Let’s travel together.

Daftar Pilihan Menu Buka Puasa untuk Diet yang Sehat

0 2

Daftar Pilihan Menu Buka Puasa untuk Diet dan SehatBagi sebagian orang, momen puasa biasanya menjadi kesempatan untuk bisa melangsingkan badan. Namun tak jarang juga yang setelah puasa justru berat badan meningkat. Menu buka puasa untuk diet bisa dirancang dengan cermat. Sebab jika tidak, yang sering terjadi adalah ‘pembalasan’ alias tidak bisa mengontrol hawa nafsu. Semua jenis makanan dimakan tanpa memperhatikan jumlah kalori yang masuk.

Puasa bertujuan untuk menyehatkan organ pencernaan yang ada dalam tubuh. Mengatur waktu makan dan jumlah yang masuk akan membantu mengurangi berbagai resiko penyakit, termasuk juga efek kecantikannya menjadikan tubuh lebih langsing. Buat Anda yang sedang diet, agar tidak mengkonsumsi sembarangan makanan pada saat berbuka, sebaiknya merancang aneka menu diet untuk berbuka.

Pilihan Cemilan Sehat untuk Menu Buka Puasa untuk Diet

Saat berbuka, biasanya kita mengkonsumsi takjil cemilan lebih dulu sebelum makan besar. Buat Anda yang sedang diet, menu cemilan pun penting diperhatikan kandungan kalorinya. Terkadang selera seringkali membuat kita melalaikan pantangan. Berikut pilihan cemilan untuk Anda yang sedang diet:

  1. Puding buah, cuaca yang panas pada saat puasa akan membuat kita cenderung mencari makanan yang segar pada saat berbuka. Puding buah menjadi pilihan yang bisa dicoba. Hindari penggunaan susu dan santan pada puding yang Anda konsumsi untuk mengurangi kalorinya. Rasa manis bahkan juga bisa didapatkan dari buah yang dicampur dengan agar-agar atau sejenisnya tanpa menambahkan gula.
  2. Sop buah, untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa, Anda juga bisa menjadikan santapan sop buah pada saat berbuka. Hindari konsumsi gula yang berlebih, jika buah sudah menimbulkan rasa manis, akan lebih baik cukup dengan menambahkan batu es ke dalam aneka potongan buah.
  3. Pecel, jenis makanan tradisional Indonesia ini juga cocok dijadikan menu berbuka puasa untuk kamu yang sedang diet. Pastikan pecel tidak menggunakan mie, santan dan telur. Campuran sayur yang sehat akan cukup membuat tubuh Anda kembali bertenaga.
  4. Kentang rebus, jika butuh cemilan berbuka, kentang rebus juga bisa jadi pilihan. Kentang rebus memiliki kandungan kalori yang rendah dan cocok untuk diet.
  5. Kurma, mengkonsumsi 3 butir kurma saat berbuka ditambah satu gelas air putih sudah cukup membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang seharian.

Menu Lauk-Pauk  Buka Puasa untuk Diet

Pada saat berbuka puasa, menu makan berat pun harus dijaga. Selain untuk kebutuhan diet, juga agar kondisi tubuh tetap fit untuk melanjutkan puasa esok hari. Terlalu banyak makan juga akan mengganggu ibadah tarawih dan santap saur. Mata menjadi mengantuk dan malas untuk melakukan aktivitas.

Buat Anda yang diet dan tidak mengkonsumsi nasi putih, pada saat berbuka jika sudah sangat lemah bisa juga mengganti nasi putih dengan nasi merah yang kalorinya lebih rendah. Namun jika Anda tak ada masalah asam urat, protein juga bisa membantu Anda mengembalikan tenaga tubuh yang hilang. Berikut ini pilihan menu lauk-pauk berbuka puasa yang cocok untuk diet:

Di daerah Sumatera, sayur asam untuk ikan sering disebut dengan masakan asam pedas. Masakan ini biasanya menggunakan aneka bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, bawang putih, cabai, serai, buah kencong, asam dan sebagainya yang dibuat berkuah dengan tambahan sedikit asam.

Rasa asam ini dimaksudkan untuk menghilangkan amis pada ikan. Asam pedas menjadi salah satu menu buka puasa yang cocok dikonsumsi untuk yang sedang diet. Selain tanpa santan dan minyak, rasa asam masakan ini juga cocok untuk mengurangi lemak dalam tubuh, tanpa mengurangi citarasa daging ikan yang disajikan.

Jika terpaksa harus mengkonsumsi daging, maka pilih lah daging putih tanpa lemak dari ayam. Lalu campurkan dengan aneka sayuran dalam masakan sop. Menu ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka. Bahkan buat Anda yang biasa diet tanpa nasi, sop ayam sudah cukup menjadi menu berbuka dengan tambahan sedikit sambal penambah selera. Hindari kulit dan lemak yang ada pada ayam, pilih lah daging murni berwarna putih dari ayam untuk campuran sop.

Menu sayur yang bisa Anda konsumsi saat berbuka adalah menu capcay. Capcay bisa dicampur dengan jamur atau sedikit irisan ayam. Hindari bahan-bahan seafood yang tak mendukung diet. Sayur capcay bukan hanya membantu diet Anda, namun juga membantu pencernaan tubuh agar lebih baik di bulan puasa. Capcay ini juga bisa dijadikan sebagai menu tunggal makan malam, tanpa nasi.

Buat pecinta sayur, masakan sayur asam tentu bukan hal yang baru. Dengan menggunakan sedikit sambal terasi dan protein, sayur ini sudah cukup menjadi santapan makan malam tanpa nasi saat berbuka.

Bila Anda ingin menikmati ikan sebagai sajian menu berbuka, ikan bakar juga bisa menjadi pilihan. Bisa ditambah dengan sedikit sambal dan lalapan, cukup menggantikan menu nasi saat berbuka.

untuk sumber protein nabati yang bisa Anda pilih saat berbuka adalah tahu tempe. Untuk Anda yang diet, tahu tempe lebih sehat dikonsumsi dengan masakan semur, bukan digoreng yang kalorinya lebih tinggi.

Saat berbuka juga bisa Anda konsumsi jenis masakan tumisan dengan menggunakan sedikit saja minyak goreng. Mungkin Anda kurang suka dengan jenis sayur dengan kuah yang banyak, sayur tumisan bisa Anda coba. Misalnya tumis kangkung, tumis toge, tumis sawi dan sebagainya.

Menu lauk-pauk berbuka puasa yang cocok untuk diet  di atas bisa Anda jadikan referensi untuk bulan Ramadhan. Apakah mengkonsumsi daging seperti sapi atau kambing pada saat berbuka tidak dianjurkan untuk Anda yang sedang diet? Boleh saja dilakukan, hanya saja tidak dengan tambahan karbohidrat.

Hitunglah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap kali makan, sesuaikan dengan kebutuhan kalori individu. Jangan berlebihan dalam makan, karena bukan hanya akan membuat badan  gemuk, tapi juga berujung pada berbagai jenis penyakit. Pada saat puasa jelas makan banyak akan membuat malas beribadah dan ini sangat tidak  baik.

Untuk jenis minuman pada saat berbuka, ada juga minuman yang dianjurkan untuk Anda yang sedang diet, diantaranya adalah air lemon hangat, air putih, es jeruk, teh tawar dan sebagainya. Jika hendak menunaikan ibadah tarawih dulu sebelum makan malam, bisa juga mengkonsumsi air madu untuk energi.

Menu buka puasa untuk diet tidak dianjurkan yang mengandung banyak gula, banyak santan, banyak lemak, atau jenis makanan lain yang memiliki kalori tinggi. Biasanya selera pada saat puasa begitu besar, namun setelah berbuka dan makan, semua akan biasa saja. Oleh karena itu, ingat bahwa Anda sedang diet dan menjaga makanan. Kendalikan hawa nafsu saat berbuka, bukan hanya saat puasa.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

65 − = 62