembung, nyeri perut, dll
Kontraindikasi Tidak digunakan untuk anak-anak
Sediaan Obat Obat topikal, tablet, kapsul, suspensi
Harga Obat 20.000/100 ml

Harga obat dimethicone mungkin berbeda di setiap apotek atau toko obat online. Merek dagang obat ini adalah Atmacid, Almacon, Biogastron, Decamag, Lambucid, Itramag Plus, Maagmeta Plus, Plantacid, Polysilane.

Dimethicone Obat Apa?

Dimethicone adalah obat dengan kandungan aktif yang berperan sebagai emolien atau pelembap untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, gatal, kasar, bersisik, ruam popok, kulit terbakar akibat paparan radiasi, kulit mengelupas, dan iritasi kulit ringan lainnya.

Dimethicone adalah emolien yang umum digunakan untuk melembapkan kulit seperti kandungan petrolatum, lanolin, dan minyak mineral. Kandungan ini membantu membuang sel-sel kulit mati dan menyimpan air di lapisan kulit agar kulit menjadi halus, lembut, dan lebih sehat.

Cara kerja dimethicone atau dimethylpolysiloxane adalah dengan membentuk lapisan berminyak di kulit lapisan atas yang memerangkap air di kulit karena kulit kering diakibatkan oleh hilangnya air di lapisan kulit.

Kandungan ini bukan hanya digunakan sebagai kosmetik, namun juga pada bidang farmasi sebagai obat dalam kelompok agen antifoaming atau antikembung untuk mengatasi gas berlebih di saluran pencernaan seperti perut kembung dan nyeri perut.

Baca Juga: 10 Obat Iritasi Kulit (Medis dan Alami)

Fungsi Obat Dimethicone

Kandungan dimethicone dimanfaatkan sebagai bahan aktif berbagai produk kecantikan seperti perias wajah, sampo, kondisioner, tabir surya, dan perawatan kulit lainnya.

Berikut ini manfaat dimethicone sebagai obat topikal:

  • Membantu melembapkan kulit
  • Mencegah kulit kering, kasar, dan bersisik
  • Mengatasi ruam kulit
  • Mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar UV
  • Mengatasi kulit gatal dan mengelupas
  • Mengatasi iritasi kulit ringan
  • Mengatasi pedikulosis kepala atau infeksi kulit kepala akibat parasit

Dimethicone juga digunakan sebagai obat:

  • Perut kembung
  • Nyeri perut
  • Kondisi perut tidak nyaman akibat penumpukan gas di saluran cerna

Obat ini mungkin juga digunakan untuk indikasi lain yang tidak tercantum dalam informasi kesehatan ini.

Dosis Obat Dimethicone

Berikut ini dosis dimethicone dalam sediaan obat topikal atau salep dan krim:

1. Pelindung Kulit

Dosis obat topikal untuk mengatasi ruam, kulit kering, gatal, kasar, bersisik, dan iritasi kulit ringan lainnya, yaitu:

  • Oleskan secara merata krim 5% sesuai kebutuhan di area kulit yang teriritasi. Apabila menggunakan 1,2% lotion, gunakan secukupnya di area kulit yang membutuhkan.
  • Anak-anak menggunakan dosis yang sama dengan orang dewasa, namun lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker Anda.

2. Pedikulosis Kepala

Berikut ini dosis obat topikal untuk mengatasi pedikulosis kepala atau infeksi pada kulit kepala akibat parasit seperti kutu rambut yang berkembang di kepala:

  • Menggunakan krim 4% dimethicone yang dioleskan satu kali seminggu dalam 2 dosis. Gosokkan secara merata ke kulit kepala hingga kering, lalu bilas.
  • Anda juga dapat menggunakannya dalam bentuk sampo yang dibiarkan kering selama 8 jam atau semalaman untuk hasil maksimal
  • Dosis anak sama dengan dosis orang dewasa, namun konsultasikan dulu dengan dokter atau apoteker Anda

Panduan ini tidak menggantikan dosis atau resep dari dokter. Harap konsultasikan pada dokter untuk dosis yang tepat sesuai dengan indikasi dan kondisi Anda.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami

Interaksi Obat Dimethicone

Interaksi obat adalah cara obat bereaksi di tubuh Anda saat Anda menggunakan dua obat, vitamin, herbal, atau salep lainnya di satu waktu bersamaan.

Beritahu dokter atau apoteker tentang semua produk resep, non-resep, produk herbal, dan perawatan kulit yang mungkin Anda gunakan di saat bersamaan. Apabila Anda menggunakan obat topikal ini dengan resep dokter, dokter sudah dapat memperkirakan kemungkinan interaksi obat.

Tidak ada catatan tentang interaksi obat dimethicone dengan obat lain, namun harap diperhatikan untuk tidak mencampur obat topikal, losion, atau krim perawatan lain bersama dengan obat topikal ini.

Efek Samping Dimethicone

Kandungan emolien secara umum aman digunakan tanpa efek samping, namun beberapa reaksi alergi kulit dapat terjadi, seperti:

  • Sensasi kulit terbakar
  • Rasa menyengat pada kulit
  • Kulit kemerahan
  • Iritasi ringan

Reaksi alergi emolien jarang terjadi, namun segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter apabila Anda megalami reaksi efek samping berat pada kulit dan kondisi kulit memburuk.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda mengalami reaksi lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Baca Juga: 10 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah yang Alami dan Efektif

Peringatan Obat Dimethicone

Perhatikan peringatan obat ini, seperti:

  • Gunakan obat topikal ini sesuai petunjuk penggunaan atau resep dokter.
  • Oleskan ke area kulit yang terinfeksi sesuai kebutuhan atau sesuai petunjuk pada label dan perintah dokter.
  • Durasi penggunaan obat ini tergantung pada kondisi Anda. Anda mungkin perlu mengoleskannya setiap hari untuk indikasi tertentu.
  • Jika Anda menggunakannya untuk membantu mengobati ruam popok, bersihkan area popok sebelum menggunakan obat topikal ini.
  • Hindari area sensitif seperti mata, mulut, area vagina, dan selangkangan.
  • Periksa label untuk petunjuk penggunaan sesuai dengan area kulit yang mengalami iritasi.
  • Lebih dianjurkan untuk menggunakan obat topikal ini setelah mandi atau membersihkan area kulit dengan air bersih.
  • Jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk, atau jika Anda merasa memiliki masalah medis serius, segera cari pertolongan medis.

Itulah pembahasan tentang dimethicone obat apa. Apabila Anda memiliki pertanyaan lanjutan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

  1. MIMS. 2020. Dimeticone. https://www.mims.com/malaysia/drug/info/dimeticone?mtype=generic. (Diakses pada 3 Februari 2020).
  2. WebMD. 2020. Dimethicone 2 % Topical Cream Skin Protectants. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-18321/dimethicone-topical/details. (Diakses pada 3 Februari 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/obat-dimethicone/